Tips dan Trik

Cara Mengatasi Kesalahan Zoom dengan Error Code 5 Biar Bisa Meeting Lagi

Cara Mengatasi Zoom Error Code 5 - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Seperti layanan digital secara umum, Zoom juga menerapkan sistem diagnosa kesalahan menggunakan kode-kode tertentu sesuai permasalahan yang terjadi supaya lebih mudah untuk diatasi.

Para pengguna salah satu di antaranya akan menjumpai kesalahan bertuliskan “error code 5” jika koneksi data antara klien (aplikasi komputer, web, maupun handphone) ke server Zoom terganggu. Kesalahan ini cukup umum terjadi pada sebagian pengguna.

Namun untuk mengatasinya, kita tentu perlu melihat alasan spesifik mengenai apa yang mengganggu koneksi data Zoom ke server layanan. Ada beberapa hal teknis yang bisa menyebabkan koneksi ke server Zoom terganggu dalam hal ini, termasuk beberapa di antaranya setelan proxy atau firewall, pengaturan antivirus, hingga kualitas jaringan internet itu sendiri.

Jika masih belum menemukan apa yang menjadi penyebab kesalahan error code 5 pada layanan Zoom, kamu tentu perlu mencoba mengatasinya satu per satu.

Cara Mengatasi Kesalahan Layanan Zoom Error Code 5

Cek Setelan Proxy atau Firewall

Agar mendapatkan jaringan internet yang berkualitas seperti koneksi cepat untuk bermain game daring, beberapa pengguna sering memanfaatkan proxy tambahan sebagai jembatan.

Namun sayang di sisi lain, sejumlah pengaturan di server maupun client kadang kala justru dapat mengganggu koneksi khusus ke beberapa layanan internet termasuk Zoom di salah satunya. Menghubungi administrator jaringan tentu dapat menjadi langkah bijak untuk menyelesaikan hal ini. Apalagi jika kamu benar-benar awam mengenai pengaturan proxy untuk perangkatmu.

Alih-alih mengamankan diri saat mengakses berbagai macam layanan, pengaturan firewall pada perangkat maupun jaringan juga dapat mengganggu koneksi data dari klien ke server Zoom.

Kamu tentu harus menyesuaikan pengaturannya agar Zoom dapat bekerja dengan baik. Adapun dalam hal ini, pengaturan lebih spesifik untuk masing-masing perangkat biasanya dapat dicari di halaman perusahaan yang meluncurkan.

Atur Setelan Koneksi Zoom di Antivirus

Beberapa aplikasi Antivirus pun berusaha melindungi pengguna dengan mengimplementasikan proteksi tambahan ke jaringan internet. Hanya saja, hal tersebut kadang kala justru memblokir akses ke layanan penting seperti Zoom.

Jika menggunakan sebuah antivirus, kamu dapat menemukan pengaturannya secara langsung di dalam aplikasi. Setelah itu, jangan lupa untuk mematikan setelan pemblokiran jaringan Zoom.

Gunakan Koneksi Internet Lain

Mencoba koneksi internet lain juga perlu dilakukan untuk memastikan bahwa jaringan yang digunakan oleh perangkat benar-benar mampu menghubungkan aplikasi klien dengan server Zoom. Kamu dalam hal ini bisa menggunakan kartu SIM dari operator lain, beralih ke WiFi yang lebih cepat, atau berpindah ke tempat yang mempunyai dukungan jaringan internet lebih stabil.

Muat Ulang Perangkat

Kesalahan sistem maupun aplikasi saat berjalan kadang-kadang juga dapat mempengaruhi kualitas koneksi dari layanan itu sendiri. Oleh karenanya memuat ulang perangkat dapat menjadi obat mujarab sejumlah permasalahan teknis tentu perlu dilakukan.

Dengan memuat ulang sistem, perangkat akan berjalan secara lebih segar. Tak hanya akan meringankan beban tugas peranti keras, langkah ini umumnya juga akan memperbarui setelan konektivitas. Opsi memuat ulang perangkat umumnya tersedia mendasar pada sistem yang digunakan, tetapi kamu bisa mematikan dan menghidupkannya secara manual jika hal tersebut tidak ada.

Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Bug yang muncul dalam pengembangan sistem operasi perangkat maupun aplikasi Zoom itu sendiri juga dapat menjadi salah satu penyebab kenapa akses ke server dapat terganggu. Untuk hal ini, kamu tentu memperbarui sistem maupun aplikasi tersebut ke versi paling mutakhir di mana biasanya menawarkan perbaikan untuk bug-bug yang muncul pada tahap sebelumnya.

Pasang Ulang Aplikasi

Selain memuat ulang perangkat serta memperbaruinya, kamu pun dapat menyegarkan data dan setelan di sebuah layanan dengan menghapus lalu memasang ulang aplikasi terkait. Berkas yang terus menumpuk (terutama data tembolok) dapat menyebabkan sejumlah permasalahan teknis, termasuk mempengaruhi kinerja aplikasi dan membuatnya tak berjalan dengan baik.

Aplikasi Zoom pun demikian sehingga kita perlu rajin membersihkan data-datanya dengan cara yang tersedia sesuai perangkat atau jika diperlukan sesekali memasang ulang instalasinya.

Mengatasi kesalahan Zoom dengan error code 5 memang sangat berbeda-beda pada setiap pengguna karena penyebabnya sangat berlainan. Namun dengan mengikuti beberapa langkah di atas satu per satu, hal tersebut tentu bukan masalah berarti.

Tinggalkan Komentar