Berita Tekno

Samsung Rilis Sensor Kamera 200MP dengan Piksel 0,56 Mikrometer Terkecil di Industrinya

Samsung ISOCELL HP3

Gadgetren – Samsung Electronics baru-baru ini menghadirkan sensor kamera baru bernama ISOCELL HP3 beresolusi 200MP dengan piksel 0,56 mikrometer. Sensor kamera ini lebih kecil 12 persen dibanding generasi sebelumnya yang berukuran 0,64 mikrometer.

Adapun ISOCELL HP3 menawarkan 200 juta piksel dalam format optik 1/1.4” yang ditangkap melalui lensa kamera. Oleh karenanya, Samsung mengklaim bahwa ISOCELL HP3 dapat menyajikan pengurangan sekitar 20 persen pada area permukaan modul kamera sehingga handphone yang dibuat oleh produsen handphone bisa mengusung bodi yang lebih ramping.

ISOCELL HP3 telah dilengkapi oleh beragam fitur terbaru salah satunya auto-focusing Super QPD yang membuat semua piksel sensor dibekali oleh auto-focusing. Tak hanya itu saja, Super QPD menggunakan satu lensa pada empat piksel yang berdekatan untuk mendeteksi perbedaan fase dalam arah horizontal maupun vertikal.

Hal tersebut bertujuan untuk auto-focusing yang lebih akurat dan cepat bagi pengguna kamera handphone. Selain itu, sensor ini juga mampu menghasilkan perekaman video dengan kualitas hingga 8K pada 30 FPS atau 4K pada 120 FPS.

Berkat Super QPD, kamera yang menggunakan sensor gambar ini juga bisa merekam video sinematik untuk membuat film atau sekadar mengumpulkan rekaman video pendek untuk media sosial maupun footage.

Pada pencahayaan minim atau malam hari, ISOCELL HP3 bisa menghasilkan video rekaman maupun hasil foto yang cerah dan jelas karena didukung oleh teknologi Tetra2pixel yang menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk mengubah sensor 200MP 0,56 mikrometer menjadi sensor 50MP 1,12 mikrometer atau sensor 12,5MP dengan piksel 2,24 mikrometer dengan menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Ditambah lagi, ISOCELL HP3 juga turut mengadopsi fitur Smart-ISO Pro yang lebih baik dari sebelumnya. Ini memungkinkan sensor bisa mengekspresikan gambar di lebih dari 4 triliun warna dengan kedalaman warna 14-bit.

Warna ini 64 kali lebih banyak warna daripada pendahulunya pada 68 miliar dengan kedalaman 12-bit. Dengan Smart-ISO Pro, ISOCELL HP3 mampu menghasilkan foto dan rekaman video dengan kualitas HDR. Sensor gambar ISOCELL HP3 ini kabarnya akan diproduksi pada perangkat handphone baru mulai tahun ini.

JoonSeo Yim selaku Executive Vice President of Sensor Business Team, Samsung Electronics mengatakan bahwa dengan ISOCELL HP3 200MP 0,56 mikrometer terbaru dan ditingkatkan, pihaknya ingin menghadirkan resolusi epik melampaui tingkat profesional untuk pengguna kamera smartphone.

Tinggalkan Komentar