ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Pengguna Aplikasi Android di Indonesia Keluhkan Force Close Sendiri, Apa Solusinya?

Xiaomi

Gadgetren – Beberapa pengguna handphone Android di luar negeri melalui Twitter mengeluhkan aplikasi berhenti mendadak. Salah satu akun Twitter yang menyebarkan kabar ini adalah @craigrouse.

Secara umum ia mengungkapkan bahwa secara tiba-tiba banyak aplikasi Android mulai berhenti termasuk e-commerce Amazon dan aplikasi Gmail. “Ternyata pelakunya adalah meng-update Android System WebView di Google Play. Cari di Play Store dan tekan uninstall dan itu memperbaiki masalah,” tulis @craigrouse (via XDA).

Hal ini ternyata dirasakan pula oleh pengguna aplikasi Android di Indonesia. Kepala Redaksi dari Tim Gadgetren yang tengah asyik menggunakan aplikasi Shopee untuk bermain game juga mengalami pengalaman yang sama seperti @craigrouse.

Bila @craigrouse mengalaminya di waktu setempat pada malam hari di tanggal 22 Maret 2021, maka Kepala Redaksi dari Tim Gadgetren mulai tanggal 23 Maret 2021 waktu Indonesia Bagian Barat. Kemudian langkah yang sama seperti @craigrouse pun diikuti untuk memecahkan solusi masalah bug di aplikasi Android System WebView yang menyebabkan berbagai macam aplikasi Android menjadi tertutup sendiri. “Setelah update Webview langsung lancar,” ujarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Google pun kabarnya telah mengonfirmasi kepada The Verge untuk segera memperbaikinya. “Kami menyadari masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android berhenti untuk beberapa pengguna,” terang Google.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren melalui perkembangan pembaruan terbaru yang diposting di Dasbor Status Ruang Kerja Google, Google telah mengatasi masalah aplikasi Gmail. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas kesabaran dan dukungan anda. Yakinlah bahwa keandalan sistem adalah prioritas utama di Google dan kami terus melakukan perbaikan untuk menjadikan sistem kami lebih baik,” tulis Google.

Namun begitu, Google juga mengarahkan untuk pengguna dapat melakukan update Android System WebView dan Google Chrome melalui Google Play secepatnya agar masalah pengguna dapat terselesaikan.

Nah bagi kamu yang mengalami hal yang sama saat membuka aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri atau force close maka dapat mengikuti langkah yang direkomendasikan Google atau bisa menginstall ulang aplikasi yang kerap tertutup sendiri.

Tindakan install ulang menjadi cara yang paling mudah dan biasanya beberapa aplikasi bisa berjalan kembali normal dengan lancar. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan penghapusan cache atau data aplikasi yang kerap mengalami tertutup sendiri.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar