Berita

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera 108 MP, HP Mana yang Pertama Pakai?

Samsung ISOCELL 108MP Feature

Gadgetren – Kini banyak vendor yang telah meluncurkan smartphone dengan kamera beresolusi 48 MP seperti Xiaomi Redmi Note 7, Mi 9, OPPO Reno 10x Zoom, dan masih banyak lagi.

Bahkan baru-baru ini Xiaomi dan realme dikabarkan sedang mengembangkan smartphone dengan resolusi 64 MP. Xiaomi mengumumkan bahwa menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1 beresolusi 64 MP pada smartphone terbarunya.

Namun mengejutkannya justru hari ini, tepatnya tanggal 12 Agustus 2019, Samsung meluncurkan sensor kamera ISOCELL generasi terbarunya yang bernama Bright HMX dengan resolusi yang luar biasa mencapai 108 MP.

Dengan kata lain, ISOCELL Bright HMX menjadi sensor kamera smartphone dengan resolusi terbesar di dunia saat ini. Lebih rincinya, resolusi 108 MP ini memiliki ukuran 12.032 x 9.024 piksel sementara untuk ukuran sensornya juga cukup besar, yakni mencapai 1/1.33.

ISOCELL Bright HMX sendiri menggunakan teknologi Samsung Tetracell dan ISOCELL Plus yang mampu menangkap cahaya lebih tinggi sehingga kameranya mempunyai kemampuan menangkap obyek dalam kondisi minim cahaya atau malam dengan baik pada resolusi 27 MP.

Tak hanya itu, sensor ini juga mampu merekam video dengan resolusi 6K (6.016 x 3.384 piksel) berkecepatan 30fps. Hal ini cukup menarik karena beberapa smartphone masa kini baru mendukung video hingga resolusi 4K.

Pihak Samsung sendiri mengatakan bahwa sensor dengan resolusi 108 MP ini bisa tercipta berkat kolaborasi bersama Xiaomi. Sementara itu, Xiaomi juga menegaskan bahwa akan meluncurkan smartphone pertama yang menggunakan sensor kamera ini.

Nantinya smartphone yang akan menggunakan ISOCELL Bright HMX ini adalah Xiaomi Mi MIX 4. Sedangkan untuk produksi massal dari smartphone ini akan dimulai pada bulan Agustus 2019.

Sekilas, Mi MIX sendiri merupakan seri andalan Xiaomi yang fokus pada inovasi desain dan performa yang tinggi. Sementara kamera Mi MIX 3 generasi sebelumnya pun mempunyai kualitas yang bagus.

Meskipun Xiaomi dan Samsung telah mengonfirmasi kehadiran smartphone dengan sensor kamera beresolusi 108MP, namun belum diumumkan mengenai fitur-fitur yang akan dibawa oleh sensor yang satu ini.

Untuk itu, mari kita tunggu saja informasi lainnya mengenai sensor ini dalam beberapa hari ke depan. Menurut kamu, apakah smartphone dengan sensor ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus?

[Sumber : Gizmochina]

Tinggalkan Komentar