Smartphone

Menjajal OPPO Reno5 5G dan Find X2 Pro di Jaringan 5G, Ini Manfaatnya untuk Sehari-Hari

OPPO Reno5 5G - Sinyal 5G

Baru-baru ini tim Gadgetren berkesempatan untuk menjajal langsung jaringan 5G menggunakan handphone OPPO Reno5 5G dan OPPO Find X2 Pro. Kedua handphone ini sudah cocok dengan jaringan 5G yang ada di Indonesia.

Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan, ada beberapa manfaat 5G yang bisa langsung dirasakan untuk aktivitas sehari-hari seperti proses pencadangan data ke internet kini menjadi lebih cepat dan juga streaming konten video 4K di YouTube dengan minim buffering.

Pencadangan Data Lebih Cepat

Zaman sekarang sudah menjadi hal yang sangat umum untuk mencadangkan data ke internet baik itu sebagai koleksi pribadi atau untuk dibagikan ke orang lain. Berkat itu data yang kita cadangkan bisa diakses dari mana saja dengan aman dan mudah.

Namun semakin besar data yang kita cadangkan maka semakin lama juga proses pencadangannya. Dengan jaringan 5G masalah ini bisa diminimalisir berkat kecepatan pengunggahan datanya yang lebih cepat daripada jaringan 4G.



Dari pengetesan yang tim Gadgetren lakukan untuk mencadangkan data film ke Google Drive, memang terlihat ada perbedaan yang cukup besar antara handphone yang menggunakan jaringan 5G dan yang masih menggunakan jaringan 4G.

Ini akan makin terasa manfaatnya di situasi seperti misal sehabis foto-foto dengan teman-teman dan fotonya ingin diunggah ke Google Photos lalu langsung dibagikan. Tidak perlu menunggu lama dan semuanya dapat langsung mengakses foto yang dicadangkan tersebut.

Unduh Game Tidak Perlu Tunggu Lama

Seperti halnya proses mengunggah data, proses mengunduh data pun dapat menjadi lebih cepat menggunakan jaringan 5G. Mengunduh data berukuran besar dari Google Drive ke handphone dapat dilakukan dengan lebih singkat dibandingkan menggunakan 4G.



Begitu juga ketika digunakan untuk mengunduh game. Kita tahu sendiri saat ini ukuran data game sudah semakin besar, bahkan semakin banyak game yang bergiga gigabyte besarnya. Ketika ingin bermain bareng dengan teman-teman tapi ternyata game-nya butuh update atau belum diinstal, akan lebih cepat dengan 5G sehingga tidak sebal akibat menunggu kelamaan.

Streaming Video 4K Minim Buffering



Sekarang ini handphone di kelas flagship seperti OPPO Find X2 Pro sudah mendukung tampilan layar dengan resolusi tinggi 1440 x 3168 piksel. Dengan resolusi setinggi itu, akan lebih asyik rasanya jika digunakan untuk menonton video dengan resolusi 4K.

Masalahnya adalah jika menggunakan jaringan 4G untuk menonton video 4K seperti di YouTube kemungkinan besar akan terjadi buffering yang lama ketika streaming sehingga pengalaman menonton video akan menjadi terganggu.

Dengan jaringan 5G, streaming video 4K di YouTube terasa cukup lancar. Berganti-ganti posisi video pun dapat dilakukan dengan minim buffering.

Perlu dicatat jaringan 5G saat ini masih dalam tahap awal implementasinya di Indonesia. Nantinya ketika jaringan 5G semakin merata dan semakin canggih implementasinya, kecepatan jaringan 5G akan menjadi lebih cepat lagi dan dapat memberikan manfaat yang lebih luas.

Tinggalkan Komentar