Review Aksesoris

Review UGREEN 100W GaN Fast Charger – Lupakan Charger yang Lain

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 1

Gadgetren – Saat ini banyak sekali perangkat yang membutuhkan charger untuk mengisi daya baterai yang ada di dalamnya mulai dari handphone, jam pintar, laptop, TWS, maupun perangkat lainnya.

Setiap perangkat tersebut biasanya dibekali sebuah adaptor charger dalam paket penjualan sehingga jika kamu punya banyak perangkat, maka semakin banyak juga adaptor charger yang perlu kamu bawa saat bepergian. Nah UGREEN 100W GaN Fast Charger bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.

Buat kamu yang ingin punya satu charger untuk seluruh perangkat mobile kamu bisa mempertimbangkan UGREEN 100W GaN Fast Charger. Kenapa? Berikut ini ulasannya.

Review UGREEN 100W GaN Fast Charger
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
9.3/10

Kesimpulan

UGREEN 100W GaN Fast Charger akan membuat sebagian besar charger menjadi kuno karena kamu cukup punya charger satu ini saja untuk mengisi beragam jenis perangkat, bahkan secara bersamaan sekalipun.

Pros

  • Maksimal daya 100 Watt
  • Ada 4 port sekaligus
  • Desain premium dan ramping
  • Dukung banyak perangkat
  • Tidak panas sama sekali

Cons

  • Tidak termasuk kabel
  • Colokan steker tidak bisa disembunyikan

UGREEN 100W GaN Fast Charger sesuai namanya diklaim mampu memberikan daya hingga sebesar 100 Watt untuk mengisi baterai dari segala jenis perangkat dengan cepat.

Dari sisi tampilannya, charger yang satu ini membawa gaya desain industrial yang modern. Balutan warna hitam pada bagian utama dan abu gelap metalik di sisinya memberikan kesan premium yang tentunya akan serasi dengan berbagai jenis perangkat.

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 6

Memiliki dimensi 69x69x33 mm dan bobot 245 gram, UGREEN 100W GaN Fast Charger masih terbilang portabel untuk dibawa ke mana saja maupun disimpan di dalam tas. Hanya saja, saya berharap bagian steker dapat disembunyikan atau masuk ke dalam agar dapat jadi berbentuk kotak sempurna.

Dimensinya memang bisa dikatakan lebih besar dibandingkan kebanyakan charger, namun tetap menjadi alternatif yang lebih baik dibandingkan membawa beberapa charger yang tentunya lebih merepotkan.

Dimensinya yang tetap ramping disebabkan UGREEN 100W GaN Fast Charger menggunakan Navitas GaN Power IC yang memiliki komponen dan PCBA lebih kecil sehingga mampu memberikan daya lebih tinggi dan efisien dalam bentuk yang tetap compact.

Selain itu, UGREEN 100W GaN Fast Charger memiliki perlindungan yang cukup lengkap agar selalu aman saat digunakan dalam keseharian mulai dari proteksi kelebihan panas, korsleting, kelebihan voltase, hingga kelebihan arus listrik.

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 7

Yang tidak kalah menariknya, charger dari UGREEN ini memiliki tiga buah port USB-C dan sebuah port USB-A sehingga secara total dapat mengisi hingga empat perangkat sekaligus secara bersamaan. Namun, setiap port tersebut tidak memiliki dukungan yang sama sehingga perlu diperhatikan sebelum menghubungkannya ke perangkat lain untuk mendapatkan pengisian daya seoptimal mungkin.

Port USB-C1 dan USB-C2 mendukung output maksimal hingga 100 Watt sementara USB-C3 dan USB-A hanya mendukung output maksimal hingga 22,5 Watt saja. Walaupun begitu, dukungan dari keempat port tersebut seharusnya sudah sangat mencukupi untuk sebagian besar perangkat masa kini.

Namun yang tidak kalah pentingnya, UGREEN 100W GaN Fast Charger juga turut mendukung beragam protokol pengisian daya cepat seperti Power Delivery 3 hingga Quick Charge 4+ untuk memberikan pengisian daya paling optimal.

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 3

Saya pun kemudian coba mengisi daya Samsung Galaxy S10+ yang menjadi perangkat utama dalam keseharian menggunakan UGREEN 100W GaN Fast Charger. Hasilnya, saya jadi perlu menunggu waktu kurang lebih 1 jam 43 menit agar baterai terisi dari 17% hingga kembali penuh.

Angka tersebut bisa dikatakan serupa saat saya menggunakan Samsung Adaptive Charger bawaan yang tersedia langsung dalam paket penjualan karena saya biasanya perlu menunggu sekitar lebih dari 1,5 jam hingga hampir 2 jam,  tergantung sisa baterainya agar kembali terisi penuh.

Bersamaan dengan itu, saya pun mencoba untuk menggunakan UGREEN 100W GaN Fast Charger pada realme GT Master Edition yang menggunakan baterai 2-cell di dalamnya. Hasilnya, saya ternyata kini hanya harus menunggu sekitar 1 jam lebih sedikit saja agar baterai kembali terisi penuh.

UGREEN 100W GaN Fast Charger Tes Baterai

realme GT Master Edition (kiri) – Samsung Galaxy S10+ (kanan)

Hanya saja, angka tersebut lebih lama dibandingkan menggunakan charger bawaan realme GT Master Edition yang membawa teknologi SuperDart Charge 65W dimana hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja untuk mengisi daya hingga penuh.

Kedua uji coba ini sama-sama menggunakan port USB-C1 untuk mendapatkan hasil seoptimal mungkin. Dari uji coba tersebut dapat terlihat bahwa UGREEN 100W GaN Fast Charger memang dapat memangkas waktu yang dibutuhkan untuk isi daya, namun belum bisa mengalahkan teknologi pengisian cepat khusus seperti yang ada di realme GT Master Edition.

Menariknya realme GT Master mempunyai kapasitas baterai yang sedikit lebih besar ketimbang Samsung Galaxy S10+, namun dapat diisi lebih cepat. Hal ini menandakan bahwa kemampuan UGREEN 100W GaN Fast Charger memang dibatasi oleh dukungan Samsung Galaxy S10+ yang bisa dikatakan sudah tidak lagi membawa fitur terbaru.

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 5

Samsung Galaxy S10+ sendiri memang hanya mendukung Quick Charge 2.0 dengan maksimum daya 15 Watt sehingga tidak heran jika waktu pengisian dayanya tidak bisa lebih cepat dari itu walaupun sudah menggunakan charger 100 Watt. Alhasil realme GT Master lebih bisa memanfaatkan kemampuan UGREEN 100W GaN Fast Charger lebih baik.

Maka dari itu UGREEN 100W GaN Fast Charger lebih cocok sebagai charger pelengkap untuk perangkat masa kini yang tidak memiliki teknologi pengisian cepat khusus. Namun berkat kemampuannya yang mencapai 100 Watt, charger ini memiliki dukungan perangkat yang jauh lebih luas dan tidak panas saat mengisi daya.

Bahkan saya pun bisa menggunakan charger ini untuk mengisi laptop ASUS ZenBook 14 tanpa kendala berkat adanya protokol Power Delivery melalui USB-C. Baterai laptop dapat tetap terisi walaupun tengah digunakan yang berarti pengisian daya masih lebih tinggi dibandingkan konsumsinya sehingga tidak perlu mematikan laptop jika ingin mengisi dayanya lewat USB-C.

UGREEN 100W GaN Fast Charger - 2

Oleh karena itu, kemampuan UGREEN 100W GaN Fast Charger dalam mengisi daya akan bergantung dari dukungan perangkat yang akan diisi dayanya. Namun, charger ini akan dapat membuka opsi dan memberikan potensi penggunaan yang lebih luas dibandingkan charger biasa.

Maka dari itu dengan kemampuan output mencapai 100 Watt, apapun perangkatnya dipastikan UGREEN 100W GaN Fast Charger sanggup untuk mengisi dayanya selama mendukung Power Delivery. Apalagi tersedianya empat port memungkinkan saya untuk mengisi dua handphone, perangkat TWS, dan mengisi power bank secara bersamaan tanpa adanya kendala sama sekali.

Akhir kata, UGREEN 100W GaN Fast Charger dapat menjadi satu charger untuk semua perangkat yang mendukungnya sehingga cukup saya rekomendasikan bagi kamu yang tidak mau lagi harus repot-repot membawa banyak charger maupun harus memilih perangkat mana yang diisi lebih dahulu karena fitur yang dibawanya sangat jempolan.

Tinggalkan Komentar