Operator Seluler Tips dan Trik

Apakah Kartu SIM Lama 4G Telkomsel Bisa Untuk Mengakses Jaringan 5G?

Apakah Kartu Lama 4G Telkomsel Bisa 5G - Header

Gadgetren – Jaringan 5G sudah memulai era baru di Indonesia setelah Telkomsel memastikan diri sebagai operator pertama yang menggelarnya pada tanggal 27 Mei 2021 kemarin.

Para pelanggan Telkomsel di beberapa lokasi kini sudah bisa ikut mencicip teknologi jaringan mutakhir tersebut untuk membuktikan apakah benar-benar mengagumkan seperti yang diberitakan.

Telkomsel sendiri bahkan telah memperkenalkan sejumlah paket data khusus melalui payung bertajuk Hyper 5G yang bisa dipilih untuk mencoba pengalaman berselancar di dunia maya menggunakan jaringan tersebut.

Jika tertarik, para pelanggan bisa mengaktifkan salah satu paket itu melalui beberapa saluran pembelian produk milik Telkomsel dan menikmatinya menggunakan handphone yang kompatibel.

Yang jadi masalah, apakah para pelanggan bisa langsung menggunakannya? Apakah kartu SIM lama untuk jaringan 4G Telkomsel masih bisa dipakai untuk mengakses 5G atau mereka perlu membeli versi khusus?

Berdasarkan persyaratan pemakaian Hyper 5G yang diungkapkan oleh Telkomsel, jawabannya adalah bisa.

Apakah Kartu SIM Lama 4G Telkomsel Bisa Untuk Mengakses Jaringan 5G?

Jaringan 5G yang diperkenalkan oleh Telkomsel merupakan teknologi Non Stand Alone (NSA) dengan frekuensi operasi di band n40 (2.300MHz) dan kontrol di b1 (2.100MHz) atau b3 (1.800MHz).

Oleh karenanya, jaringan tersebut pun tidak membutuhkan SIM khusus asalkan kartu yang digunakan oleh pelanggan sudah mendukung pemakaian di frekuensi 1.800MHz, 2.100MHz, dan 2.300MHz.

Kartu USIM 4G Telkomsel untungnya sudah secara khusus mendukung ketiga frekuensi ini. Para pelanggan bahkan akan langsung memperoleh profil 5G jika handphone dan lokasi mendukung.

Namun sayangnya, masih ada sebagian kecil pelanggan Telkomsel yang belum menggunakan kartu USIM 4G. Mereka masih memakai versi lawas yang secara teori belum mendukung frekuensi untuk jaringan 5G.

Untuk mematikan apakah kartu yang digunakan sudah USIM 4G atau belum, para pelanggan untungnya bisa melakukannya dengan cukup mudah melalui langkah-langkah berikut.

Cara Mengecek Kartu Sudah USIM atau Belum

  1. Akses panel untuk membuat panggilan telepon (dialpad)
  2. Ketikan kode USSD *888*47#
  3. Tekan tombol Panggil
  4. Pilih menu Cek Kartu dengan memasukkan angka yang sesuai dan mengetuk tombol Kirim
    Apakah Kartu Lama 4G Telkomsel Bisa 5G - 1

Tidak membutuhkan waktu lama, informasi mengenai jenis kartu akan muncul. Jika kartu yang dipakai pengguna sudah USIM, nantinya menu akan menampilkan keterangan “Kartu Anda sudah 4G”.

Apakah Kartu Lama 4G Telkomsel Bisa 5G - 2

Jadi ketika keterangan menunjukkan hal yang berbeda, pengguna tentu perlu melakukan migrasi ke kartu USIM 4G Telkomsel di mana kini bisa ditempuh melalui metode daring maupun luring.

Cara Melakukan Migrasi ke Kartu USIM

Metode Luring

  1. Siapkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)
  2. Kunjungi kantor GraPARI atau MyGraPARI
  3. Ambil antrean untuk layanan pelanggan jika diperlukan
  4. Datangi petugas yang sesuai jika sudah dipanggil
  5. Utarakan ingin migrasi ke kartu USIM 4G Telkomsel
  6. Ikuti petunjuk yang disampaikan petugas

Jika tidak mau repot-repot datang ke kantor GraPARI atau MyGraPARI, pelanggan pun dapat menempuh jalur migrasi secara daring yang mana bisa dilakukan melalui beberapa saluran.

Metode Daring

  1. Siapkan KTP, KK, foto wajah, foto wajah memegang KTP, serta alamat email
  2. Buka halaman https://www.telkomsel.com/tukarkartu4g
  3. Cari dan pilih tombol Ganti Sekarang
    Apakah Kartu Lama 4G Telkomsel Bisa 5G - 3
  4. Isi formulir dengan data yang sesuai
  5. Klik Lanjutkan setiap akan menerus kebagian berikutnya
  6. Ikuti petunjuk yang muncul di layar

Selain melalui situs Telkomsel secara langsung, migrasi kartu 4G juga dapat dilakukan melalui saluran resmi perusahaan di beberapa ecommerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, maupun JD.ID.

Namun perlu diingat, migrasi kartu USIM 4G Telkomsel melalui saluran daring akan membuat para pelanggan tidak bisa menggunakan nomornya untuk sementara waktu selama proses sedang berlangsung.

Tinggalkan Komentar