Aksesoris Berita

Ada Fit Test, Samsung Beberkan Fitur Andalan Dari Galaxy Buds2

Samsung-Galaxy-Buds2

Gadgetren – Sebagai perangkat audio TWS yang saat ini telah dijual secara terbuka di Indonesia, Samsung Galaxy Buds2 membawa fitur menarik yang patut kamu ketahui.

Dalam acara diskusi secara daring, Taufiq Furqan selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia menyampaikan bahwa fitur Fit Test pada Galaxy Buds2 berguna untuk memberikan suara yang paling optimal dan mendeteksi apakah eartip yang digunakan sudah sesuai dengan ukuran telinga.

“Bisa langsung ngetes kedua earbud Galaxy Buds2 dengan masuk ke earbud setting di smartphone Samsung, lalu pilih earbud Fit Test. Bila eartip benar hasilnya good fit, tapi kalau nggak cocok ada keterangan poor fit,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Taufiq menambahkan bahwa fitur Fit Test saat ini hanya tersedia untuk Galaxy Buds2. Hal ini dibuktikan langsung dengan mencoba Galaxy Buds Pro dimana fitur Fit Test tidak terdeteksi pada pengaturannya. Belum bisa dipastikan juga apakah ke depannya fitur Fit Test akan bisa digunakan di perangkat Galaxy Buds lainnya.

Taufiq-Furqan-dengan-Galaxy-Buds2

Menariknya, fitur-fitur yang ada di dalam Galaxy Buds2 juga bisa dikontrol melalui perangkat Galaxy Watch4 Series seperti untuk mengubah suara ambience, noise cancelation, hingga mengecek sisa baterai.

Selain bisa terhubung ke perangkat seperti handphone dan tablet, Galaxy Buds2 juga bisa digunakan ke laptop dengan sistem operasi Windows. Akan tetapi, Taufiq memastikan bahwa untuk mendapatkan suara yang jernih tentunya harus menggunakan handphone seri Galaxy berkat dukungan Codec yang dimilikinya.

Di samping itu, Galaxy Buds2 juga tebar pesona dengan fitur Advance Two Ways Speaker yang menyajikan dua speaker suara dengan fungsi berbeda. Yang mana tweeter dapat menghasilkan suara tinggi dan woofer menghasilkan suara rendah, sehingga kombinasi keduanya akan menghadirkan suara lebih kaya dan premium.

Untuk memaksimalkan suara yang didengar, Galaxy Buds2 mengusung dua fitur andalan berupa DNN Solution dan Noise Cancelation. Secara umum, baik DNN Solution dan Active Noise Cancelation (ANC) sama-sama mampu meredam suara sekitar pengguna agar dapat memberikan hasil suara jernih tanpa ada suara sekitar yang mengganggu saat percakapan.

Samsung-Galaxy-Buds2-2.

Namun kedua fitur ini memiliki perbedaan dimana DNN Solution bekerja secara software untuk mendeteksi suara sekitar, sedangkan ANC bekerja dengan hardware untuk memungkinkan suara latar selain pengguna yang tertangkap oleh mikrofon dihilangkan.

“ANC lebih ke hardware sementara DNN base on software, yang sudah difilter apakah itu suara mobil atau suara lain dengan DNN lebih dibersihkan lagi. Keduanya bekerja bersamaan,” terangnya. Adapun fitur ANC pada Galaxy Buds2 mengusung tiga macam peredaman meliputi passive noise cancelation, noise detection, dan active noise cancelation.

Selain itu juga ada fitur Auto Switch yang dapat memindahkan sumber suara secara langsung seperti mendengarkan lagu di tablet lalu kemudian mengangkat panggilan di handphone Galaxy. Auto Switch juga dapat memberikan pilihan apakah ingin mendengarkan suara di sekitar pada saat di tempat umum atau berbicara dengan orang lain.

Tak hanya itu, Galaxy Buds2 mempunyai latensi yang rendah hingga 0,5 ms. Berkat sertifikasi IPX2, perangkat ini bisa tahan terhadap percikan air atau dipakai untuk berolahraga di luar ruangan pada saat hujan gerimis. Baterainya sendiri berkapasitas 61mAh untuk setiap earbud dengan tambahan pada casing berkapasitas 472mAh.

Galaxy Buds2 pun kini sudah bisa dibeli secara daring maupun luring di toko resmi Samsung Electronics Indonesia. Tersedia empat pilihan warna mencakup Graphite, White, Olive, dan Lavender dengan harga Rp 1.699.000.

Tinggalkan Komentar