Mading Smartphone

Multitasking Sepuasnya, Ini Handphone dengan Kapasitas RAM Tertinggi di Indonesia

Handphone RAM 16GB

Gadgetren – Sejalan dengan meningkatnya resolusi kamera atau kecepatan pengisian ulang, sektor lain pada handphone pintar ikut mengalami peningkatan. Salah satunya yang paling kentara adalah jumlah RAM.

Tak disangka, RAM 4GB hingga 8GB kini sudah lumrah dimiliki oleh jajaran perangkat menengah. Sementara pada HP kelas kakap, RAM 12GB telah menjadi semacam norma atau fitur yang wajib dipunya.

Terlepas dari perdebatan soal perlu tidaknya sebuah handphone dibekali RAM setinggi itu, tapi faktanya belakangan ini para perusahaan seolah berlomba dalam meluncurkan handphone dengan RAM 12GB. Lagipula RAM 12GB sepertinya dipandang perlu untuk menjustifikasi harga handphone premium yang rata-rata nilainya selangit.

Sisi positifnya, memiliki handphone dengan RAM 12GB berarti kamu telah memiliki sebuah perangkat yang bisa menjalankan rentetan aplikasi di latar belakang tanpa khawatir memberatkan kinerja prosesornya. RAM setinggi ini secara tidak langsung juga membuat perangkat tersebut menjadi lebih “future-proof” alias relevan digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

Dengan rentang harga serta dilepas oleh label brand yang variatif pula, berikut adalah HP 12GB yang sangat perlu untuk kamu pertimbangkan. Semua handphone ini dijual resmi di Indonesia.

Deretan Handphone dengan RAM Tertinggi di 2021

ModelHarga
OPPO Find X2 ProRp 17.999.000
realme X50 Pro 5GRp 11.999.000
Xiaomi Black Shark 3Rp 11.999.000
ASUS ROG Phone 3Rp 14.999.000
vivo X60 ProRp 9.999.000
Samsung Galaxy S21 UltraRp 18.999.000 (ROM 128GB)
Rp 19.999.000 (ROM 256GB)

OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro

OPPO memang telah memperkenalkan OPPO Find X3 Pro yang juga dilengkapi RAM 12GB. Namun, peluncurannya baru dituntaskan di tingkat global. Sementara untuk Indonesia, masih belum diketahui kapan handphone ini akan meluncur meski halaman produknya sudah dipamerkan di website resmi OPPO.

Alhasil, kami pun memilih pendahulunya yang bernama Find X2 Pro. RAM 12GB dalam handphone ini tentunya sudah berstandar LPDDR5 dengan ruang penyimpanan 512GB bertipe UFS 3.0 yang sangat lega juga kencang saat install game atau buka aplikasi.

Salah satu varian warnanya merupakan kulit vegan bercorak jingga yang tak akan bosan untuk pandang. Keunggulan lain yang perlu disorot dari handphone ini adalah kepemilikan layar Ultra Vision Screen dengan spesifikasi AMOLED Quad HD+ yang menampilkan warna satu miliar serta mendukung sertifikat HDR10+ dan refresh rate 120Hz.

realme X50 Pro 5G

realme X50 Pro 5G

Perangkat flagship dengan konektivitas 5G pertama dari realme ini juga patut mendapat apresiasi. Ia melanjutkan tren yang diinisiasi oleh realme X2 Pro dengan membawa RAM 12GB LPDDR5 yang menawarkan kecepatan 2x lebih kencang dari RAM LPDDR4. Penyimpanan internalnya pun sudah beralih ke UFS 3.0 dengan kapasitas 256GB yang sayangnya tidak dibarengi dengan slot untuk microSD eksternal.

Walau desain bodinya tidak ada yang terlalu spesial, tapi dalam tubuh handphone ini tersemat Snapdragon 865 yang masih sangat bagus untuk penggunaan di tahun 2021. Terselip di antara sela-sela komponennya adalah sistem pendingin Vapor Cooling supaya perangkat tidak mudah panas. Layarnya berukuran 6,44 inci dengan panel AMOLED Full HD+, fitur refresh rate 90Hz, dan sampling-rate 180Hz.

Xiaomi Black Shark 3

Xiaomi Black Shark 3

Sedianya Black Shark 3 hanya didagangkan dalam varian 8GB saat diluncurkan pertama kali. Namun, belakangan diketahui bahwa Black Shark turut memboyong varian unit 12GB. Tipe RAM pada unit terbaru ini mengandalkan teknologi LPDDR5 yang jelas lebih kencang dibandingkan LPDDR4 pada versi 8GB. Kapasitas penyimpanan juga meningkat dari sebelumnya hanya 128GB kini menjadi 256GB.

Selain RAM dan penyimpanan internal, poin spesifikasi lainnya terbilang sama saja. Pengguna akan kembali dimanjakan oleh Snapdragon 865 yang performanya akan konsisten di puncak berkat didampingi sistem pendingin berbasis cairan model “sandwich.” Perangkat ini memiliki baterai 4.720 mAh yang bisa kamu manfaatkan untuk push rank beberapa pertandingan game serta pengisian kilat dengan output 65 watt.

ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3

Sebetulnya ROG Phone 3 tersedia pula dalam varian RAM 16GB. Tapi untuk pasar Indonesia, ASUS hanya memboyong versi RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB. ROG Phone 3 merupakan perangkat monster bermotor Snapdragon 865 Plus yang siap melahap semua game maupun aplikasi yang tersedia di Google Play Store dengan lancar dan stabil.

Tidak lupa, ASUS memasangkan sistem pendingin vapor chamber yang kinerjanya dalam menurunkan suhu yang ditimbulkan chipset akan makin optimal ketika kamu mengombinasikannya dengan AeroActive Cooler 3. Layarnya belum sampai ke resolusi QHD+, tapi refresh rate perangkat ini menyentuh 144Hz.

ROG Phone 3 pun menjadi handphone gaming dengan dukungan aksesoris paling lengkap. Selain AeroActive Cooler 3, kamu juga bis membeli ROG Kunai 3, TwinView Dock 3, hingga ROG Clip untuk disematkan pada handphone ini.

vivo X60 Pro

vivo X60 Pro

Produk kelas atas dari vivo ini menyita publik dengan menyuguhkan sistem tiga kamera yang meliputi sensor wide 48MP, sensor telefoto 13MP, dan sensor ultra wide 13MP yang merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan optik terkemuka, Zeiss Optics.

Khusus sensor primer 48MP, bukaan lensanya mencapai f/1.5 serta dipadukan dengan teknologi penstabil gambar mumpuni dari kombinasi OIS dan Gimbal Stabilization 2.0 yang menjamin pengambilan gambar dan video yang tajam serta anti buram.

Handphone dengan RAM 12GB berjenis LPDDR4X ini disokong oleh Snapdragon 870 yang merupakan versi lebih baik dari Snapdragon 865 dengan kecepatannya yang mencapai 3,2GHz. Layarnya masih berformat FHD+, tapi refresh rate handphone ini mencapai 120Hz yang akan berdampak pada asyiknya bermain game atau mengolah kreativitas fotografinya.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra

Untuk saat ini, predikat handphone RAM 12GB paling lengkap dan mumpuni barangkali masih dipegang kukuh oleh Galaxy S21 Ultra. Jagoan Samsung ini dimeriahkan oleh segudang fitur yang diimpikan oleh semua pengguna gadget masa kini.

Sebut saja layar Dynamic AMOLED 2X yang kecemerlangan maupun ketajamannya sudah sangat teruji. Layarnya seluas 6,8 inci dengan resolusi QHD+ dilengkapi refresh rate 120Hz yang adaptive alias akan menyetel otomatis dengan aktivitas yang kamu lakukan. Chipset yang dipakai merupakn Exynos 2100 (5 nm) yang kali ini performanya tidak jauh berbeda dengan sang seteru, Snapdragon 888.

Tersusun rapi pada modul kameranya yang elegan merupakan empat kamera yang terdiri atas sensor primer 108MP, sensor telefoto ganda 10MP, dan sensor ultra wide 12MP. Samsung Galaxy S21 Ultra tersedia dalam dua varian RAM, yakni 12GB dan 16GB.

Tinggalkan Komentar