Tips dan Trik

Cara Mengetahui Apakah iPhone Baru, Rekondisi, Atau Refurbish

Cara Mengetahui Apakah iPhone Baru, Rekondisi, Atau Refurbish Header

Gadgetren – Selain cek iPhone refurbish, kamu juga harus tahu apakah perangkat tersebut tergolong Factory Unlock atau Software Unlock. Pada halaman tips & trik sebelumnya, Gadgetren telah memberikan metode bagaimana cara untuk mengetahui jenis iPhone kamu.

Nah buat kamu yang memang sedang bingung dan penasaran bagaimana cara cek iPhone refurbish atau rekondisi dari Apple, berikut beberapa metode yang bisa kamu lakukan sendiri.

Lihat Status dan Masa Garansi

iPhone Garansi

Hal yang harus selalu kamu lakukan setelah membeli iPhone baik itu langsung di distributor resmi atau toko lain adalah melakukan cek garansi. Dibandingkan merek smartphone lainnya, setiap iPhone akan terdaftar di situ Apple dan bisa kamu cek sendiri dengan sangat mudah.

Untuk bisa mengetahui kondisi iPhone baru atau tidak, kunjungi halaman garansi resmi Apple di sini. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan nomor seri iPhone tersebut yang tertera pada boks atau di Settings > General > About. Selanjutnya kamu dapat melihat apakah iPhone tersebut sudah pernah di aktifkan maupun tanggal masa garansi berakhir.

Tentu saja jika iPhone kamu masih baru atau refurbish resmi dari Apple maka akan tertera tulisan belum diaktifkan atau tanggal pertama kali kamu mengaktfikannya. Sebaliknya jika kamu membeli iPhone bekas atau rekondisi toko maka akan tertera iPhone sudah diaktifkan dan masa garansi terkadang sudah habis.

Cek Badan & Aksesoris Apakah Masih Bagus

Cara ini sebenarnya hanya untuk mengetahui secara sekilas saja karena memang tidak dapat dijadikan acuan secara pasti. Namun, pastinya tetap berguna untuk mengetahui dan memastikan apakah iPhone kamu refurbish sehingga kamu bisa lebih sedikit yakin saat ingin membeli.

iPhone baru dan refurbish resmi dari Apple tidak akan ada cacat yang terlihat secara kasat mata. Walaupun begitu jika kamu mendapatkan keanehan terhadap iPhone tersebut, kamu bisa langsung menukarnya dengan yang baru selama bukan kesalahan sendiri. Sedangkan iPhone rekondisi toko dan bekas sebagian besar memiliki cacat pada bagian badan baik itu penyok atau lainnya.

Lihat Huruf Depan di Nomor Model

iPhone Model

Cara selanjutnya adalah dengan melihat nomor model iPhone yang tertera di boks atau melalui Settings > General > About. Di nomor model paling awal kamu akan menemukan abjad yang menandakan kondisi iPhone tersebut. Berikut kumpulan kode abjad dan artinya yang perlu kamu ketahui menurut Wiki.

  • “F”: Unit refurbish resmi
  • “M”: Unit penjualan ritel
  • “N”: Unit pengganti atau replacement
  • “P”: Unit khusus yang sudah dimodifikasi untuk personal

M merupakan iPhone yang dijual oleh toko-toko ritel secara resmi sehingga semua iPhone baru seharusnya punya kode M di depannya. Untuk kode P biasanya merupakan iPhone khusus yang telah diukir nama sang pembeli.

Selanjutnya kode F merupakan unit refurbish resmi bisa dari ritel Apple langsung atau dari operator penjual seperti AT&T dan Verizon. Biasanya kode F ini juga akan ditandai dengan tulisan Apple Certified pada box penjualan (bisa lihat gambar di bawah). Kode terakhir, N, muncul pada iPhone pengganti dikarenakan klaim garansi.

Melalui nomor model tersebut kamu bisa mengetahui apakah iPhone tersebut baru atau sudah di-refurbish secara resmi. Sayangnya cara ini tidak bisa mengetahui apakah iPhone kamu bekas atau rekondisi toko secara pasti karena akan ada kemungkinan tetap memiliki depan M.

Sesuaikan Nomor Seri iPhone Dengan Yang dibox

iPhone SN

Salah satu hal yang harus selalu dicek setelah membeli iPhone atau smartphone lainnya merupakan penyesuaian nomor seri. Jika perangkat kamu memang benar – benar bukan rekondisi toko maka nomor seri yang tertera di boks dan iPhone akan sama. Sebaliknya, iPhone rekondisi sebagian besar menggunakan boks replika atau boks dari iPhone lain.

Cek Kemasan Boks

iPhone Refub

Buat kamu yang ingin membeli iPhone refurbish resmi yang dikeluarkan langsung oleh Apple, ada beberapa ciri yang memang sengaja dibedakan. Boks iPhone refurbish resmi akan berwarna putih dengan tulisan “Apple Certified Pre-Owned” yang bisa ditemukan pada bagian luar boks.

Selain metode di atas sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang bisa kamu cek, namun seharusnya dengan melakukan setiap metode di atas sudah bisa untuk menyimpulkan apakah iPhone tersebut baru rekondisi, atau refurbish.

Pastinya jika kamu ingin yang terbaik, selalu beli iPhone dari distributor resmi atau kalau ingin yang sedikit lebih murah sebaiknya membeli iPhone bekas dari pengguna langsung dibandingkan dari toko. Penjual biasanya akan mendeskripsikan bagaimana kondisi iPhone secara jelas.

*Update 16/7/2018: Penjabaran informasi mengenai kode model iPhone.

Leave a Comment

5 Comments

  • ini artikel uda salah kaprahhh
    tolong di perbaikiiiii
    gara2 ini, iphone ane yg berkode F dikira refrubish by konter abal2 jadi susah jualnya bangkeeee
    padahal yg bener itu kode F garansi resmi apple
    kode N itu iphone hasil replacement unit yg abis klaim ganti baru, nah iphone barunya itu berkode N

    tolong di edit lagi artikelnya biar gk merugikan banyak org, salah satunya ane sbg org yg pnya iphone berkode F yg harusnya aman karena refrubish by apple bukan abal eh jdi susah jual gara2 yg mw beli googling dlu nyasar kesini terus dikira iphone ane refrubish konter abal2

    • Terima kasih atas informasinya, mohon maaf jika penyampaian informasi kurang tepat.
      Artikel sudah diupdate dan diberikan penjelasan tambahan

      Untuk kode F diberikan pada iPhone refurbish baik lewat ritel Apple atau lainnya. Biasanya kalau di luar negeri itu melalui operator seluler seperti AT&T yang sudah mendapat sertifikasi Apple jadi bukan refurbish abal-abal.
      Sedangkan untuk iPhone perbaikan toko tidak bisa diketahui karena bisa kode apa saja.
      N memang replacement unit, kesalahan penulisan dari kami