Berita Perangkat Pintar

Ini Harga Set Top Box Agar Bisa Menikmati Siaran Digital di TV Jadul

Siaran-TV-Antena-Rumah-dan-Analog-Bakal-Dimatikan-Bertahap

Gadgetren – Penghentian siaran analog secara total nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2021.

Dengan begitu pengguna TV dengan antena rumah atau analog tidak akan bisa menerima siaran TV yang tersedia di Indonesia jika tidak memasang set top box DVBT2.

Untuk mendapatkan set top box, pengguna harus perlu merogoh kocek yang terbilang lumayan mahal. Alat bantu penerima siaran set top box DVBT2 dapat dibeli di toko elektronik terdekatĀ  maupun sejumlah e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi.

Sementara itu informasi mengenai set top box maupun perangkat TV digital yang sudah tersertifikasi oleh Kemkominfo dengan pembaruan data pada tanggal 15 April 2021 dapat dilihat oleh pengguna melalui situs resminya.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren di beberapa e-commerce, harga set top box DVBT2 dengan toko yang sudah mendapatkan kepercayaan sebagai pedagang berpredikat baik dibanderol di kisaran harga antara Rp 180.000 sampai dengan Rp 350.000.

Mengenai kemampuan dan spesifikasinya, pengguna perlu melihat lebih teliti pada kolom deskripsi atau pun menanyakan kepada penjual lebih jauh karena masing-masing set top box DVBT2 memiliki performa yang berbeda.

Daftar Set Top Box DVBT2 dan Harganya

Goldsat Revo Megatech

Perangkat penerima televisi digital ini mendukung WiFi dan menggunakan prosesor Mstar. Fitur pendukung lainnya tersedia mulai dari YouTube, Media Player, dan kanal siaran televisi luar negeri yang membutuhkan Internet Protocol. Harganya dibanderol Rp 198.000.

VISAT U1 NEW 2021

Selain didukung WiFi, ViSAT U1 NEW 2021 menawarkan fitur SuperCast yang bisa menampilkan konten TV di layar handphone pengguna melalui aplikasi khusus. Pengguna juga bisa menikmati tontonan YouTube, TV streaming luar negeri, serta dapat merekam siaran TV di flashdrive atau harddisk portable.

Sementara resolusi video decoder menjangkau siaran digital hingga Full HD atau 1080p pada 30fps. Set top box ini berkapasitas hingga 1.000 kanal TV dan program radio. Dibanderol Rp 220.000, set top box ini dilengkapi fitur subtitle atau penerjemah bahasa.

Android-TV-Box-Header

MX9

MX9 hadir dengan video decoding beresolusi HD 1080p pada 30fps dan mendukung koneksi internet. Set top box ini menawarkan pengguna akses aplikasi video on demand favorit seperti Netflix, YouTube, dan masih banyak lagi melalui Google Play Store. Harganya dibanderol Rp 220.000.

Kaonsat 899

Kaonsat 899 mengusung resolusi HD dan harus menggunakan antena UHF di luar rumah agar dapat menerima siaran TV digital secara optimal. Perangkat ini mampu terkoneksi dengan internet dan dapat mengunduh aplikasi video streaming maupun video on demand. Set top box ini bisa merekam siaran TV dan menjadi media player untuk film, foto, maupun musik. Harganya dipatok Rp 260.000.

RINREI

Harga penerima siaran digital merek Rinrei dilepas Rp 220.000 dimana mengusung resolusi video hingga Full HD 1080p pada 30fps. Selain menampilkan siaran digital, perangkat ini mampu menyetel beragam format multimedia seperti MP3, MP4, JPEG, MOV, AVI, dan MKV.

realme Smart TV Android OS

Matrix GARUDA Parabola

Produk ini menggunakan antena UHF luar rumah agar dapat secara maksimal menangkap siaran digital. Harganya dibanderol Rp 189.000. Dengan harga tersebut, pengguna akan merasakan siaran digital berkualitas gambar H.264 dan resolusi video Full HD.

Skybox A1 Combo

Sama seperti perangkat sebelumnya, Skybox A1 Combo menyediakan gambar format H265 dengan video beresolusi HD. Perangkat ini dihargai Rp 350.000 yang dibekali dengan AVS+, DVBS2 untukĀ  menangkap siaran TV luar negeri, dan DVBT2 untuk menjangkau siaran TV digital.

Tinggalkan Komentar