Aplikasi Tips dan Trik

Voice Note WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Begini Cara Atasinya!

WhatsApp Logo Feature

Gadgetren – Voice Note merupakan salah satu fitur menarik yang hadir pada aplikasi WhatsApp karena memungkinkan pengguna mengirimkan pesan dalam bentuk suara kepada pengguna lain di platform tersebut.

Misalnya saja apabila kamu sedang malas mengetik untuk memberikan pesan kepada orang lain, maka bisa merekam suara dengan Voice Note agar bisa didengarkan oleh pengguna lain sambil melakukan kegiatan lain.

Untuk bisa mengaktifkan fitur Voice Note, kamu cukup menahan tombol berikon mikrofon yang berada di sebelah kolom Type a message pada halaman percakapan dengan pengguna WhatsApp lain.

Namun apa jadinya ketika Voice Note WhatsApp yang kamu kirim tidak bisa dibuka sama sekali? Pastinya kamu akan merasa tidak senang karena terpaksa harus mengetikkan pesan chat padahal sudah capek-capek merekam suara agar dapat mengirim pesan panjang dalam bentuk Voice Note.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat Voice Note WhatsApp tiba-tiba tidak bisa dibuka. Untuk itu, kamu dapat melihat alasan dan cara mengatasinya pada informasi berikut ini.

Solusi Voice Note WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Restart koneksi internet

Biasanya koneksi internet yang tidak stabil membuat menjadi salah satu penyebab Voice Note WhatsApp tidak bisa dibuka sama sekali. Apalagi terkadang sinyal dari kartu SIM yang kamu miliki tiba-tiba hilang atau turun jaringannya.

Untuk itu kamu dapat melakukan restart koneksi internet agar sinyal dari kartu SIM kembali atau naik jaringan. Namun apabila ingin mendapatkan internet yang stabil, maka kamu dapat menghubungkan handphone ke jaringan Wi-Fi terdekat yang koneksi internetnya benar-benar baik.

Restart handphone

Terkadang aplikasi WhatsApp pada handphone secara tiba-tiba mengalami error sehingga membuat beberapa fiturnya menjadi tidak bisa diakses, seperti Voice Note. Kamu dapat melakukan restart handphone dengan menahan tombol power selama beberapa saat hingga muncul tombol Power Off.

Biasanya restart handphone bisa mengembalikan sistem ke status awal. Hal ini terkadang ampuh untuk membuat aplikasi kembali ke kondisi normal sehingga fitur-fiturnya bisa diakses, termasuk Voice Note.

Clear Data pada WhatsApp

Kamu juga bisa mencoba untuk membersihkan data dan cache yang menumpuk pada WhatsApp yang sudah tertimbun lama dan terkadang menyebabkan masalah pada sistem di aplikasi. Dengan cara ini, kemungkinan besar Voice Note yang bermasalah bisa dibuka dengan lancar kembali.

Update WhatsApp

Pada saat restart handphone maupun koneksi internet tidak berhasil, ada kemungkinan WhatsApp kamu harus diperbarui atau update untuk memperbaiki bug atau error di sistem WhatsApp. Bisa saja Voice Note tidak bisa dibuka karena terjadi bug pada sistem WhatsApp.

Kamu pun dapat melakukan update WhatsApp melalui Google Play Store untuk handphone Android atau Apple App Store untuk perangkat iOS. Setelah proses update selesai, biasanya bug pada WhatsApp telah diperbaiki oleh pihak pengembang.

Install ulang WhatsApp

Apabila semua cara di atas tidak bisa membuat Voice Note dibuka, maka kamu dapat menghapus dan install ulang WhatsApp. Biasanya dengan melakukan ini, sistem WhatsApp akan kembali seperti semula tanpa adanya modifikasi.

Namun perlu dicatat, kamu harus mencadangkan atau back up data terlebih dulu agar semua chat dan Voice Note dapat dihadirkan kembali pada aplikasi WhatsApp setelah install ulang.

Tinggalkan Komentar