ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Jadwal Baru, Jajaran Handphone Nokia Ini Bakal Kebagian Android 11

Nokia 42 Feature

Gadgetren – HMD Global dikabarkan telah mengumumkan jadwal pembaruan sistem operasi Android 11 versi baru untuk sejumlah seri handphone Nokia.

Sebelumnya pembaruan sistem operasi Android 11 telah diumumkan oleh pihak HMD Global pada bulan Oktober 2020 silam, kini HMD Global menayangkan jadwal update Android 11 yang telah diperbarui.

Pengumuman ini sendiri disebarkan secara resmi sejak tanggal 7 Mei 2021. Namun, ada beberapa perangkat Nokia yang sudah dijadwalkan kebagian Android 11 pada kuartal pertama 2021, yakni Nokia 8.3 5G dan Nokia 3.2.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren, jadwal terbaru ini menampilkan perubahan tanggal untuk beberapa perangkat Nokia seperti Nokia 6.2 yang sebelumnya akan kebagian Android 11 di kuartal kedua 2021 menjadi kuartal tiga 2021 bersama dengan Nokia 7.2.

Sementara Nokia 9 Pureview yang sebelumnya telah dijadwalkan pada pertengahan antara kuartal kedua dan kuartal ketiga 2021, berubah menjadi di kuartal ketiga 2021. Melalui akun @nokianesia, pengguna Nokia di Indonesia turut bisa mengetahui kapan semua perangkat Nokia yang telah masuk ke Indonesia bakal menerima update Android 11.

Pada pertengahan kuartal pertama dan kuartal kedua 2021, terdapat dua handphone Nokia yang sudah beredar di Indonesia yang akan mendapatkan Android 11 meliputi Nokia 4.2 dan Nokia 2.2. Kemudian Nokia 2.3 dan Nokia 8.1 yang diluncurkan di Eropa juga kebagian Android 11 di waktu yang sama.

Roadmap-Android-11-Nokia-Terbaru

Lebih jauh, Nokia 5.3 dan Nokia 5.4 yang juga sudah hadir di Indonesia dijadwalkan mendapat Android 11 pada kuartal kedua tahun 2021. Tak ketinggalan lima perangkat lainnya yang akan turut diberikan antara lain Nokia 3.4, Nokia 1 Plus, Nokia 1.3, Nokia 1.4, dan Nokia 2.4.

Pihak HMD Global menjelaskan bahwa selama proses pemberian Android 11 berjalan, tidak semua perangkat Nokia yang disebutkan di roadmap akan menerima update secara otomatis dan tergantung ketersediaannya di negara pengguna masing-masing.

Meskipun sebagian besar perangkat Nokia akan mendapatkan pembaruan pada kuartal kedua 2021, pihak HMD Global mengatakan masih ada sembilan perangkat Nokia lagi yang akan kebagian Android 11. Dengan begitu, kemungkinan besarnya akan ada jadwal baru lagi di masa yang akan datang dari pihak HMD Global.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar