Smartphone

Android One vs MIUI. Mana yang Terbaik?

Android One vs MIUI Header

Gadgetren – Xiaomi merupakan salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan Google dalam mengembangkan smartphone Android One yang menggunakan sistem operasi Android murni di dalamnya.

Sekilas, Android One merupakan proyek yang digagas Google untuk bekerja sama dengan vendor di seluruh dunia untuk bisa menyediakan smartphone dengan sistem operasi dan hardware Android yang terjamin, namun harganya terjangkau.

Namun seiring berjalannya waktu, Android One sendiri sudah tidak menghadirkan smartphone murah lagi, melainkan smartphone kelas menengah yang terlihat pada kerja samanya dengan Xiaomi. Kini smartphone Xiaomi yang telah mengikuti proyek Android One ini terdiri dari Mi A1, Mi A2, dan Mi A2 Lite.

Tentunya banyak orang yang bertanya, sebenarnya lebih bagus smartphone Xiaomi yang menggunakan Android One atau MIUI. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan perbandingan kedua sistem operasi tersebut maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Android One vs MIUI

Tampilan Antarmuka

Tampilan antarmuka yang dihadirkan oleh smartphone Android One dengan Android murni benar-benar sederhana dengan transisi, desain, dan fitur yang biasa. Sementara MIUI memiliki tampilan antarmuka yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih interaktif dan nyaman dipandang mata. Namun itu tergantung selera kamu, apakah menyukai tampilan yang sederhana atau memiliki banyak modifikasi seperti MIUI.

Bloatware

Kita ketahui bersama bahwa smartphone dengan Android One, termasuk Mi A1, Mi A2, dan Mi A2 Lite, menggunakan sistem operasi Android murni yang bebas dari bloatware sehingga tidak memakan storage internal.

Sementara itu, MIUI sendiri memiliki banyak bloatware dari Xiaomi yang memang beberapa aplikasi cukup berguna untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Namun tidak dapat dipungkiri terdapat juga bloatware MIUI yang mengganggu. Namun itu semua tergantung selera kamu, apakah membutuhkan bloatware atau sama sekali tidak memerlukannya.

Update

Smartphone Android One yang dibekali oleh Android murni ini dijanjikan Google akan mendapatkan update tercepat dan terdepan hingga 2 tahun. Misalnya saja smartphone Android One yang hadir sekarang menggunakan Android Oreo maka secara otomatis pasti mendapatkan Android P dan Android Q dengan cepat dibandingkan vendor lainnya.

Sementara smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI akan mendapatkan update yang bisa dibilang memiliki jangka waktu cukup lama. Namun biasanya versi Android jarang berubah dan versi MIUI yang berubah.

Misalnya saja smarthpone Xiaomi yang hadir saat ini menggunakan MIUI 9 berbasiskan Android Nougat, maka akan mendapatkan MIUI 10, MIUI 11, MIUI 12, atau MIUI selanjutnya dengan sistem operasi yang disesuaikan, entah masih Nougat atau sudah menjadi Oreo. Namun waktu update yang diberikan tidak akan secepat Android One.

Performa

Smartphone dengan Android One memiliki tampilan antarmuka sederhana sehingga lebih irit RAM dan memiliki performa yang kencang. Sementara MIUI juga telah dimodifikasi sedemikian rupa agar memiliki performa yang cepat, namun lebih boros RAM.

Tinggalkan Komentar