Berita Tekno

Samsung Rilis ISOCELL HP1! Sensor Kamera Handphone Beresolusi 200 MP

ISOCELL HP1 Samsung

Gadgetren – Samsung Electronics telah memperkenalkan sensor kamera handphone terbarunya secara global yang bernama ISOCELL HP1.

Menariknya, Samsung mengklaim bahwa ISOCELL HP1 merupakan sensor kamera handphone pertama dengan resolusi 200 MP berbasiskan ukuran fotodioda 0,64 mikrometer piksel di dunia.

ISOCELL HP1 menjadi sensor yang mampu menghadirkan resolusi sangat besar dalam paket kecil agar dapat dengan mudah disematkan pada handphone. Samsung mengklaim bahwa ISOCELL HP1 mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi sehingga gambar tetap terlihat tajam walaupun sudah dipotong (crop) atau diperbesar.

ISOCELL HP1 juga hadir dengan fitur baru bernama ChameleonCell yang merupakan teknologi pixel binning dengan memakai tata letak piksel dua kali dua (2×2), empat kali empat (4×4), atau penuh tergantung pada lingkungan sekitar.

Pada lingkungan dengan pencahayaan rendah, ISOCELL HP1 akan mengubah resolusinya menjadi 12,5 MP lalu menggabungkan (binning) 16 piksel menjadi 1 agar mampu menyerap lebih banyak cahaya.

ISOCELL HP1 Binning

Piksel baru yang terbentuk metode binning tersebut mampu menyerap lebih banyak cahaya dan lebih sensitif sehingga memungkinkan kamera handphone dapat menghasilkan foto yang cerah, jelas, dan minim noise di kondisi redup maupun malam hari.

Sementara pada lingkungan luar ruangan yang cerah, ISOCELL HP1 dapat menghasilkan foto dengan resolusi hingga 200 MP untuk memberikan kualitas Ultra High Definition.

Soal urusan videografi, ISOCELL HP1 mampu merekam video beresolusi 8K dengan 30 fps (frame per seconds). ISOCELL HP1 pun menggabungkan 4 piksel menjadi 1 sehingga menurunkan resolusi menjadi 50 MP atau 8192 x 6144 piksel untuk mengambil video 8K (7680 x 4320 piksel) tanpa perlu memotong (crop) atau memperkecil resolusi gambar secara penuh.

Berdasarkan bocoran yang beredar, sensor ISOCELL HP1 nantinya akan disematkan pada Samsung Galaxy S22 Ultra dengan kamera utama 200 MP yang akan diluncurkan tahun depan.

Tinggalkan Komentar