ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

AMD Resmi Perkenalkan Lini Prosesor Server EPYC 7003 Series dengan Arsitektur Zen 3

AMD-EPYC-7003-Series-Feature

Gadgetren – AMD secara resmi telah mengumumkan prosesor server terbarunya bernama EPYC 7003 Series yang mencakup 11 SKU di dalamnya termasuk EPYC 7763 dengan kecepatan frekuensi paling ngebut mencapai 2,45GHz.

Forrest Norrod selaku Senior Vice President and General Manager, Data Center and Embedded Solutions Business Group mengungkapkan bahwa prosesor ini telah memperluas kepemimpinan data center AMD dan membantu pelanggan memecahkan tantangan Teknologi Informasi paling kompleks saat ini sekaligus mengembangkan ekosistem AMD secara substansial.

“Kami tidak hanya menggandakan performa dalam persaingan di HPC, cloud, dan beban kerja enterprise dengan CPU server terbaru kami, tetapi bersama dengan AMD Instinct GPU, kami memecahkan halangan exascale dalam supercomputer dan membantu mengatasi masalah yang sebelumnya berada di luar jangkauan manusia,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Lini prosesor AMD EPYC 7003 hadir dengan core hingga 64 berasitektur Zen 3 dengan dukungan level baru memori cache per-core serta konektivitas PCIe 4 dan memori bandwidth di kelasnya.

Prosesor AMD EPYC generasi ketiga ini menyertakan fitur keamanan modern melalui AMD Infinity Guard dan fitur baru yang disebut Secure Encrypted Virtualization-Secure Nested Paging (SEV-SNP).

AMD-EPYC-7003-Series-HPC

SEV-SNP sendiri telah memperluas fitur SEV yang ada pada prosesor EPYC berupa perlindungan integritas memori untuk membantu mencegah serangan berbahaya berbasis hypervisor dengan menciptakan lingkungan eksekusi terisolasi.

Menurut pihak AMD, lini AMD EPYC 7003 memungkinkan waktu yang lebih cepat dengan lebih banyak I/O, throughput memori, dan arsitektur Zen 3 yang diklaim memberikan performa hingga dua kali lipat untuk beban kerja HPC dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

AMD-EPYC-7003-Series-Mendukung-Berbagai-Kebutuhan

Sementara bagi penyedia cloud yang membutuhkan compute density dan kemampuan keamanan, lini AMD EPYC 7003 menawarkan core density tertinggi, fitur keamanan tingkat lanjut, dan performa integer hingga dua kali lipat dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Selanjutnya untuk perusahaan, lini AMD EPYC 7003 akan membantu meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai serta performa yang mampu meningkatkan pemrosesan database transaksional hingga 19%, meningkatkan pengurutan analitik big data Hadoop hingga 60% dengan harga atau performa 61% lebih baik daripada kompetitor lainnya, dan menawarkan performa andal untuk Hyperconverged Infrastructure yang fleksibel.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar