Aplikasi Berita

DANA Beberkan Lima Fitur Paling Sering Digunakan Selama Semester Awal 2021

Ilustrasi-Dompet-Digital-DANA

Gadgetren – Terdapat lima fitur yang paling sering digunakan oleh para pengguna dompet digital DANA selama enam bulan pertama tahun 2021.

Hal ini dikatakan oleh Rangga Wiseno selaku Senior VP of Product DANA kepada tim Gadgetren melalui keterangan tertulis. Ia mengatakan bahwa fitur-fitur tersebut antara lain QRIS Payment, Send Money atau Kirim Uang, pembelian pulsa prabayar untuk telepon seluler, pembayaran online e-commerce, dan fitur BILLER untuk pembayaran tagihan-tagihan.

Pada semester ini, kelima fitur diungkapkan Rangga juga mencatat peningkatan signifikan baik dari jumlah transaksi maupun pengguna aktif bulanannya atau Monthly Active User (MAU) dimana transaksi dengan menggunakan QRIS Payment meningkat sebesar 131 % dan MAU meningkat 309%.

Sementara fitur Send Money, Rangga menyebutkan adanya peningkatan transaksi sebesar 99% dan MAU meningkat 91%. Sementara untuk transaksi pembelian pulsa selular prabayar meningkat 174% dan MAU meningkat 200%.

Adapun fitur pembayaran online mengalami kenaikan transaksi sebesar 91% dan MAU sebesar 73%, sedangkan fitur pembayaran tagihan transaksinya naik sebesar 93% dengan jumlah MAU yang meningkat sebesar 103%.

“Kelima fitur-fitur di atas menjadi kontributor utama terhadap pertumbuhan DANA pada semester pertama 2021 ini. Selain dari lima fitur di atas, kontribusi pertumbuhan DANA juga didorong oleh salah satu fitur terbarunya, yaitu konversi poin dari TikTok, Snack Video, dan Helo ke Saldo DANA,” ujarnya.

Rangga menambahkan bahwa ke depanya DANA akan melanjutkan pengembangan produk dengan mengedepankan tiga pilar inovasi yang telah dimiliki yaitu trusted, friendly, dan accessible.

DANA Logo Feature

Tak luput, kekuatan DANA dalam merancang pengalaman bertransaksi digital secara personal serta berdasarkan kepuasan pelanggan juga dituturkan Rangga akan terus diperbarui guna mempercepat adopsi transaksi non tunai digital masyarakat.

Personalisasi profil pengguna dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence (AI) serta proses integrasi tanpa cela bagi pengguna maupun mitra menjadi salah satu metode yang dipilih. Dalam kesempatan yang sama, DANA juga telah mencatat adanya pertumbuhan positif pada semester pertama 2021.

Jumlah pengguna dompet digital DANA diklaim mengalami lonjakan dari 50 juta pada Desember 2020 menjadi 70 juta pada semester pertama 2021. Pertumbuhan positif lain dari DANA terlihat pada pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi per hari yang meningkat menjadi 5 juta transaksi per hari dari sebelumnya berjumlah 3 juta transaksi per hari.

DANA juga menemukan adanya rata-rata transaksi per hari tertinggi terjadi pada bulan Mei 2021. Dibandingkan dengan tahun lalu (Mei 2020), pertumbuhan rata-rata transaksi per hari yang dibukukan pada Mei 2021 tercatat meningkat sebesar 164 persen.

Pertumbuhan rata-rata transaksi per hari tersebut didorong oleh meningkatnya berbagai aktivitas transaksi non tunai digital. Dengan DANA, pengguna dapat melakukan transfer ke berbagai platform seperti nomor telepon seluler, akun bank, media sosial seperti WhatsApp, atau melalui agen dan gerai-gerai mitra untuk dapat diambil penerimanya dalam bentuk tunai.

Tinggalkan Komentar