Berita

Nokia 5 (2018) dengan Spesifikasi Lebih Tinggi Siap Diluncurkan HMD Global

Nokia 5 Header dibakar[Sumber : Gizmochina]

Bisa dibilang HMD Global merupakan salah satu perusahaan yang mampu mengembalikan nama ponsel Nokia di dunia.

Hal ini terlihat dengan larisnya penjualan smartphone Android Nokia, mulai dari Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7, hingga Nokia8. Menariknya setelah meluncurkan Nokia 6.1 dan Nokia 7 Plus, HMD Global akan meluncurkan Nokia 5 versi tahun 2018.

Sementara itu, salah satu pengguna Twitter telah bertanya pada Juho Sarvikas selaku CFO HMD Global apakah Nokia 5 tahun 2018 akan hadir. Menariknya Sarvikas mengatakan bahwa ditunggu saja yang mengindikasi bahwa smartphone ini memang sedang dibuat oleh HMD Global.

Tentu saja apabila smartphone ini diluncurkan akan memiliki spesifikasi hardware dan fitur menarik, namun memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Nokia 6.1 maupun Nokia 7 Plus yang telah mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Meskipun Nokia 5 (2018) sedang dikembangkan, namun spesifikasi hardware yang dimilikinya sama sekali belum terungkap. Untuk itu, kita dapat melakukan kilas balik dulu terhadap spesifikasi hardware dari Nokia 5 yang hadir di tahun 2017 silam.

Nokia 5 generasi pertama ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core berkecepatan 1,4 GHz. Dalam mengimbangi kemampuan chipset tersebut, Nokia pun menyematkan RAM dengan pilihan 2 GB atau 3 GB dan storage internal 16 GB yang dapat ditambahkan microSD.

Kemungkinan besar konfigurasi RAM dan storage internal yang dimiliki oleh Nokia 5 (2018) akan tetap sama dengan generasi sebelumnya, namun akan terjadi peningkatan chipset menjadi Snapdragon 450 Octa-core 1,8 GHz yang terkenal hemat dalam mengonsumsi daya baterai dan memiliki performa yang bertenaga.

Sementara Nokia 5 tahun 2017 memiliki kamera utama yang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik. Sedangkan kamera depannya mmeiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.0 yang cukup lumayan dalam menghasilkan foto selfie atau wefie.

Baterai berkapasitas 3000 mAh, WiFi, Bluetooth, dan update sistem operasi Android 8.0 Oreo juga telah hadir pada smartphone Nokia 5 yang mempunyai harga mencapai 180 Euro atau sekitar Rp 3 juta.

Mengingat spesifikasi hardware yang akan mengalami peningkatan spesifikasi hardware dan fitur seperti Nokia 6.1 maka kemungkinannya Nokia 5 (2018) ini akan dijual pada kelas menengah dengan harga yang mencapai 200 Euro atau sekitar Rp 3,34 juta.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment