Laptop / PC Mading

Gadgetren Editors’ Choice: Lenovo ThinkPad T14 Gen 1

Editors Choice Lenovo ThinkPad T14

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 memang sekilas tampilan luarnya terlihat biasa saja, namun itu menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya.

Walaupun tampilan luarnya sederhana Lenovo ThinkPad T14 Gen dibekali beragam fitur yang sangat bermanfaat serta memiliki tenaga yang dapat menunjang berbagai jenis pekerjaan.

Sebagai produk laptop bisnis, memiliki desain yang tidak terlalu glamor dan kalem justru menjadi kelebihan tersendiri karena bisa digunakan ke berbagai meeting atau bertemu klien tanpa terlihat mencolok.

Desain profesional yang dibawa oleh Lenovo ThinkPad T14 Gen pun terlihat dari balutan lapisan doff berwarna hitam menyeluruh dengan sedikit aksen merah yang membuatnya terasa dan terlihat berkualitas. Ditambah lagi permukaannya terbilang mudah untuk dibersihkan agar terus terlihat prima.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 1

Sebagai laptop yang termasuk pada lini ThinkPad, keyboard dan touchpad yang dihadirkan pun terasa nyaman untuk digunakan mengetik maupun navigasi umum yang pastinya penting saat bekerja. Ditambah lagi terdapat TrackPoint yang bisa digunakan untuk menggerakkan kursor tanpa harus mengubah posisi tangan saat mengetik.

Sementara pada bagian dalamnya tersemat prosesor AMD Ryzen PRO 7 4750U yang ditemani RAM DDR4 8GB dan solusi penyimpanan NVMe SSD 512GB untuk menjalankan segala program maupun aktivitas lainnya yang kemudian ditampilkan pada layar IPS 14 inci beresolusi Full HD 1080p.

Dengan kombinasi tersebut, Lenovo ThinkPad T14 Gen pastinya dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan secara mulus karena performa yang diberikan menjamin pengalaman yang nyaman dan bebas lag. Bahkan laptop ini pun masih bisa dibawa untuk bermain game kasual ringan jika dibutuhkan saat ingin mengisi waktu luang.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 8

Lenovo ThinkPad T14 Gen juga memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sebelumnya pada artikel ulasan penuh, laptop ini mampu digunakan sekitar 7 jam dalam skenario penggunaan normal.

Namun yang membedakan Lenovo ThinkPad T14 Gen dengan laptop mainstream lainnya terletak pada dukungan tambahan yang dimilikinya, termasuk dalam hal privasi dan keamanan. Salah satunya fitur ThinkShutter yang memungkinkan kamera ditutup secara fisik setelah melakukan video call atau lainnya agar tidak digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Selain itu layar Lenovo ThinkPad T14 Gen juga memiliki fitur Privacy Guard yang memungkinkan konten pada layar lebih susah dilihat dari sudut tertentu karena menjadi terlihat gelap untuk menghalangi orang lain mengintip dari samping yang pastinya sangat berguna saat harus menuliskan info pribadi di tempat umum.

Lenovo ThinkPad T14 Gen 1 - 7

Tak ketinggalan juga dukungan Windows Hello untuk otentikasi biometrik menggunakan wajah atau sidik jari sehingga membuat proses login menjadi lebih mudah, aman, dan singkat. Berbagai fitur tersebut memperlihatkan bahwa Lenovo memperhatikan kenyamanan penggunanya.

Memang jika fokus kamu untuk bermain game, laptop kelas gaming seperti Lenovo Legion maupun ASUS ROG menjadi pilihan yang lebih cocok. Namun jika kamu lebih menginginkan laptop yang punya performa mumpuni dengan fitur keamanan untuk menjaga data penting, maka Lenovo ThinkPad T14 Gen sangat layak untuk dipertimbangkan.

Berbagai keunggulan yang dihadirkan serta minimnya sisi negatif yang dimiliki membuat Lenovo ThinkPad T14 Gen mendapatkan gelar Editors’ Choice dari tim Gadgetren.

Tinggalkan Komentar