Aplikasi Berita

Baru Mulai Bisnis? Yuk Ikutan Kelas Online Gratis Bersama TikTok X Pemerintah

Kelas-Online-UKM-Maju-Bareng-TikTok-Feature

Gadgetren – Melalui TikTok for Business, platform video singkat TikTok dikabarkan akan menyelenggarakan program pendidikan gratis bagi pelaku bisnis lokal yang bertajuk #MajuBarengTikTok.

Program ini didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) serta sejumlah mitra terkait. Pandu Truhandito selaku Head of SMB, TikTok Indonesia menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan dan membina 50.000 UKM di Indonesia.

“Saat ini sudah ada 30.000 UKM yang teredukasi selama 10 bulan terakhir. Program ini atas dasar tren challenge di Tiktok #BanggaBuatanIndonesia. Harapannya UKM bisa mengembangkan bisnis dan keahlian mereka melalui rangkaian aktivitas edukasi virtual,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Bagi UKM yang sedang memulai bisnis kecil-kecilan bisa mengikuti program #MajuBarengTikTok dengan cara mengakses situs resmi majubarengtiktok.com. Di sana UKM bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi biodata pribadi, nomor kontak, nama akun TikTok bisnis, nama brand, dan jenis usaha.

10-Kelas-Online-Gratis-untuk-Para-UKM-Indonesia

Para calon peserta UKM akan menerima serangkaian pelatihan di kelas online yang meliputi empat tema besar antara lain Kelas Digital Marketing, Kelas Konten Kreatif, Kelas TikTok Business Account, dan Kelas TikTok Ads.

Setelah mengikuti serangkaian kelas online, UKM akan memiliki kesempatan mendapatkan sertifikat digital dan peserta yang terpilih berkesempatan menerima bantuan berupa credit adsense atau kredit iklan TikTokĀ sehingga bisa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung ke bisnis masing-masing.

Selain sertifikat digital dan kredit iklan, UKM akan belajar langsung dari para ahli digital marketing maupun kreator konten untuk memperoleh tips dan trik membangun bisnis dan brand secara online. Terdapat juga panduan eksklusif dari tim TikTok untuk menggunakan keterampilan terbaru guna mengembangkan bisnis bersama TikTok.

 

Jadwal Kelas Online UKM Maju Bareng TikTok

Lebih jauh, Pandu mengungkapkan bahwa besaran nominal kredit iklan belum dapat diinformasikan secara detail karena tim TikTok akan melihat kasus per kasus UKM mana yang pantas mendapatkan kredit iklan beserta nominalnya.

Namun begitu, pihaknya ingin membantu UKM yang ingin mengembangkan usaha digitalnya sebanyak-banyaknya sehingga kredit iklan yang disalurkan bisa tepat sasaran dan bermanfaat untuk UKM yang membutuhkan.

Sebagai program utama dari TikTok for Business, hashtag #MajuBarengTiktok dikatakan Pandu menjadi program pilot TikTok. Setelah program ini berakhir para UKM, pemerintah, dan mitra terkaitĀ  akan mengevaluasi dan meninjau bagian mana saja yang perlu pihaknya kembangkan ke depannya.

Tinggalkan Komentar