Review Review Laptop / PC

Review Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 – Laptop Pilihan Untuk Pekerja dengan Produktif Tinggi

Review Lenovo ThinkPad T14 Gen 1

Gadgetren – Nama Lenovo di segmen laptop bisnis sudah cukup dikenal berkat deretan produk dari keluarga Think yang cukup beragam. Salah satu yang terbarunya merupakan Lenovo ThinkPad T14 Gen 1.

Laptop yang satu ini digadang sebagai perangkat one-stop untuk produktivitas yang menyasar kaum profesional lewat fitur-fitur unggulan dan mutakhir yang dibawanya agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih nyaman.

Tentunya Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 juga dilengkapi spesifikasi mumpuni untuk menemani fitur tersebut sehingga segala aplikasi dapat dijalankan dengan lancar sehingga tidak menghambat aktivitas, khususnya saat momen penting.

Review Lenovo ThinkPad T14 Gen 1
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 10/10
    10/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9.4/10

Summary

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 memperlihatkan kehebatan dari lini Think yang sangat menyeluruh mulai dari fitur yang lengkap hingga performa tinggi dari Ryzen.

Pros

  • Performa kencang dan tangguh
  • Baterai tahan lama untuk kerja
  • Keyboard nyaman dan touchpad responsif
  • Fitur privasi dan keamanan mutakhir
  • Tidak banyak bloatware
  • Desain profesional

Cons

  • Kamera masih bisa lebih baik
  • Bodi sedikit mudah kotor

Namun sebelum terjun melihat performa yang dimilikinya, mari lihat tampilan luar dari Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 terlebih dahulu.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 1

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 tampil dengan desain klasik dari seri Think dengan gaya profesional yang sudah menjadi ciri khasnya, namun kini sudah diberi sentuhan modern yang membuatnya terlihat profesional.

Bodinya dibalut warna hitam secara menyeluruh dengan sedikit aksen merah yang serasi antar satu sama lainnya. Bodinya dibalut lapisan doff yang terasa halus di tangan sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan lebih baik melainkan juga memberikan impresi awal bahwa laptop ini berkualitas.

Secara keseluruhan bodinya punya dimensi yang cukup ramping dengan potongan pinggiran tajam yang semakin menyempurnakan desain modern yang dihadirkannya. Hanya saja, lapisan doff walaupun nyaman memiliki sedikit kekurangan karena mudah sekali terlihat kotor terutama jika terkena keringat. Untungnya noda tersebut dapat dengan mudah dibersihkan.

Tak ketinggalan, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 juga telah melewati 12 pengujian militer dan 200 cek kualitas untuk membuktikannya dapat tetap digunakan dan tahan dalam berbagai kondisi ekstrim mulai dari tumpahan air hingga badai pasir sekalipun.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 2

Pada bagian penutupnya tidak banyak pernak pernik menghiasi selain logo ThinkPad pada pojok kanan bawahnya. Namun yang cukup menarik, titik di atas huruf i pada logo ThinkPad akan menyala merah saat laptop dihidupkan dan bisa menjadi indikator singkat untuk mengetahui apakah laptop hidup atau tidak dari jauh.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 menyediakan ragam konektivitas yang cukup memadai mulai dari Ethernet, HDMI, 2x USB-A (1x always on), 1x USB-C (Power Delivery), MicroSD card reader, smart card reader, 3,5mm audio jack, hingga 1x USB-C yang tergabung dengan mechanical docking. Sementara untuk konektivitas nirkabel tersedia WiFi 6 dan Bluetooth 5.2

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 9

Saat penutup laptop dibuka, terlihat keyboard yang menjadi salah satu andalan dari laptop Lenovo serta touchpad dengan desain yang sedikit berbeda dari kebanyakan laptop masa kini. Touchpad memiliki permukaan sentuh yang cukup luas dengan tiga tombol di bagian atasnya sebagai klik kiri, tengah, dan kanan.

Sementara untuk keyboard dari Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 memiliki tuts yang nyaman untuk digunakan mengetik berkat key travel yang cukup dan separasi yang pas. Bagian Function saat ditekan bersama tombol Fn bisa digunakan sebagai pintasan mulai dari volume, kecerahan layar, notifikasi, hingga menjawab atau menutup panggilan.

Tak ketinggalan, di tengahnya terdapat TrackPoint yang sudah menjadi fitur khas dari lini ThinkPad. TrackPoint dapat digunakan untuk menggerakkan cursor tanpa mengubah posisi tangan saat mengetik untuk memberikan pengalaman yang lebih natural dan meminimalisir gerakan yang tidak diperlukan sehingga segalanya lebih mengalir.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 4

Satu hal yang sedikit menjadi catatan, tombol Fn berada di samping kiri Ctrl atau paling pojok. Penempatan ini tentunya akan membutuhkan penyesuaian karena biasanya tombol Fn berada di antara Ctrl dan Windows. Saya sendiri sering salah menekan khususnya saat copy dan paste karena biasanya Ctrl berada di paling kiri.

Sementara untuk touchpad terasa nyaman saat digunakan berkat area yang luas serta permukaan yang halus. Sentuhan jari pun dapat terdeteksi dengan baik sehingga cursor terasa responsif.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 8

Beralih ke layar desainnya masih cukup konvensional dengan bezel hitam mengelilinginya. Berkat profilnya yang terbilang tipis, bezel layar terasa tidak terlalu mengganggu visual. Layarnya memiliki bezel pun bukan tanpa alasan layar tersebut pun bukan tanpa karena layar Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 dapat diputar 180 derajat.

Ditambah lagi layarnya mendukung sentuhan sehingga memungkinkan berbagai skenario penggunaan dan memudahkan navigasi saat berbagi layar dengan rekan kerja maupun menggulung halaman ketika tengah membaca jurnal.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 7Privacy Guard Off – Privacy Guard On

Yang sangat menarik layar Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 memiliki fitur bernama Privacy Guard yang dapat diaktifkan dengan menekan Fn+D atau Fn+F9 untuk membuat layar sulit dilihat dari samping tanpa mengurangi kecerahan layar maupun mengubah warnanya.

Layarnya sendiri berbentang 14 inci dengan lapisan matte yang memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dan panel IPS untuk memberikan kualitas visual maksimal dalam menampilkan konten masa kini. Dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nits, konten yang tampil di layar laptop ini masih dapat terlihat jelas saat di bawah terik matahari.

Sementara itu, di atas layar tersedia kamera HD yang bisa digunakan untuk video maupun conference call. Sayangnya kualitas video yang dihasilkan kurang tajam dan relatif buram. Namun sisi baiknya, terdapat ThinkShutter untuk menjaga privasi dengan menutup kamera secara fisik.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 6

Selain itu, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 juga sudah mendukung autentikasi biometrik baik itu wajah atau sidik jari melalui Windows Hello. Dengan adanya fitur ini, login menjadi lebih mudah dan aman dibandingkan menggunakan metode konvensional seperti password.

Tidak hanya desain luar saja yang mumpuni, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 dibekali dapur pacu yang sangat cepat. Pada intinya terdapat prosesor AMD Ryzen PRO 7 4750U yang memiliki 8 Core dan 16 Thread untuk mengerjakan segala aplikasi secara multitasking dengan mudah.

Tersedia juga Radeon Vega dengan VRAM 2GB untuk aktivitas yang membutuhkan kemampuan olah grafis seperti edit foto, video, maupun bermain game ringan. Tak ketinggalan juga RAM DDR4 8GB dan penyimpanan NVMe SSD 512GB telah dibenamkan di dalamnya untuk mendukung kinerja lebih kencang lagi.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 HWiNFO

Kombinasi tersebut membuat Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 berhasil memberikan performa yang menjanjikan untuk menunjang pekerjaan. Sistem berjalan dengan sangat mulus tanpa adanya penurunan performa sama sekali, bahkan ketika menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan sambil membuka browser dengan jumlah tab cukup banyak.

Performanya yang bertenaga juga terlihat dari hasil benchmark yang didapat dimana Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 berhasil meraih skor 4.722 poin pada PCMark 10 yang menyimulasikan kegiatan kantoran pada umumnya. Sementara untuk kinerja prosesornya sendiri berhasil mendapatkan skor 7.587 poin untuk Multi Core dan 1.189 untuk Single Core saat diuji menggunakan Cinebench R21.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 Benchmark

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 dijamin dapat memberikan pengalaman komputasi yang menyenangkan dan tanpa hambatan. Baik itu sekedar membuat dokumen, browsing, membuka Excel berisi ribuan data, hingga edit foto 4K dapat dilakukan tanpa kendala.

Tidak hanya untuk pekerjaan saja, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 bahkan biasa diajak untuk bermain game kasual untuk mengisi waktu luang. Pada game Counter Strike: Global Offensive, laptop ini bahkan mampu menjalankannya pada resolusi native 1080p dan kualitas Medium cukup lancar dengan kisaran 50-70 fps.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 CSGO

Sementara untuk game yang  lebih berat seperti Shadow of the Tomb Raider dapat berjalan pada kualitas grafis Low di resolusi 720p dengan kisaran 25-30 fps. Maka dari itu, bermain game di Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 terbilang cukup memadai selama menyesuaikan game dan kualitas grafisnya.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 SoTR

Untuk memaksimalkan pengalaman multimedia, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 juga dibekali speaker yang telah didukung Dolby Audio sehingga suara yang dihasilkan terdengar penuh menyeluruh dan jernih saat menonton film maupun mendengarkan musik.

Saat harus digunakan di luar ruangan tanpa stop kontak listrik, menariknya Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 memiliki daya tahan baterai yang tergolong mumpuni mengingat spesifikasi yang dibawanya. Berbekal baterai 3 cell 50Wh, laptop yang satu ini dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama dalam sekali pengisian daya.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 Tes Baterai

Diuji menggunakan PCMark 8 dalam mode Work dan tingkat kecerahan layar 50%, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 mendapatkan skor 6 jam 11 menit. Angkat tersebut di atas rata-rata laptop mainstream yang biasanya hanya bisa bertahan sekitar 2-3 jam saja.

Namun saat digunakan secara nyata dengan beban kinerja bervariasi, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 dapat saya gunakan tanpa henti selama kurang lebih 7 jam hingga baterai hanya tersisa 10% saja. Sudah mencukupi untuk menemani kerja di kantor maupun saat harus meeting.

Luar biasanya lagi, Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 punya kemampuan pengisian daya yang cukup cepat melalui port USB-C dimana saya hanya perlu menunggu selama 30 menit agar baterai dari tersisa 6% menjadi 50% atau sekitar 1 jam 40 menit agar kembali penuh total.

Tak ketinggalan aplikasi Lenovo Vantage memiliki berbagai fitur maupun pengaturan untuk membuat laptop tetap dalam kondisi prima mulai dari petunjuk keamanan, kesehatan sistem, hingga kondisi pengisian daya agar baterai tidak cepat haus. Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 juga tidak memiliki banyak bloatware mengganggu.

Alhasil saya dapat meninggalkannya untuk isi ulang saat beristirahat siang dan kembali dengan baterai yang cukup untuk digunakan kembali hingga malam hari. Hilang rasa khawatir apakah baterai dapat bertahan atau tidak.

Tinggalkan Komentar