Mading

Apa Itu Charger GaN yang Semakin Banyak Dikembangkan Untuk Pengisian Cepat?

Apa Itu Charger GaN - Header

Gadgetren – Teknologi pengisian senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Tak hanya pada protokol melainkan juga material yang digunakan untuk mengembangkan komponen-komponennya.

Untuk menciptakan ekosistem pengisian daya yang lebih baik, memang dibutuhkan komponen dengan material yang sesuai. Akan muncul sejumlah masalah mulai dari efisiensi hingga meningkatnya risiko pemakaian jika tidak terpenuhi.

Di tengah-tengah perkembangan protokol pengisian cepat yang semakin ke sini berdaya sangat tinggi, kemunculan charger GaN menjadi salah satu terobosan. Bahkan sekarang banyak perusahaan teknologi yang mulai mengadopsinya.

Charger GaN memang menawarkan dukungan lebih baik dalam mengakomodasi protokol pengisian yang semakin cepat. Ada beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan teknologi-teknologi yang sebelumnya.

Apa sebenarnya charger GaN? Apa saja keunggulannya dibandingkan dengan teknologi-teknologi yang sebelumnya? Berikut penjelasan secara khusus mengenai beberapa hal tersebut buat kamu yang masih penasaran.

Apa Itu Charger GaN?

Charger GaN adalah model perangkat pengisi daya yang dikembangkan dengan material Gallium Nitride. Namanya pun secara khusus diambil dari rumus kimia dari bahan semikonduktor yang digunakan untuk LED (Light Emitting Diode) sejak tahun 1990-an tersebut.

Sedikit informasi, Gallium Nitride sendiri bukan material semikonduktor yang terbentuk secara alami melainkan buatan. Produksinya pun tidak mudah sehingga charger dengan bahan tersebut umumnya masih dibanderol dengan harga lumayan mahal.

Meskipun begitu, banderol harganya memang sebanding dengan apa yang ditawarkan. Charger berbahan Gallium Nitride mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan apa yang terbuat dari silikon. Salah satu produk yang sudah menggunakan teknologi ini merupakan UGREEN 100W GaN Fast Charger.

Keunggulan Charger GaN

Lebih Efisien

Gallium Nitride merupakan salah satu material dengan tingkat efisiensi tinggi dalam menghantar arus listrik terutama jika dibandingkan dengan bahan silikon. Jadi secara teknis dapat menurunkan energi yang terbuang sebagai panas.

Charger yang memakai bahan Gallium Nitride makanya tak hanya dapat melakukan pengisian daya lebih cepat tetapi juga akan lebih adem saat digunakan. Kita pun tak perlu khawatir komponen-komponennya akan cepat rusak karena kepanasan.

Mampu Mengakomodasi Tegangan dan Suhu Tinggi

Secara teori, Gallium Nitride juga termasuk bahan semikonduktor yang mampu menangani tegangan dan suhu lebih tinggi dibandingkan silikon. Ini tentu saja sangat relevan dengan berbagai macam protokol pengisian daya cepat di masa sekarang.

Bagi kamu yang belum tahu, protokol pengisian daya cepat sekarang ini umumnya juga akan memakai tegangan tinggi alih-alih hanya meningkatkan arusnya. Material Gallium Nitride makanya sangat cocok sebagai solusi untuk hal ini.

Berukuran Lebih Kecil

Tingkat efisiensi tinggi yang ditawarkan oleh Gallium Nitride juga akan membuat pemakaian komponen di dalam charger semakin sedikit. Selain itu, susunannya pun bisa lebih dekat karena tidak perlu khawatir akan muncul panas berlebihan.

Oleh karena itu, bentuk charger GaN umumnya akan lebih kecil dibandingkan dengan perangkat yang dibangun dengan bahan silikon. Kalaupun berukuran sama, daya pengisian yang dibawanya akan dibuat lebih besar.

Tinggalkan Komentar