Review Headphone

Review Ugreen HiTune X6 – TWS yang Tahan Digunakan dalam Waktu Lama

Ugreen HiTune X6

Gadgetren – Perangkat audio terbaru dari Ugreen yakni HiTune X6 adalah earbud nirkabel dengan fitur active noise cancelling (ANC) dan harga yang tergolong ramah dompet. Ugreen sendiri sudah dikenal aktif merilis produk aksesoris elektronik mereka baik di global maupun di Indonesia.

HiTune X6 mengusung desain case yang terlihat klasik dengan balutan warna hitam di berbagai sisinya. Case ini mempunyai ukuran yang agak melebar namun masih dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantong celana.

Di bagian depan case terdapat lampu indikator baterai pada case-nya dan di bagian belakang terdapat slot USB Type-C untuk charging serta tombol untuk mereset koneksi Bluetooth.

Ugreen HiTune X6
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.3/10

Ringkasan

Perangkat audio terbaru dari Ugreen yakni HiTune X6 adalah earbud nirkabel dengan fitur active noise cancelling, daya tahan baterai yang tangguh, dan harga yang tergolong ramah dompet. Sayanya tidak ada sensor proximity dan aplikasi pendamping.

Pros

  • Baterai tahan lama
  • Nyaman digunakan di telinga
  • Ada fitur sentuhan untuk mengontrol audio
  • Mendukung ANC

Cons

  • Tidak bisa mendeteksi ketika dicopot / pasang di telinga
  • Tidak ada aplikasi pendamping

Untuk mengakses earbud di dalamnya dilakukan dengan membalik bagian tutupnya. Bagian tutup ini terasa mudah digoyang-goyang namun untungnya cukup kuat menahan ketika ditutup.

Ugreen HiTune X6

Sayangnya saya beberapa kali kesulitan untuk mengeluarkan earbud HiTune X6 dari case-nya. Ini karena bagian atas earbud-nya terasa licin dan desain case yang agak menyulitkan untuk mencopot earbud ini dengan mudah. Setelah beberapa kali saya coba, cara paling ampuh yang saya temukan adalah dengan mendorong earbud ini ke belakang agar tercopot dari case.

Bagian earbud dari HiTune X6 ini terlihat layaknya earbud pada umumnya dengan tip silikon agar dapat dengan rapat terpasang di telinga. Sejauh yang saya gunakan, earbud ini terasa nyaman di telinga saya. Ugreen pun menyediakan dua alternatif ukuran dari tip silikon yang bisa disesuaikan dengan bentuk kuping penggunanya.

Menggunakan HiTune X6 untuk mendengarkan musik cukup mudah. Ketika case dibuka, earbud-nya akan secara otomatis mencari koneksi dengan perangkat lain melalui Bluetooth. Saya tinggal menambahkan earbud yang satu ini di daftar perangkat Bluetooth di handphone saya.

Sayangnya ketika earbud ini sudah terkoneksi di beberapa perangkat, agak sulit untuk berganti-ganti perangkat yang aktif terkoneksi. Saya tidak bisa langsung mengkoneksikan earbud ini dengan memilihnya di daftar perangkat Bluetooth melainkan perlu mematikan terlebih dahulu koneksi Bluetooth di perangkat yang tersambung sebelumnya.

Alternatif lain agar earbud ini bisa diganti koneksi ke perangkat lain adalah dengan meletakkan earbud-nya ke casing dan kemudian memencet tombol reset Bluetooth di bagian belakang.

Ugreen HiTune X6

Soal kualitas keluaran audio dari HiTune X6 sebetulnya cukup ok secara keseluruhan untuk di kelas harganya. Detail pada musik bisa terdengar dengan cukup baik namun untuk vokal terdengar agak cempreng dan di volume tinggi jadi agak sedikit memekakkan telinga. Hal yang sama saya temukan di bagian treble dan selain itu bass-nya kurang terasa nendang.

Agar pengalaman mendengarkan musik lebih nyaman, fitur ANC yang ada di earbud ini dapat digunakan dengan menekan lalu tahan sedetik di salah satu tangkai earbud. Ketika saya gunakan fitur ANC ini di dalam kereta yang berjalan, earbud-nya cukup bisa meredam bunyi dengungan mesin namun untuk suara gesekan rel masih terdengar jelas.

Bagian tangkai ini juga bisa disentuh sekali untuk memainkan atau menghentikan musik, disentuh dua kali untuk mengatur volume, dan disentuh tiga kali untuk mengganti musik yang dimainkan.

Ugreen HiTune X6

Satu hal yang agak menyebalkan dari HiTune X6 adalah tidak adanya sensor yang mendeteksi ketika earbudnya dilepas dari telingan saya. Oleh karena itu musik akan terus dimainkan ketika earbudnya dicopot dan saya perlu mematikan musik secara manual.

Soal daya tahan baterainya, HiTune X6 bisa dibilang tangguh. Saya bisa menggunakan earbud ini untuk mendengarkan musik selama sekitar 6 jam 36 menit secara non stop. Jika dikombinasikan dengan casing, Ugreen mengatakan bahwa earbud ini bisa digunakan selama total 26 jam di mode standar tanpa ANC.

Ketika saya gunakan untuk merekam suara saya, hasil rekaman dari HiTune X6 terdengar cukup lantang namun saya menemukan ada distorsi di beberapa bagian rekamannya.

Secara keseluruhan Ugreen HiTune X6 adalah earbud nirkabel yang bisa menjadi pilihan di harga kurang dari satu juta rupiah berkat adanya fitur ANC dan baterai yang tahan lama. Hanya saja jangan berekspektasi terlalu tinggi untuk kualitas keluaran audionya, wajar sebetulnya untuk di kelas harganya. Dan perlu dicatat tidak ada aplikasi pendamping untuk earbud yang satu ini.

Tinggalkan Komentar