ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Voice Note di Status WhatsApp

Cara Membuat Voice Note di Status WhatsApp Header

Gadgetren – Layanan aplikasi pesan WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya bisa mengunggah voice note atau pesan suara ke status WhatsApp.

Sebelumnya WhatsApp hanya bisa mengunggah status WhatsApp dalam bentuk foto, video, dan teks saja. Kini dengan hadirnya status dalam format voice note, pengguna WhatsApp bisa membagikan status dalam versi audio yang direkam langsung.

Fitur status WhatsApp voice note ini sebenarnya belum diluncurkan secara resmi sehingga masih diuji coba melalui versi Beta oleh beberapa pengguna secara terbatas. Namun begitu situs blog WABetainfo sudah membocorkannya bahwa fitur tersebut baru bisa untuk perangkat Android dengan WhatsApp Beta versi 2.23.2.8.

Selain WABetainfo, beberapa netizen pun telah ada yang memberikan cara untuk membuat voice notes di status WhatsApp. Mirip seperti membuat status, hanya saja kini akan tersedia tombol khusus mikrofon untuk merekam suara secara langsung.

Menurut pantauan tim Gadgetren sendiri pada perangkat handphone Galaxy A72 5G belum mendapatkan versi Beta tersebut. Namun menurut WABetainfo, berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat voice notes di status WhatsApp.

Cara Membuat Voice Note di Status WhatsApp

  • Masuk ke aplikasi WhatsApp di handphone kamu.
  • Ketuk tab menu Status untuk membuat voice note.
  • Ketuk tombol pensil di pojok kanan bawah layar.
  • Ketuk tombol ikon mikrofon di tengah bawah layar.
  • Berikan judul dengan mengetuk ikon Teks. 
  • Kemudian sematkan pula emoji dan warna yang pas.
  • Ketuk tombol arah panah ke kanan di pojok kanan bawah layar untuk menayangkan.

Menurut WABetainfo, durasi voice note di status WhatsApp dibatasi hanya 30 detik. Apabila kita ingin membatalkan pesan suara yang direkam bisa diurungkan dengan mengetuk tombol slide mikrofon ke kiri dan mengetuk tombol ikon sampah untuk menghapus.

Sama seperti status WhatsApp lainnya, status voice note juga telah dienkripsi secara end-to-end dan hanya tayang selama 24 jam karena akan dihapus otomatis setelah melewati waktu tersebut. Mengenai kapan fitur ini bakal dirilis pihak WhatsApp belum memberikan informasi lebih jauh di situs blog resminya sehingga kita harus menunggunya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar