Berita Laptop / PC

Cerita Pelaku Kreatif Indonesia Gunakan Windows 11 Untuk Dukung Produktivitas Kerja

Windows-11-by-Microsoft

Gadgetren – Dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Microsoft, para pelaku kreatif bercerita kepada tim Gadgetren mengenai pengalamannya menggunakan Windows 11 untuk mendukung produktivitas mereka.

Tiga orang pelaku kreatif asal Indonesia tersebut antara lain Dinda Puspitasari, Faza Meonk, dan Raditya Dika. Windows 11 sendiri beserta fiturnya secara resmi sudah sebulan bisa dicicipi oleh penggunanya di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia.

Mengusung tema ‘Membawa Anda Lebih Dekat dengan Apa yang Anda Sukai’ #BringsYouCloserToWhatYouLove, ketiga pelaku kreatif ini merasakan pengalaman yang berkesan saat menggunakan Windows 11 di perangkatnya masing-masing terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang disukai.

Dinda Puspitasari seorang fashion illustrator dan founder dari Dinda Puspitasari Studio saat pertama kali melihat user interface Windows 11 merasa berbeda dari biasanya yang mana lebih sederhana dan menyenangkan untuk bekerja seperti membuka aplikasi pengetikan ketika mendapatkan ide.

Bagi Dinda, Windows 11 membuat pekerjaannya yang berkaitan di bidang seni menjadi lebih efisien terutama dukungan Touch and Pen sehingga dapat bekerja dengan ringkas. Dinda sendiri banyak mencari referensi dan terbiasa bekerja dengan banyak tampilan tab lebih dari satu.

Berkat hadirnya fitur Snap and Arrange Your App, Dinda bisa membuka tiga jendela dalam satu layar untuk pekerjaan multitasking. Dua tampilan di dalam layar itu ia gunakan sebagai referensi untuk elemen pendukung yang membantunya bekerja.

Fitur lain yang Dinda sering gunakan di Windows 11 adalah Focus Assist yang mampu memberikan konsentrasi penuh selama beberapa waktu agar tidak mudah terganggu oleh hal-hal lain seperti notifikasi, orang lewat, dan lain-lainnya.

Dinda-x-Windows-11.

“Aku menggunakan fitur Focus Session antara 30 menit, 40, atau 60. Setelah itu aku istirahat 5-10 menit untuk minum. Dengan fitur Focus Session ini aku bisa menyelesaikan daftar tugas aku secara efisien,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Faza Meonk, seorang Komikus dan Animator dibalik Si Juki yang merasa bahwa Windows 11 tampak punya desain lebih baik dari sebelumnya. Ditambah lagi fitur Touch dan Pen di Windows 11 menurut Faza terasa semakin halus sehingga memudahkan proses pembuatan ilustrasi.

Selain itu, Raditya Dika yang merupakan seorang Komika, Sutradara, dan Penulis menyampaikan bahwa Widget berbasis Artificial Intelligence (AI) jadi salah satu fitur Windows 11 yang ia suka. Di samping dapat menampilkan beragam update seputar berita-berita terpopuler, Widget juga dapat membantu Dika untuk mengatur pekerjaan sehari-hari.

Radit-x-Windows-11

“Ini kayak to do list, apa saja yang harus dikerjain setiap hari, karena semua pekerjaan saya selalu di rumah dan saya selalu mengedepankan keluarga. Integrasi dengan Microsoft Team juga enak banget yang bisa membuat saya kapan saja terhubung ke keluarga melalui voice call. Apalagi istri sibuk juga,” jelasnya.

Dika juga menggunakan fitur Windows 11 lainnya seperti docking kabel data ke monitor eksternal agar keluarga hingga tim kerjanya bisa menonton bareng di rumahnya. Fitur docking ke monitor eksternal ini sangat membantu Dika menghadapi tantangan pekerjaan agar semakin lancar.

Untuk mendukung kerja hibrid atau jarak jauh di situasi saat ini, Windows 11 juga telah memiliki fitur keamanan mutakhir seperti fitur kunci malware hingga enkripsi agar data yang ada di dalamnya menjadi lebih aman.

Tinggalkan Komentar