Berita Wearable

WatchOS 8 Hadirkan Fitur Pendukung Kesehatan dan Konektivitas Lebih Lengkap

Apple-WatchOS-8-Pilates

Gadgetren – Melalui perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021, Apple telah mengabarkan bahwa jam tangan pintar besutannya akan segera mendapatkan pembaruan WatchOS 8.

Berdasarkan informasi yang diambil dari The Verge, kabarnya WatchOS 8 akan segera dipublikasikan  dalam bentuk beta kepada pengguna pada bulan Juli 2021 dan untuk finalnya bakal hadir bulan September 2021.

The Verge lewat artikel yang ditulis oleh Dan Seifert menyebutkan WatchOS 8 akan bisa digunakan pada Apple Watch Series 3 ke atas termasuk Watch Series 4, Watch Series 5, Watch SE, dan Watch Series 6. Sementara itu, kehadiran WatchOS 8 menurut Apple akan memberikan kemudahan pengguna yang diterapkan dalam sejumlah fitur-fitur baru.

Fitur tersebut meliputi dompet digital atau Apple Pay dan Wallet yang ditambah kegunaannya, konektivitas berupa desain baru pada Home App, Watch Face yang bisa diambil dari foto portrait pengguna, pesan dan kontak, serta dukungan lebih lengkap untuk menunjang kesehatan pengguna.

Wallet

Apple-WatchOS-8-Wallet-Key-Hotel

Wallet pada WatchOS 8 merupakan sensor NFC yang bisa dijadikan alat pembayaran non tunai. Namun kini Wallet tak hanya bisa untuk pembayaran digital saja. Apple mengatakan Wallet telah mendukung ultra wideband yang dapat dimanfaatkan pengguna sebagai kunci mobil jarak jauh tanpa pengguna harus duduk di jok kursi kemudi.

Pada kesempatan selanjutnya, Wallet untuk WatchOS 8 akan mampu membuka pintu rumah, kantor, dan hotel. Pengguna pun akan dapat memasukkan kartu tanda penduduk dan surat izin mengemudi ke dalam Wallet yang akan terekam secara digital.

Home App

Apple-WatchOS-8-Doorbell.

WatchOS 8 nantinya akan dapat terkoneksi dengan perangkat pintar yang ada di rumah seperti lampu, air conditioner, kamera keamanan, audio HomePod, dan masih banyak lagi. Pembaruan ini memungkinkan pengguna mengetahui kondisi yang ada di rumah hingga memantau tamu di depan pintu rumah.

Taichi dan Pilates

Apple-WatchOS-8-new-workout

Pada WatchOS 8, perangkat Apple Watch Series akan mendapatkan penambahan fitur jenis workout atau olahraga baru berupa senam Taichi dari Tiongkok dan olahraga akrobat Pilates. Kedua jenis olahraga ini akan didukung dengan teknologi algoritma untuk mendeteksi detak jantung dan gerakan.

Mindfulness

Pada WatchOS 8 nama aplikasi untuk meditasi sebelumnya ialah Breathe kemudian diganti oleh Apple menjadi Mindfulness. Apple juga memberikan fitur baru berupa Reflect yang mana untuk meningkatkan fokus pengguna selama satu menit. Fitur ini bekerja ketika pengguna tengah memikirkan hal tertentu dan membantunya untuk merefleksikan sejenak ditambah dengan animasi lebih menarik.

Sleep Goal

Apple-WatchOS-8-Sleep-Goal

Apple ingin membantu pengguna merancang tujuan kualitas tidur mereka dengan WatchOS 8 dimana perangkat Apple Watch Series akan memberitahukan lebih dulu kepada pengguna ketika jam tidurnya berantakan.

Hal tersebut terdeteksi melalui sensor akselerometer bawaan untuk mengukur laju pernapasan pengguna saat tidur dengan melihat waktu tidur, detak jantung, dan kadar oksigen dalam darah. Setelah itu WatchOS 8 akan mengingatkan rutinitas tidur pengguna sebelum mereka tidur.

Watch Face Portrait

Apple-WatchOS-8-Watch-Face-Portrait

Pada WatchOS 8 juga memperkenalkan cara baru agar pengguna dapat mengkreasikan watch face dengan foto portrait yang mereka suka baik itu foto dirinya sendiri maupun bersama dengan salah satu keluarga. Pengguna juga dapat mengatur koleksi dan membagikan foto lewat pesan ataupun email.

Messages dan Contacts

Apple-WatchOS-8-Messages-Emoji

WatchOS 8 akan bisa mengirim pesan dengan menambahkan variasi teks agar semakin ekspresif seperti emoji hingga beragam GIF yang bisa dilihat di kolom pencarian. Pengguna juga akan dapat memasukkan kontak baru, menghapus kontak lama, mengedit nomor kontak lama, dan berbagai kontak lewat pesan dan email.

Focus

Apple-WatchOS-8-Focus

Sama seperti iOS 15 dan iPadOS 15, WatchOS 8 juga menawarkan fitur personalisasi untuk penggunanya ketika sedang memerlukan konsentrasi penuh saat bekerja, belajar maupun berolahraga agar tidak terganggu oleh notifikasi dari luar. Namun fitur ini harus terkoneksi dulu dari perangkat iOS 15.

Tinggalkan Komentar