Aplikasi Tips dan Trik

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka? Ini Alasan dan Solusinya!

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka Header

Gadgetren – File manager atau pengelola berkas menjadi salah satu aplikasi yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa jadinya jika fitur di dalamnya tidak dibuka oleh para pengguna?

Berbagai macam perangkat mulai dari handphone hingga komputer biasanya hadir dengan dukungan aplikasi file manager bawaan yang dapat memudahkan para pengguna untuk membuka, memindahkan lokasi penyimpanan, hingga menghapus berkas di dalamnya.

Dengan memakai aplikasi tersebut, pengguna pun dapat mengakses semua jenis berkas yang tersimpan di dalam perangkat seperti lagu, video, gambar, dokumen, data aplikasi, hingga file sistem lainnya.

Sebagaimana aplikasi umum buatan manusia, file manager sayangnya juga dapat mengalami beberapa permasalahan. Pada sejumlah perangkat, bahkan tidak dapat terbuka saat akan dipakai.

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi hal itu. Namun secara khusus untuk permasalahan file manager yang tidak bisa dibuka, berikut sejumlah alasan yang mungkin menjadi penyebabnya.

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka?

Bug Aplikasi atau Layanan Pendukung

Agar dapat terus berfungsi dengan baik, para pengembang senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan aplikasi mereka melalui pembaruan yang didistribusikan lewat layanan terkait.

Hanya saja sangat disayangkan pembaruan-pembaruan penting kadang-kadang justru dapat menjadi penyebab sejumlah permasalahan termasuk membuat aplikasi tidak dapat berjalan atau dibuka.

File Manager termasuk di antaranya. Pada sejumlah kasus, aplikasi ini pun dapat menjadi eror gara-gara pembaruan untuknya atau layanan pendukung tambahan seperti WebView (basis kerja beberapa hal di Android).

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka Update

Solusinya, para pengguna perlu menunggu pembaruan selanjutnya. Namun jika tidak sabar, pengguna dapat kembali menurunkan versinya atau mencoba beberapa aplikasi lain yang serupa dengan catatan terjadi karena bug file manager itu sendiri.

Sementara saat permasalahan terjadi karena bug dari layanan atau aplikasi lain, pengguna pun dapat mematikan fitur yang berkaitan selain menunggu pembaruan atau kembali menggunakan versi lebih lawas.

Misalnya pada kasus File manager di sejumlah handphone realme yang terjadi akibat permasalahan layanan iklan, para pengguna dapat mematikan fiturnya melalui Settings > Additional Settings > Get Recommendations.

Kerusakan Data

Kerusakan berkas data penting yang berkaitan dengan aplikasi itu sendiri juga dapat menyebabkan sejumlah permasalahan sehingga para pengguna tidak dapat membukanya.

Agar dapat berjalan, File manager tentu juga memerlukan beberapa jenis data. Jika salah satu di antaranya rusak, maka aplikasi pengelola berkas tersebut tidak akan dapat berfungsi secara normal atau bahkan tidak bisa dibuka.

Untuk menyelesaikan masalah ini, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Salah satu di antaranya, pengguna dapat membersihkan data aplikasi terlebih dulu melalui pengaturan perangkat.

Jika belum menyelesaikannya, pengguna dapat menghapus pembaruan aplikasi (Uninstall) kemudian memasangnya ulang. Dengan begitu, data di dalamnya akan diunduh kembali.

Kesalahan Sistem Operasi

Sistem operasi secara mendasar berjalan untuk menjembatani antara aplikasi dengan peranti keras yang digunakan oleh perangkat termasuk di dalamnya memori penyimpanan (baik itu internal maupun eksternal).

Jika terjadi kesalahan seperti kerusakan data atau hilangnya berkas sistem dalam perangkat, maka aplikasi terkait tentu tidak dapat bekerja secara normal atau bahkan cenderung eror.

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka Reset

Kabar baiknya, para pengguna dapat menunggu perbaikan melalui pembaruan sistem jika itu terjadi karena bug. Namun jika akibat kesalahan pengguna atau aplikasi, maka reset pabrik atau install ulang dapat menjadi solusi selanjutnya.

Kehabisan Sumber Daya

Kehabisan ruang penyimpanan atau memori di RAM juga dapat menyebabkan berbagai macam aplikasi tidak dapat dibuka. Kedua sumber daya ini memang sangat penting dalam proses pengolahan data.

Kenapa File Manager Tidak Bisa Dibuka Ganti RAM

Solusi yang bisa ditempuh saat hal ini terjadi adalah dengan membersihkan ruang penyimpanan atau RAM. Pengguna dapat melakukannya dengan menghapus aplikasi, dokumen, foto, video, atau berkas lain yang sudah tidak terpakai.

Kalau perangkat mempunyai opsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan atau RAM seperti komputer, maka ada baiknya mencoba hal tersebut apalagi kamu mempunyai dana cukup untuk itu.

Tinggalkan Komentar