ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Ini 5 Solusi Voice Note WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Gadgetren – Tidak kalah dengan layanan dan aplikasi chat lainnya, WhatsApp telah dilengkapi dengan fitur Voice Note yang memungkinkan sesama penggunanya berkomunikasi menggunakan pesan suara.

Hal ini tentunya sangat membantu ketika kamu sedang malas mengetik pesan yang panjang. Namun hal menyebalkannya ketika Voice Note WhatsApp tidak dapat dibuka sehingga membuat pesan suara tidak dapat didengarkan penerima.

Lalu apa penyebab dan solusi yang bisa dilakukan? Kamu bisa coba beberapa hal berikut ini untuk memperbaikinya.

1. Restart Koneksi Internet

Koneksi internet merupakan hal terpenting pada aplikasi WhatsApp karena dapat membuat Voice Note tidak bisa dibuka sama sekali apabila sedang melambat atau tidak stabil.

Apalagi pada saat sinyal hilang secara terus menerus akan membuat data menjadi sulit untuk didapatkan. Kamu pun dapat melakukan restart koneksi internet terlebih dulu dengan mengaktifkan Airplane Mode dan mematikannya kembali.

Dengan begitu seluruh koneksi ponsel akan disegarkan kembali. Namun jika masih tidak stabil, mungkin kamu perlu mencari jaringan WiFi terdekat agar bisa menikmati akses internet yang lebih lancar.

2. Restart HP

Tidak hanya koneksi internet saja, terkadang aplikasi WhatsApp yang digunakan dalam jangka waktu lama bisa mengalami bug atau error sesaat yang menyebabkan Voice Note tidak dapat dibuka.

Kamu dapat coba melakukan restart ponsel agar sistem disegarkan kembali dan berjalan secara optimal dengan menekan tombol Power yang lama lalu memilih opsi Restart pada menu yang muncul.

Namun pada beberapa ponsel generasi terbaru, kamu mungkin perlu menekan kombinasi tombol Power dan Volume Atas agar bisa menampilkan menu Restart tersebut. Proses restart akan membuat ponsel mati dan menyala kembali secara otomatis.

3. Clear Data Aplikasi WhatsApp

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Apps atau App Management.
  • Pilih aplikasi WhatsApp..
  • Pilih opsi Storage atau Storage usage.
  • Tekan tombol Clear data.

Ada kalanya Data atau Cache yang tersimpan justru menyebabkan bug atau masalah pada aplikasi WhatsApp akibat ada kesalahan dalam membuatnya yang mana bisa menyebabkan juga Voice Note yang tidak bisa dibuka atau didengarkan.

Dengan membersihkan Data atau Cache secara menyeluruh, aplikasi WhatsApp kamu nantinya akan dibersihkan secara total seperti baru pertama kali dipasang. Oleh karena itu sebaiknya lakukan pencadangan terlebih dahulu sebelum melakukan metode ini.

4. Update WhatsApp Versi Terbaru

Biasanya WhatsApp yang jarang diperbarui akan menghadirkan beragam bug atau error yang tidak bisa diperkirakan. Apabila terus dibiarkan akan menyebabkan berbagai fitur WhatsApp mengalami masalah seperti Voice Note, yang tidak dapat dibuka.

Oleh karena itu kamu perlu melakukan update WhatsApp dengan mengunjungi halaman aplikasi di Google Play Store atau Apple App Store. Dengan begitu kamu memastikan WhatsApp sudah mendukung fitur-fitur terbaru yang ada.

5. Pasang Ulang WhatsApp

Bisa jadi juga ada data dari aplikasi WhatsApp yang mengalami kerusakan sehingga kamu perlu menghapus dan memasang ulang WhatsApp. Biasanya aplikasi WhatsApp dari Google Play Store atau Apple App Store.

Berbeda dengan hanya update, metode ini akan membersihkan aplikasi WhatsApp dari ponsel dan mengunduh ulang dari server sepenuhnya untuk memastikan data yang ada bekerja dengan baik.

Sama seperti saat Clear Data, pastikan kamu sudah mencadangkan data terlebih dulu agar semua chat hingga Voice Note yang ada sebelumnya dapat dimunculkan kembali pada saat aplikasi WhatsApp selesai dipasang ulang.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar