ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

5 Cara Mengatasi “Sayangnya Instagram Telah Berhenti” Berdasarkan Kemungkinan Penyebabnya

Cara Mengatasi Instagram Telah Berhenti Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sebagai pengguna aktif Instagram, saya akan sedikit kesal ketika aplikasi media sosial tersebut tiba-tiba tidak bisa dibuka, lalu menampilkan pesan “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”.

Bagi saya pribadi, munculnya permasalahan ini bisa sangat mengganggu aktivitas harian, meskipun terjadi secara tidak langsung. Hal ini dikarenakan mau tidak mau saya harus mencari solusi yang tepat supaya aplikasi tersebut bisa digunakan kembali.

Dan tidak bisa dipungkiri, proses ini kadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Saya perlu mencari metode penyelesaiannya, kemudian mencoba metode tersebut satu persatu untuk menunjukkan hasilnya.

Berdasarkan pengalaman saya tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan – tentunya berdasarkan penyebabnya – supaya aplikasi Instagram bisa digunakan lagi setelah memunculkan pesan error “Sayangnya Instagram Telah Berhenti”.

Supaya kamu tidak mengalami permasalahan yang sama, yang mana harus mencari solusi dan mencobanya satu persatu, berikut ini beberapa solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut berdasarkan penyebabnya.

Bersihkan Cache Atau Data Aplikasi

Penyebab umum Instagram tiba-tiba berhenti biasanya dikarenakan aplikasi tersebut memiliki data atau cache yang bermasalah. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu, dan membiarkan aplikasi membuat ulang data-datanya.

Cara Mengatasi Instagram Telah Berhenti Clear Data

Dalam hal ini, kamu bisa membersihkan data ataupun chace secara langsung melalui pengaturan sistem. Secara umum, kamu bisa melakukannya dengan membuka Settings > Apps > Instagram > Storage lalu menekan tombol Clear Data atau Clear Cache sesuai yang dibutuhkan.

Instal Ulang Aplikasi

Instalasi aplikasi yang rusak juga menjadi penyebab Instagram berhenti bekerja. Saat memasang aplikasi, tentunya ada beberapa hal – selain data aplikasi – yang ikut terpasang untuk menunjang kebutuhan aplikasi.

Rusaknya salah satu bagian tersebut bisa membuat aplikasi tidak bisa bekerja dengan baik, bahkan cenderung membuat aplikasi tidak berjalan sama sekali. Untuk itu, kamu perlu memasang ulang aplikasi untuk menyelesaikan hal ini.

Cara Mengatasi Instagram Telah Berhenti Reinstall

Sebelumnya, kamu perlu mencopot pemasangan aplikasi Instagram terlebih dahulu. Jika sudah selesai, kamu selanjutnya bisa mengunduh ulang aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Gunakan Versi Aplikasi yang Berbeda

Ketidakcocokan versi aplikasi dengan sistem yang berjalan di ponsel juga bisa menjadi penyebab Instagram tidak berjalan semestinya. Untuk itu, kamu bisa mencoba versi aplikasi yang berbeda dalam hal ini.

Kamu bisa mengunduh versi lama yang sebelumnya bisa bekerja dengan baik di ponselmu, atau memasang versi aplikasi terbaru jika ternyata aplikasimu tersebut error karena sudah terlalu usang untuk digunakan.

Cek Kondisi Jaringan

Kondisi jaringan yang tidak mumpuni juga bisa menjadi penyebab erornya aplikasi Instagram. Seperti yang kita tahu, aplikasi media sosial ini membutuhkan koneksi internet untuk bekerja. Maka saat tidak mendapatkan koneksi yang cukup baik bisa menyebabkan aplikasi tidak berjalan dengan baik.

Cara Mengatasi Instagram Telah Berhenti Network

Memastikan Instagram mendapatkan asupan koneksi internet yang sangat baik bisa menjadi solusi dalam hal ini. Salah satunya, kamu bisa mencoba menghidupkan mode terbang beberapa saat kemudian mematikannya untuk memastikan hal tersebut.

Restart Ponsel

Sistem yang tidak berjalan dengan baik juga bisa menyebabkan Instagram berhenti beroperasi. Untuk itu, kamu bisa mencoba menyegarkannya dengan memuat ulang ponsel yang kamu gunakan. Dengan memuat ulang ponsel, semua sistem akan berjalan dengan lebih segar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar