Berita Laptop / PC

Bisa Upgrade Gratis ke Windows 11, Inilah Waktu Rilisnya!

Gadgetren – Pada Juni 2021, Microsoft secara mengejutkan meluncurkan sistem operasi seri Windows terbarunya yang bernama Windows 11 di dunia.

Sebagai suksesor dari Windows 10, sistem operasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang lebih modern dan fitur-fitur baru untuk lebih memikat banyak orang.

Sebelumnya, pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, maupun Windows 8.1 dengan lisensi resmi untuk melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis tanpa dipungut biaya sekali.

Hal ini dilakukan Microsoft agar pengguna menggunakan sistem operasi Windows 10 yang lebih baru dan aman dengan proses update cepat secara berkala. Untuk mengulangi kesuksesan migrasi sistem operasi tersebut, kini Microsoft mengumumkan kepada masyarakat di seluruh dunia dapat  melakukan  upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 secara gratis.

Windows 11 Microsoft Store

Hampir mirip migrasi ke Windows 10 sebelumnya, kamu dapat melakukan upgrade ke Windows 11 secara langsung melalui Windows Update di menu Settings. Selain komputer kamu harus memenuhi syarat minimum yang diajukan Microsoft, tentunya harus juga menyediakan koneksi internet yang stabil agar file sistem Windows 11 dapat diunduh dengan sempurna di komputer.

Sebelum melakukan upgrade ke Windows 11, kamu sebaiknya mengecek terlebih dahulu apakah komputer kamu sudah mendukung 11 atau belum. Untuk itu, kamu dapat mengeceknya menggunakan aplikasi PC Health Check dari Microsoft.

Microsoft Windows 11 versi Final sendiri baru akan dirilis secara umum mulai bulan Oktober 2021 secara bertahap. Dengan kata lain, tidak semua orang akan langsung mendapatkan sistem operasi terbaru ini dalam waktu yang bersamaan.

Untuk itu kamu dapat menunggunya hingga muncul notifikasi di komputer kamu mengenai update Windows 11. Selain itu, kamu juga dapat mengeceknya manual secara berkala melalui Windows Update yang berada di menu Settings.

Apabila Windows Update belum menunjukkan kehadiran file upgrade Windows 11, maka kamu dapat mencobanya setiap hari hingga mendapatkan sistem operasi terbaru ini.

Windows 11 Laptop 2-in-1

Namun apabila kamu sudah tidak sabar, maka dapat mencoba mengikuti program Windows Insider Dev. Dengan mengikuti program ini, maka kamu berkesempatan untuk mencoba Windows 11 versi Developer yang akan diluncurkan mulai 28 Juni 2021. Nantinya setelah tahap ini selesai, maka Windows 11 akan dilanjutkan ke fase Beta dan Release Preview.

Sebagai catatan, Windows 11 versi Developer, Beta, maupun Release Preview masih belum tahap akhir sehingga kemungkinan besar memiliki fitur yang masih dalam tahap pengembangan dan masih terdapat banyak bug karena pihak Microsoft membutuhkan banyak masukan penting agar sistem operasinya dapat berjalan dengan lancar dan minim bug ketika Windows 11 versi Final rilis nanti.

Dengan kata lain, sebaiknya kamu menunggu Windows 11 versi Final agar tidak merasakan banyak masalah ketika menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari, apalagi ketika komputermu digunakan untuk pekerjaan yang penting.

Tinggalkan Komentar