Aplikasi Tips dan Trik

Pantau Penyebaran Pandemi, Apa Itu JakCLM dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

COVID 19 Illustration[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Dengan sudah mencapainya masa pandemic lebih dari 1 tahun membuat peraturan, program Kesehatan, dan vaksinasi di Indonesia semakin diketatkan.

Tak hanya sampai di situ saja, pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahkan telah membuat aplikasi baru yang bernama JakCLM untuk memantau masyarakat yang terpapar atau tidak.

Lewat JakCLM, pemerintah dapat mengetahui seberapa jauh penyebaran telah terjadi, khususnya  untuk provinsi DKI Jakarta. Sementara itu, kamu bisa mengakses JakCLM melalui aplikasi mobile JAKI (Jakarta Kini) yang dapat dipasang di handphone.

Apa Itu JakCLM?

JakCLM atau Jakarta Corona Likelihood Metrik (CLM) adalah sebuah aplikasi pengujian atau screening mandiri dengan teknologi machine learning. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dalam mengukur risiko kemungkinan positif COVID-19 dan memberikan rekomendasi apabila diri atau keluarganya positif.

JakCLM dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Jakarta Smart City, Harvard CLM Team, dan Klakklik.id. Dengan kolaborasi ini, JakCLM diharapkan dapat membantu semua orang, khususnya warga Jakarta untuk memantau atau memeriksa secara mandiri gejala COVID-19.

Nantinya JakCLM akan menanyakan pertanyaan seputar gejala COVID-19 yang dirasakan oleh penggunanya, kontak dengan penderita COVID-19 atau tidak, riwayat bepergian, dan informasi penting lainnya.

Setelah semua pertanyaan dijawab oleh pengguna, maka sistem pada JakCLM akan diolah oleh algoritma Machine Learning dan menentukan risiko level dari pengguna aplikasi ini. Sebagai catatan, JakCLM merupakan fitur yang berada di dalam aplikasi multifungsi JAKI dapat diunduh melalui Google Play Store untuk Android atau Apple Apple Store untuk iOS.

Aplikasi JAKI sendiri merupakan aplikasi multifungsi yang dikembangkan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk layanan, informasi, dan kepentingan masyarakat mulai dari hadirnya fitur JakWarta, JakLapor, JakPangan, JakSurvei, JakCorona, JakSiaga, hingga JakCLM.

Cara Menggunakan JakCLM

  1. Buka JAKI yang sudah terpasang di handphone
  2. Pada halaman utama, kamu dapat langsung gulir ke bawah hingga menemukan menu JakCLM (Tes Mandiri – Tes Corona CLM)
  3. Pada halaman utama JackCLM, tekan tombol Ikuti Tes
  4. Pada halaman Persetujuan, kamu diminta untuk memasukkan pernyataan setuju, nama lengkap, dan tanggal pengisian
  5. Apabila semua telah diisi, maka tekan tombol Mulai Tes
  6. Pada halaman Apakah Anda Mengalami, kamu akan diberikan beberapa gejala yang mungkin terjadi.JakCLM Test COVID awal
  7. Tekan tombol Ya jika mengalami salah satu gejala atau Tidak apabila tidak mengalami gejala
  8. Pada saat kamu menekan tombol Ya, maka kamu langsung disarankan mengunjungi layanan kesehatan agar langsung mendapatkan pelayanan medis
  9. Namun apabila menekan tombol Tidak, maka kamu akan diminta mengisi identitas lengkap, apakah dalam 14 hari pernah mengukur suhu tubuh, mengalami gejala, apakah berkontak dengan pasien COVID-19, bepergian ke luar kota, dan kondisi kesehatan
  10. Selanjutnya, aplikasi akan memberikan data lengkap telah diisi tadi dan meminta pernyataan dari kamu.
  11. Tekan tombol Lihat Tes apabila kamu setujuJakCLM Test COVID

Selanjutnya aplikasi akan mengolah dan memberitahukan hasil mengenai kategori risiko terpapar COVID-19. Selain itu, aplikasi pun akan memberikan rekomendasi mengenai apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya.

Aplikasi juga menampilkan level risiko yang terdiri dari Level 1 Risiko Rendah (Hijau), Level 2 Risiko Sedang (Kuning), dan Level 3 Risiko Tinggi (Merah). Kamu kemudian bisa menyimpan hasil tes dengan QR Code di aplikasi atau mengunduh hasil tes.

Tinggalkan Komentar