Review Smartphone

Review ASUS ROG Phone 3 – Perangkat Gaming Mobile Sejati Yang Sebenarnya

Review ASU ROG Phone 3 Hero Header

Gadgetren – ASUS yang terkenal akan produk gaming kembali menyerang pasar handphone Indonesia melalui ROG Phone 3.

Menjanjikan evolusi tingkat selanjutnya dari ROG Phone 2 yang rilis tahun lalu, apa saja kejutan yang dibawa oleh ROG Phone 3?

Jika dilihat secara sekilas, ROG Phone 3 membawa desain yang tidak jauh berbeda dengan ROG Phone 2. Namun ada beberapa perubahan di sana-sini yang membuatnya tetap terlihat berbeda.

ASUS ROG Phone 3
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
9.2/10

Kesimpulan

Membawa spesifikasi jagoan untuk bermain game, ROG Phone 3 berhasil membawa penyempurnaan dari generasi sebelumnya ke tingkat yang lebih tinggi lagi dengan memberikan penyempurnaan di semua sisi.

Pros

  • Layar menawan dengan 144Hz
  • Performa luar biasa untuk gaming
  • Baterai tahan lama
  • Dukungan fitur dan aksesoris gaming
  • Fotografi sudah mencukupi

Cons

  • Bodi besar dan sedikit berat
  • Terasa cukup panas saat gaming lama

Pada bagian belakangnya masih tampak bagian dari sistem pendingin Aerodynamic yang kini berada di bawah lapisan kaca sehingga seluruh permukaan bagian belakang lebih rata. Logo mata RGB yang menjadi ciri khas pun masih hadir dengan lampu RGB serta tulisan Republic of Gamers di sampingnya.

ROG Phone 3 Bagian Belakang

Uniknya sekarang ada sentuhan warna pelangi di sekitarnya yang memberi cita rasa tambahan tersendiri. Sementara pada modul kamera kini tersemat tiga lensa berjejer di dalam rumah berbentuk oval dengan satu sudut yang terpotong, hilang sudah bentuk jajar genjang pada generasi sebelumnya.

Sisanya, desain dari ROG Phone 3 masih terbilang sama dengan USB-C di bagian bawah, satu tambahan USB-C serta port tambahan untuk aksesoris di samping kiri, AirTrigger 3 di sisi kanan, serta Dual Speaker yang tidak lagi memiliki corak garis orange.

Port aksesoris dan USB-C telah ASUS ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak akan menggangu posisi tangan ketika sedang bermain game sambil mengisi daya atau menggunakan aksesoris. Begitu pula dengan posisi speaker yang menembak langsung ke depan tidak akan teredam akibat terhalang oleh tangan.

ROG Phone 3 Port Samping

Layar ROG Phone 3 tergolong besar dengan bentang mencapai 6,59 inci. Desainnya memang tidak semodern kebanyakan handphone masa kini yang menawarkan layar penuh dengan notch di atas. Namun saya pribadi lebih memilih desain ini jika memungkinkan karena pandangan tidak terganggu oleh poni yang memotong konten, khusus saat bermain game.

Hanya saja ini menyebabkan bodinya menjadi cukup besar. Belum lagi bobotnya yang juga tergolong lebih berat dibandingkan kebanyakan handphone masa kini. Namun itu semua dapat dimaklumi mengingat spesifikasi yang dibawanya tergolong monster.

ROG Phone 3 Layar

Beberapa perubahan kecil tersebut membuat ROG Phone 3 tampil lebih mainstream, namun tidak melupakan jejak gaming yang menjadi ciri khasnya. Di satu sisi perubahan ini terasa baik karena ROG Phone 3 akan lebih dapat digunakan oleh berbagai kalangan, namun di sisi lain cita rasa gaming jadi sedikit berkurang.

Namun itu semua tentu jatuh ke selera setiap pengguna karena ada gamer yang suka RGB dan ada gamer yang lebih suka desain kalem. Yang pasti, ROG Phone 3 akan menjamin pengalaman bermain game yang didapatkan merupakan yang terbaik.

ROG Phone 3 Tombol Volume Power

Hal tersebut dikarenakan pada dapur pacunya tersemat chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus berkecepatan mencapai 3.1 GHz. Chipset tersebut pun ditemani RAM LPDDR5 8GB dan penyimpanan UFS 3.1 berkapasitas 128GB untuk memenuhi kebutuhan segala jenis aplikasi masa kini.

Kinerja menjadi salah satu faktor jagoan utama dari lini ROG sehingga tidak mengherankan jika ASUS tidak menahan diri sama sekali dan kembali menghadirkan spesifikasi kelas atas untuk memberikan kinerja semaksimal mungkin.

ASUS ROG Phone 3 Skor Benchmark

Pastinya kamu penasaran dengan berapa skor benchmark yang didapat oleh ROG Phone 3 bukan? Nah ketika diuji menggunakan AnTuTu, handphone gaming yang satu ini berhasil meraih skor 632.157 poin, mengalahkan 97% user lainnya dan menduduki posisi puncak dari seluruh handphone yang pernah tim Gadgetren uji.

Sementara pada bagian CPU mendapatkan skor 982 poin untuk Single Core dan 3.068 poin untuk Multi Core ketika diuji menggunakan Geekbench 5. Pada tes Sling Shot di 3DMark untuk pengujian GPU, skor yang diraih mencapai 9.758 poin.

Tentunya dengan kinerja seperti itu, kemampuan ROG Phone 3 dalam menjalankan game sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Apapun jenis gamenya, mulai dari kasual hingga MMO berat, dapat dilibas dengan sangat mudah pada pengaturan grafis tinggi sekalipun.

Pada Free Fire contohnya dapat berjalan sangat mulus pada pengaturan grafis Ultra, FPS High dan resolusi tinggi. Begitu juga pada Mobile Legends yang dapat dimainkan secara lancar pada dengan seluruh pengaturan grafis aktif.

ASUS ROG Phone 3 Free Fire

Ditambah lagi FPS yang dihasilkan juga terbilang sangat stabil tanpa adanya penurunan secara tiba-tiba. Bagi yang pernah merasakan bagaimana mulusnya game berjalan di ROG Phone 3, dijamin handphone lain akan jadi terasa kurang memuaskan.

Selain punya performa sangat bertenaga, ROG Phone 3 pun dilengkapi layar yang akan sangat memanjakan mata. Menggunakan panel AMOLED yang punya akurasi warna dengan Delta E<1, layarnya juga mendukung refresh rate 144Hz dan touch sampling rate 270Hz.

Kombinasi ini tidak hanya membuat ROG Phone 3 nyaman untuk digunakan menonton video karena punya warna yang sangat menawan, tetapi juga mampu memberikan pengalaman lebih saat digunakan bermain game karena terasa sangat responsif sekali.

ROG Phone 3 Gaming

Tentunya ini merupakan suatu hal yang sangat penting ketika bermain game seperti Mortal Kombat yang kompetitif agar dapat memanfaatkan kemampuan layarnya secara maksimal dan merasakan pengalaman bermain game senyaman mungkin.

Kehadiran AirTrigger 3 yang telah ditingkatkan sebagai input tambahan juga membuat bermain game jadi lebih asik. Fitur yang sudah menjadi andalan sejak ROG generasi pertama ini bekerja dengan baik dan selalu responsif.

Bahkan ASUS juga menghadirkan beberapa gesture tambahan seperti swipe hingga slide agar lebih fleksibel dalam memberikan perintah. Bagi yang gemar bermain FPS, fitur AirTrigger 3 akan mengubah cara bermain kamu.

ROG Phone 3 Armoury Crate

Tak ketinggalan juga ada aplikasi Armoury Crate sebagai pusat kendali dimana informasi mengenai ROG Phone 3 mulai dari kecepatan CPU dan GPU, suhu, hingga memori yang tersedia bisa dilihat dalam satu tampilan. Tentunya juga ada kumpulan game yang sudah terpasang maupun rekomendasi yang mendukung fitur-fitur ROG Phone 3.

Pada Armoury Crate, terdapat fitur X Mode yang dapat diaktifkan maupun diatur sesuai keinginan untuk memberikan performa lebih ketika bermain game. Bahkan X Mode dapat diatur untuk aktif secara otomatis atau tidak untuk setiap aplikasi yang tersedia.

Untuk bisa menjalankan spesifikasi beserta fitur tersebut selama seharian, ASUS memberkali ROG Phone 3 dengan baterai berkapasitas 6.000mAh yang mendukung pengisian cepat 30W HyperCharge.

Seperti biasa, saya pun menguji ketahanan baterianya menggunakan PCMark for Android dengan kondisi baterai 100% dan tingkat kecerahan 50%. Hanya saja kali ini pengujiannya dilakukan dua kali dalam pengaturan berbeda, pertama tanpa X Mode dengan refresh rate 60Hz dan kedua X Mode aktif dengan refresh rate 144Hz.

Pada pengujian pertama yang menggunakan daya lebih sedikit, ROG Phone 3 mampu mendapatkan skor mencapai 13 jam 14 menit. Sementara pada pengujian kedua, ROG Phone 3 berhasil mendapatkan skor 9 jam 56 menit, angka yang terbilang luar biasa mengingat sistem selalu memberikan kinerja maksimal secara terus menerus.

ASUS ROG Phone 3 Tes Baterai Baru

Sementara ketika digunakan bermain Free Fire selama 1,5 jam, baterai hanya terkuras sebesar 15% saja sehingga secara teori dapat digunakan hingga lebih dari 9 jam tanpa henti.

Sementara saat digunakan dalam keseharian dengan intesitas bermain game tinggi, saya masih mendapatkan baterai ROG Phone 3 tersisa sekitar 33% di pagi hari selanjutnya dengan screen-on-time mencapai 5 jam 15 menit.

Untuk pengisian baterainya sendiri, ROG Phone 3 hanya membutuhkan waktu 2 jam 8 menit saja untuk mengisi daya dari 11% hingga kembali penuh. Tergolong cepat untuk sebuah handphone dengan baterai berkapasitas sebesar ini

ROG Phone 3 Kamera

Dengan membawa spesifikasi unggulan baik di dalam maupun luarnya, lalu bagaimana dengan kemampuan fotografinya yang kini rasanya sudah menjadi fitur wajib untuk sebuah handphone?

ROG Phone 3 mengandalkan tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 64MP Sony IMX686, lensa Ultra Wide-angle 13MP, dan lensa makro 5MP. Sementara pada bagian depan terdapat kamera dengan lensa beresolusi 24MP.

ROG Phone 3 Kamera Belakang Bunga

ROG Phone 3 Kamera Belakang Kucing

ROG Phone 3 Kamera Belakang Mobil

ROG Phone 3 Kamera Belakang Masjid

ROG Phone 3 Kamera Belakang Malam Rumah

Satu hal yang perlu diakui dari kamera ROG Phone 3 ini adalah kemampuannya dalam menangkap detail obyek dengan sangat baik dan tajam. Ketika dilakukan perbesaran sekalipun, detail tidak terlalu terlihat buram.

Hanya saja terkadang foto memiliki eksposur yang terlalu tinggi atau dynamic range yang kurang luas sehingga ada beberapa detail khususnya di bagian putih yang menyatu dengan bagian lain. Semoga saja ASUS memperbaiki ini dalam update software di masa mendatang.

Untuk warnanya sendiri terlihat natural, namun sedikit condong ke spektrum hangat, khususnya ketika mengambil foto dari jarak lebih dekat. Namun kerennya, foto malam hari melalui fitur Night Mode kini terlihat lebih sempurna dengan detail yang lebih tajam, cerah, dan minim noise.

ROG Phone 3 Kamera Belakang Makro

ROG Phone 3 Kamera Belakang Balai AutoAuto

ROG Phone 3 Kamera Belakang Balai WideUltra Wide-angle

Untuk foto dari lensa Ultra Wide-Angle memiliki kualitas yang hampir setara dengan lensa utama sehingga dapat digunakan tanpa khawatir hasilnya akan berbeda.

Punya lensa makro tambahan, sayangnya segmen yang satu ini kurang menambah kepuasan dalam fotografi. Walaupun hasil dari lensa makro terbilang lumayan, namun rasanya akan lebih bermanfaat jika ASUS menyematkan lesan telephoto atau kedalaman di kelas harganya.

ROG Phone 3 Kamera Depan AutoAuto

ROG Phone 3 Kamera Depan PortraitPortrait

Walaupun hanya membawa satu lensa saja, ROG Phone 3 berhasil memberikan foto selfie yang tajam dan mengabadikan setiap detail dari wajah dengan cukup baik. Efek bokeh yang diberikan pun terbilang oke punya.

Secara keseluruhan, ROG Phone 3 mampu mengambil foto dengan detail yang jelas dan sangat layak untuk digunakan mengabadikan momen penting. Lompatan kualitas yang diberikan dari generasi sebelumnya, terutama pada bagian detail, patut untuk diacungi jempol.

Walaupun ROG Phone 3 utamanya menayasar segmen gaming, namun tentu hadirnya kemampuan fotografi yang mumpuni harus disambut dengan baik. Semoga saja melihat peningkatan yang ada dari setiap generasi, fotografi di ROG Phone selanjutnya akan semakin menyenangkan.

ROG Kunai 3 Gamepad

Kembali berbicara soal gaming, ROG Phone 3 sama seperti generasi sebelumnya juga mendukung berbagai aksesoris tambahan yang meliputi ROG Kunai 3 Gamepad, ROG TwinView Dock 3, dan ROG AeroActive Cooling 3 yang menjadikannya handphone gaming paling unik.

Dengan segala kemampuan dan fitur yang dibawanya, ROG Phone 3 tanpa diragukan lagi merupakan handphone wajib yang dimiliki oleh kamu para gamer serius yang tidak ingin kompromi dalam hal performa, fitur, maupun fleksibilitas. Pantas untuk menyandang nama Republic of Gamers.

Tinggalkan Komentar