Smartphone

realme 8 Series – Harga, Varian, Spesifikasi, dan Tanggal Rilis di Indonesia

realme 8 Series - Harga, Varian, Spesifikasi, dan Tanggal Rilis

Gadgetren – Serial handphone yang bakal menjadi andalan realme selanjutnya, realme 8 Series, resmi meluncur di Indonesia dengan membawa beberapa tipe dan varian yang dibanderol berbeda-beda.

realme Indonesia bahkan berhasil memecahkan catatan baru MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk hasil cetak foto dari kamera handphone berukuran terbesar melalui kelahiran serial tersebut.

Serial realme 8 memang cukup menarik di sektor kamera. Sejumlah tipe handphone yang meluncur di dalamnya menawarkan dukungan fotografi cukup baik sampai-sampai mampu memecahkan rekor MURI di atas.

Untuk pasar Indonesia sendiri, realme 8 meluncur dalam tipe reguler dan Pro. Yang mana secara khusus, masing-masing mempunyai varian warna dan konfigurasi RAM dan memori internal yang cukup berlainan.

Buat kamu yang masih penasaran dengan serial handphone baru tersebut, yuk kita bahas secara tuntas pada artikel kali ini mulai dari kapan waktu peluncuran hingga bagaimana spesifikasinya di Indonesia.

Tanggal Rilis realme 8 Series

realme 8 Series memperkenalkan diri pertama kali di India pada tanggal 25 Maret 2021 kemarin. Namun tak membutuhkan waktu lama, realme setelah itu memboyong serial tersebut ke Indonesia.

Merujuk keterangan resmi realme Indonesia, serial handphone baru tersebut meluncur pada tanggal 7 April 2021 melalui sebuah acara siaran langsung yang digelar secara daring pukul 14.00 WIB di saluran YouTube resminya.

realme 8 Series - Rilis

Dengan mengusung tema 108 MP Capture Infinity, acara ini memperkenalkan kedua tipe realme 8 lengkap dengan informasi mengenai spesifikasi, varian, serta harga dari masing-masing perangkat.

Varian dan Harga realme 8 Series

Seri realme 8 salah satunya meluncur dengan pilihan warna yang cukup berlainan. Versi regulernya mengusung bodi gilap bernama Cyber Black dan Cyber Silver sementara yang Pro memperkenalkan opsi Infinite Black, Infinite Blue, dan Illuminating Yellow.

Berbekal memori penyimpanan internal berkapasitas sama, realme 8 pun hadir secara lebih lengkap dengan pilihan RAM 4GB, 6GB, hingga 8GB karena tipe Pro hanya menyediakan varian 6GB dan 8GB.

Namun untuk versi Indonesia, realme 8 bisa kamu dapatkan dengan menyiapkan dana sekitar Rp 3.599.000 untuk RAM 8GB, dan penyimpanan 128GB. Sementara untuk versi Pro, kamu perlu mengeluarkan Rp 4.499.000 untuk RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Spesifikasi realme 8 Series

Aspekrealme 8realme 8 Pro
LayarSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2400 x 1080 piksel) 60HzSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2400 x 1080 piksel) 60Hz
SoCMediaTek Helio G95Qualcomm Snapdragon 720G
RAMLPDDR4X 8GBLPDDR4X 8GB
Memori InternalUFS 2.1 128GBUFS 2.1 128GB
Kamera Utama64MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP + monokrom 2MP108MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP + monokrom 2MP
Kamera Depan16MP16MP
FiturIn-Display Fingerprint, Akselerometer, Giroskop, NFC, USB Type-C, Bluetooth 5.1, Wi-FiIn-Display Fingerprint, Akselerometer, Giroskop, NFC, USB Type-C, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Mikrofon ganda
Baterai5.000mAh, 30W Dart Charge4.500mAh, 50W SuperDart Charge
OSrealme UI 2.0 (Android 11)realme UI 2.0 (Android 11)

Meskipun mengusung bentuk dan dimensi yang hampir sama, realme 8 reguler dan Pro menawarkan cukup banyak perbedaan yang pastinya akan berpengaruh pada pengalaman pemakaian.

Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada bagian kamera, SoC, dan baterai yang secara teknis menjadi fondasi dasar bagaimana sebuah handphone dapat memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna.

realme 8 Series - Spesifikasi realme 8

realme 8 Pro yang dibanderol dengan harga lebih mahal dalam kasus ini menawarkan spesifikasi teknis yang lebih tinggi ketimbang versi regulernya pada beberapa dukungan di atas.

Selain sudah menggunakan teknologi pengisian 50W yang bakal bekerja lebih cepat ketimbang 30W pada realme 8 biasa, versi Pro juga menawarkan kamera beresolusi hingga 108MP berkat sensor Samsung HM2.

Dukungan kamera inilah yang dielu-elukan realme bakal memberikan hasil foto dengan detail tetap terjaga meskipun dicetak pada bidang berukuran jumbo sebagaimana rekor yang berhasil dipecahkan.

realme 8 Series - Spesifikasi realme 8 Pro

Perbedaan SoC yang mempersenjatai masing-masing tipe juga bakal memberikan pengalaman yang cukup berlainan saat dipakai untuk bermain game atau menjalankan berbagai macam aplikasi berat lainnya.

Snapdrgon 720G dan Helio G95 memang sama-sama kuat, namun masing-masing mempunyai keunggulan sendiri-sendiri yang patut dipertimbangkan oleh calon pembeli jika preferensi kamera dan dukungan baterai bukan menjadi faktor pilihan utama.

Tinggalkan Komentar