Berita Operator Seluler

Hadirkan Paket Khusus, Jaringan 5G dari Telkomsel Resmi Sambangi Indonesia

Telkomsel-Hyper-5G

Gadgetren – Akhirnya Telkomsel bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) serta stakeholder terkait secara resmi telah membawa jaringan 5G ke Indonesia.

Dalam acara peluncurannya, Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel secara langsung membuka acara yang diselenggarakan langsung di The Telkom Hub Jakarta. Ia mengatakan bahwa hadirnya 5G merupakan hari bersejarah bagi Telkomsel dan Indonesia.

“Setelah melalui tujuh tahun persiapan dari mulainya jaringan 4G. Kini Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menyenggarakan komersialisasi 5G di Indonesia dan sekarang sudah bisa dinikmati di enam lokasi residensial di Jabodetabek,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Enam residensial mencakup tersebut mencakup Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai di Banten serta  Pondok Indah Kapuk, Kelapa gading, Pondok Indah, dan Widya Candra di DKI Jakarta. Sementara untuk area Hotspot antara lain GraPARI GTG Medan, GraPARI Batam Centre, GraPARI Terminal 3 Soekarno Hatta, GraPARI Solo, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Renon Denpasar, GraPARI Balikpapan, dan GraPARI Pettarani Makassar.

Telkomsel 5G juga sudah bisa diakses di area pendidikan seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat, Telkom University Jawa Barat, dan lokasi perkantoran Telkomsel Smart Office DKI Jakarta. Dalam kesempatan yang sama, Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) menuturkan bahwa 5G dari Telkomsel menandai satu langkah baru revolusi masa depan telekomunikasi Indonesia.

“Semua ingin 5G segera dihadirkan termasuk lembaga swasta, pemerintah daerah, hingga masyarakat umum. Namun juga penyelenggaraan 5G memiliki tantangannya sendiri yang tak biasa. Semoga ini bisa mengawali deployment 5G secara simultan ke depan,” terangnya.

OPPO-Reno5-SIM-Info-settings-5G

Menurut pihak Telkomsel, jaringan 5G akan dihadirkan melalui pembelian paket data seluler khusus mulai Rp 26.000 dan produk modem internet rumah dari Telkomsel bernama Orbit. Keduanya telah dirilis dan bisa dibeli mulai hari ini dengan nama Telkomsel Hyper 5G melalui aplikasi My Telkomsel atau situs resminya.

Untuk perangkat yang sudah mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan 5G Non-Stand Alone (NSA) pada frekuensi 2.300 MHz. Saat ini Telkomsel 5G telah bisa dinikmati untuk perangkat yang menggunakan Modem Orbit (Huawei 5G CPE Pro 2).

Telkomsel-Orbit-5G

Sementara itu, Telkomsel juga mengabarkan bahwa beberapa produsen handphone telah menjadi mitra penyedia perangkat untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi 5G Indonesia.

Adapun produsen handphone yang sudah memasok perangkat 5G ke Indonesia meliputi vivo, Huawei, iPhone dari Apple, Samsung, Mi.com, dan OPPO. Untuk dapat merasakan kecepatan 5G di lokasi yang sudah terkover, pengguna hanya perlu melakukan pembaruan perangkat handphone 5G dan pelanggan dengan kartu USIM tidak perlu melakukan pergantian.

Tinggalkan Komentar