Smartphone Tips dan Trik

Mengganggu? Begini Cara Mengatasi Masalah “Analytics Telah Berhenti” di Xiaomi

Mengatasi Sayangnya Analytics Telah Berhenti Xiaomi Header

Gadgetren – Melalui antarmuka sistem MIUI miliknya, Xiaomi berusaha membekali berbagai macam handphone buatannya dengan sejumlah perlengkapan yang dapat membantu para pengguna dalam beraktivitas.

Meskipun demikian, beberapa fitur dan dukungan di dalam antarmuka sistem tersebut sayangnya tidak luput dari sejumlah permasalahan yang mana justru dapat mengganggu saat digunakan.

Layanan bernama Analytics termasuk salah satu di antaranya. Dalam beberapa kasus yang sering saya temui, aplikasi bawaan Xiaomi ini kadang-kadang justru berhenti secara tiba-tiba dan merusak kekhusyukan para pengguna.

Berdasarkan keterangan yang muncul di layar, permasalahan ini umumnya dianggap sebagai sebuah bug yang perlu dilaporkan oleh para pengguna ke tim pengembang Xiaomi untuk segera diperbaiki.

Hanya saja dalam kenyataannya, permasalahan yang dianggap sebagai bug pada layanan Analytics masih sering muncul di handphone sejumlah pengguna meskipun telah dilaporkan secara berulang kali.

Oleh karena itu, pengguna tentu harus mencari sendiri solusinya agar mampu mengatasi permasalahan ini. Secara umum, berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk menyelesaikannya.

Cara Mengatasi Masalah Analytics yang Telah Berhenti di Xiaomi

Update Sistem

  1. Buka Setelan
  2. Masuk ke menu Tentang Telepon
  3. Klik Versi MIUI atau Pembaruan Sistem
  4. Ketuk tombol Periksa pembaruan
  5. Install sistem terbaru jika tersedia

Selain memperkenalkan fitur, dukungan, antarmuka, maupun versi Android baru, pembaruan sistem biasanya juga membawa perbaikan untuk sejumlah bug yang muncul pada versi lama.

Para pengguna Xiaomi tentu bisa mencobanya untuk menyelesaikan bug yang muncul di dalam handphone, termasuk untuk penyebab terjadinya kesalahan pada layanan Analytics.

Jika masalah masih muncul pada sistem yang paling baru, maka pengguna dapat mencoba untuk membersihkan file sampah yang sepengetahuan saya juga dapat menjadi sumber masalah saat menumpuk.

Membersihkan File Sampah

  1. Buka halaman Setelan
  2. Klik menu Tentang Telepon
  3. Sentuh bagian Penyimpanan
  4. Cari dan pilih opsi Bebaskan Ruang
  5. Tunggu pembersih menganalisis penyimpanan
  6. Klik tombol Bersihkan

Dengan menghapus file sampah, para pengguna dapat memperoleh ruang penyimpanan yang lebih luas. Selain itu, beberapa data yang sudah tidak terpakai akan ikut terhapus sehingga tidak akan mengganggu lagi.

Mengembalikan Analytics ke Versi Awal

  1. Kunjungi halaman Setelan
  2. Masuk ke bagian Aplikasi jika diperlukan
  3. Buka menu Kelola aplikasi
  4. Klik Menu lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  5. Pilih opsi Tampilkan semua aplikasi
  6. Ketuk aplikasi Analytics
  7. Sentuh tombol Uninstall pembaruan

Mengembalikan Analytics ke versi awal juga dapat menjadi solusi selanjutnya jika belum berhasil mengatasi permasalahan aplikasi telah berhenti karena biasanya bug pun muncul dalam pembaruan versi yang lebih baru.

Opsi ini pun dapat diikuti dengan menonaktifkan aplikasi Analytics supaya layanan tidak bekerja selaras dengan permasalahannya dimana secara langsung bisa dilakukan pada halaman yang sama.

Menonaktifkan Analytics

  1. Akses halaman Setelan
  2. Masuk ke menu Aplikasi jika diperlukan
  3. Buka opsi Kelola Aplikasi
  4. Ketuk Menu lainnya
  5. Klik opsi Tampilkan semua aplikasi
  6. Buka aplikasi Analytics
  7. Klik tombol Nonaktifkan

Selain menempuh beberapa metode di atas untuk memperbaiki Analytics yang telah berhenti, pengguna pun dapat mencoba memperbaiki jaringan internet yang sedang digunakan.

Memperbaiki Konektivitas Internet

  1. Tarik bar status ke bawah untuk memunculkan pusat kontrol atau panel pengaturan cepat
  2. Klik tombol Mode Pesawat (ikon Pesawat) untuk menonaktifkan jaringan
  3. Klik tombol tersebut sekali lagi untuk mengaktifkannya

Analytics merupakan layanan yang akan merekam dan mengirimkan data dari setiap aktivitas pengguna ke server Xiaomi untuk pengembangan produk MIUI secara lebih lanjut.

Namun sudah bisa ditebak, aplikasi tersebut pun membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bekerja. Jadi ketika terdapat gangguan, masalah pun bisa muncul di dalam layanan dan membuatnya berhenti secara tiba-tiba.

Menonaktifkan kemudian mengaktifkan mode pesawat dapat menjadi salah satu upaya untuk mengatasinya. Namun jika cara ini belum berhasil, pengguna bisa mencoba kartu dari operator lain yang memiliki koneksi lebih stabil.

Reset Pabrik

  1. Buka Setelan handphone Xiaomi
  2. Cari dan pilih Setelan Tambahan
  3. Pilih menu Buat Cadangan & Setel Ulang
  4. Klik opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik
  5. Sentuh opsi Setel Ulang Telepon

Mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik dapat menjadi solusi akhir yang bisa ditempuh jika aplikasi Analytics masih sering berhenti. Namun perlu diingat, data dan pengaturan sebelumnya akan ikut hilang.

Apabila masalah Analytics masih terulang, para pengguna pun selanjutnya perlu membawa perangkat ke pusat perbaikan Xiaomi dan membiarkan orang yang lebih ahli untuk menyelesaikannya.

Tinggalkan Komentar