Berita Smartphone

Smartphone Android Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 Resmi Hadir di Indonesia

Nokia Android Header

Setelah HMD Global mengumumkan bahwa smartphone Android Nokia buatannya telah lolos TKDN sebesar 30,52% di Indonesia, kini vendor tersebut melalui Nokia secara resmi meluncurkan Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 di Jakarta, Indonesia.

Kali ini saya berkesempatan untuk menyaksikan kembalinya smartphone brand legendaris Nokia di era baru ini yang menggunakan sistem operasi Android. Spesifikasi hardware yang ditawarkan oleh Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 bisa dibilang cukup menarik.

Nokia Android All

Nokia 6

Dari semua smartphone Android Nokia yang hadir di Indonesia, Nokia 6 memiliki spesifikasi hardware yang paling tinggi. Hal ini terlihat dengan penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Untuk layarnya memiliki lebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel) dan berteknologi IPS LCD. Untuk meminimalisir terjadinya goresan, Nokia telah menyematkan Corning Gorilla Glass 3 di atas layar Nokia 6.

Kamera belakangnya memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0, PDAF, dan dual-tone LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 dan autofocus.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, sensor fingeprint pada tombol fisik home di bagian depan, baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan fast charging, Dolby Atmos, Bluetooth, WiFi, dan Android 7.1.1 Nougat yang dapat ditingkatkan menjadi Android 8.0 Oreo telah hadir di dalam Nokia 6.

Nokia 5

Nokia 5 ini memiliki bagian depan yang hampir mirip dengan Nokia 6, namun ukuran layarnya hanya 5,2 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel), berteknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Dari sektor hardware, smartphone ini telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 3 GB, dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 128 GB.

Untuk kamera utamanya memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.0, PDAF, dan dual-tone LED Flash. Sedangkan kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 yang sudah dapat mengakomodasi foto selfie maupun wefie.

Tak hanya itu, Nokia 5 juga mempunyai sensor fingerprint pada bagian tombol fisik home, Bluetooth, WiFi, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, baterai berkapasitas 3.000 mAh, dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dapat ditingkatkan menjadi Android 8.0 Oreo.

Nokia 3

Bisa dibilang Nokia 3 merupakan smartphone dengan spesifikasi hardware yang paling rendah dibandingkan kedua produk Android Nokia di atas. Perangkat ini telah dibekali dengan layar 5 inci beresolusi HD (1.280 x 720 piksel), berteknologi IPS LCD, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass.

Dari sisi kamera, Nokia 3 telah dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0, autofocous, dan LED Flash yang sudah dapat menghasilkan foto dengan baik. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 dan autofocus yang sudah dapat mengabadikan foto selfie atau wefie dengan baik.

Dapur pacunya dipercayakan pada prosesor MediaTek MT6737. Untuk mengimbangi kemampuan proseosrnya, Nokia telah menyematkan RAM 2 GB dan storage internal berkapasitas 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB.

Selain itu, baterai berkapasitas 2.630 mAh, dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE, Bluetooth, WiFi, dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dapat ditingkatkan Android 8.0 Oreo telah hadir di dalamnya.

Kini HMD Global secara resmi akan bersaing dengan perusahaan smartphone lainnya di Indonesia. Sayangnya HMD Global baru mengumumkan mengenai Nokia 3 yang akan dijual mulai awal Oktober 2017 dengan harga Rp 1.899.000. Sementara Nokia 5 dan Nokia 6 akan tersedia di akhir Oktober 2017, namun harganya belum diumumkan secara resmi. Kira-kira Gadgeter tertarik dengan smartphone Android Nokia yang mana?

Leave a Comment