ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

AMD Buka Tahun 2021 dengan Perkenalkan Prosesor Ryzen 5000 Series Untuk Laptop

AMD-Ryzen-5000-Series-Header.

Gadgetren – Dalam perhelatan CES 2021, AMD mengumumkan lini prosesor untuk segmen mobile dan desktop terbarunya yang bernama Ryzen 5000 Series.

Prosesor mobile AMD Ryzen 5000 Series pun akan mulai tersedia pada bulan Februari 2021 secara global melalui vendor ASUS, HP, dan Lenovo.

Saeid Moshkelani selaku Senior Vice President and General Manager, Client Business Unit, AMD mengatakan bahwa prosesor desktop dan mobile AMD Ryzen 5000 Series baru menghadirkan inovasi terbaik yang ditawarkan AMD kepada konsumen dan profesional.

“Bersama mitra PC, kami memberikan performa berkualitas tinggi dan solusi tanpa kompromi bersamaan dengan pertumbuhan kami yang memecahkan rekor untuk notebook dan desktop di tahun sebelumnya,” ujarnya.

Mengawali tahun 2021, AMD memberikan prosesor terbarunya dengan performa yang semakin kencang berkat arsitektur Zen 3 dan teknologi fabrikasi 7nm. Untuk perangkat laptop, Ryzen 5000 Series terbagi menjadi H-Series dan U-Series yang menyasar segmen berbeda mulai dari gamer, kreator konten, dan kalangan profesional.

Pada H-Series, AMD telah memperkenalkan delapan SKU dimana yang tertinggi adalah Ryzen 9 5980HX dengan 8 core dan 16 thread, sedangkan yang terendah merupakan Ryzen 5600HS dengan 6 core dan 12 thread.

Untuk model Ryzen 9 5980HX digadang mampu meningkatkan performa single-threaded hingga 23% dan performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. AMD pun merancang HX-Series untuk para gamer dan kreator yang menginginkan performa kencang, sementara HS-Series untuk laptop dengan ketebalan lebih tipis dan bobot ringan.

AMD-Ryzen-5000-HX-Series

Tak lupa U-Series juga dihadirkan untuk laptop tipis dan ringan dengan model tertinggi Ryzen 7 5800U yang mengusung 8 core dan 16 thread. Model ini diklaim AMD menawarkan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Selain itu, AMD juga mengumumkan prosesor segmen desktop yang terdiri dari Ryzen 9 5900X dan Ryzen 7 5800X. Kedua SKU ini dikabarkan telah memenangkan berbagai penghargaan dan kini hadir dengan TDP yang lebih rendah untuk sistem OEM pre-built.

AMD-Ryzen-9-5900X.

Segmen prosesor desktop ini didukung pula oleh arsitektur Zen 3 dimana Ryzen 9 5900X mampu menampilkan game 1080p yang rata-rata digadang 24% lebih cepat di game tertentu dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Lebih jauh, AMD pun turut membawa prosesor Ryzen Threadripper PRO sebagai prosesor yang menyediakan serangkaian fitur untuk pelanggan workstation dengan 64 core, 8 saluran memori, dukungan RDIMM dan LRDIMM, 128 jalur PCIe Gen 4, dan dukungan teknologi keamanan AMD PRO.

Ryzen Threadripper PRO sendiri bakal tersedia bulan Maret 2021 melalui retail global, e-tailer, dan integrator sistem yang berpartisipasi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar