Tips dan Trik

Meski Tak Bawa Perubahan Signifikan, iOS dan iPadOS 14.4.1 Usung Perbaikan Penting

Perubahan iOS 14.4.1 - Header

Gadgetren – Apple baru saja menggelontorkan pembaruan iOS dan iPadOS versi 14.4.1 untuk sejumlah perangkat seluler buatannya meskipun tidak membawa fitur baru atau perubahan secara signifikan.

Bagi perusahaan teknologi asal Amerika ini, keamanan para pengguna adalah hal yang sangat penting. Oleh karenanya, tidak ada sedikit pun celah berbahaya yang bakal mampu mengancam dalam kurun waktu cukup lama.

Ketika terdapat sebuah permasalahan keamanan, Apple bakal langsung menyelidiki dan meluncurkan solusi melalui sebuah pembaruan tanpa mengungkapkan, mendiskusikan, maupun mengonfirmasinya terlebih dulu kepada para pengguna.

Hal ini berlaku untuk semua jenis produk yang Apple kembangkan tanpa terkecuali, baik itu berupa perangkat keras, piranti lunak, layanan, maupun server web. Pengguna umumnya bakal segera mendapatkan pembaruan saat celah keamanan muncul.

Pembaruan iOS dan iPadOS 14.4.1 yang baru saja meluncur termasuk salah satu di antaranya. Secara lebih rinci, berikut beberapa celah keamanan yang ditambal oleh Apple melalui versi terbaru dari kedua sistem operasi perangkat seluler tersebut..

Pembaruan iOS dan iPadOS 14.4.1

Sesuai dengan keterangan resmi Apple di halaman dukungan, pembaruan yang meluncur mulai tanggal 8 Maret 2021 kemarin secara khusus membawa perbaikan untuk menambal celah keamanan di mesin peramban (WebKit).

Dengan pembaruan tersebut, Apple berusaha meningkatkan validasi dalam manajemen memori perangkat yang sebelumnya dapat dieksploitasi oleh situs berbahaya untuk mengeksekusi kode sesukanya.

Celah keamanan terkait dengan mesin peramban ini secara langsung merujuk pada kerentanan dalam dokumen CVE-ID bernomor CVE-2021-1844 yang ditemukan oleh Clément Lecigne dari Grup Analisis Ancaman Google dan Alison Huffman dari Riset Kerentanan Peramban Microsoft.

Pembaruan iOS dan iPadOS 14.4.1 sayangnya tidak tersedia untuk semua perangkat iPhone, iPad, maupun iPod Touch. Hanya iPhone 6s, iPad Air 2, iPad mini 4, iPod Touch generasi ke-7, atau lebih baru yang bisa mencicipinya.

Jika termasuk salah satu pengguna yang berkesempatan untuk mendapatkan dukungan versi terbaru dari iOS maupun iPadOS ini, ada baiknya kamu segera memasang pembaruan agar lebih aman saat menggunakan perangkat.

Untuk melakukannya, terdapat tiga metode yang bisa kamu pilih di mana meliputi pembaruan OTA (Over The Air), melalui komputer, atau mengaktifkan update otomatis. Berikut ulasan mengenai caranya secara lebih rinci.

Cara Memasang Pembaruan iOS dan iPadOS 14.4.1

Pembaruan OTA

  1. Hubungkan perangkat ke adaptor pengisi daya
  2. Sambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi untuk mengantisipasi ukuran berkas pembaruan yang sangat besar
  3. Buka Settings lalu masuk ke bagian General
  4. Ketuk opsi Software Update
    Perubahan iOS 14.4.1 - 1
  5. Tekan tombol Download and Install
  6. Pilih Continue jika muncul permohonan untuk menghapus aplikasi sementara waktu saat pembaruan membutuhkan ruang lebih luas
  7. Klik Install untuk segera memasang pembaruan
  8. Masukkan passcode perangkat jika diperlukan

Berbagai macam perangkat buatan Apple umumnya akan memberikan notifikasi saat pembaruan sistem tersedia. Pengguna pun hanya perlu mengetuk tombol Install Now dalam pesan yang muncul jika ingin mengunduhnya.

Namun apabila belum muncul, kamu dapat mengikuti beberapa langkah di atas. Sementara saat membutuhkan ruang kosong lebih besar, kamu perlu memindahkan data lebih dulu atau dapat secara langsung memperbarui iOS maupun iPadOS lewat komputer.

Lewat Komputer

  1. Pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet
  2. Buka Finder atau iTunes sesuai dengan jenis komputer yang digunakan
  3. Hubungkan iPhone, iPad, atau iPod ke komputer dengan kabel data yang sesuai
  4. Pada Finder atau iTunes, pilih perangkat yang baru saja dihubungkan
  5. Klik General atau Settings
  6. Tekan tombol Check for Update
    Perubahan iOS 14.4.1 - 2
  7. Jika pembaruan sudah tersedia, klik Download and Update
  8. Masukkan passcode jika diminta

Sementara bagi pengguna yang memiliki aktivitas padat dan belum sempat memperbaruinya, kamu dapat mengaktifkan opsi pembaruan otomatis yang dimiliki oleh sistem iOS 12 ke atas maupun iPadOS.

Mengaktifkan Pembaruan Otomatis

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian General
  3. Pilih menu Software Update
  4. Klik Customize Automatic Updates
  5. Aktifkan opsi Download iOS/iPadOS Updates dan Install iOS/iPadOS Updates
    Perubahan iOS 14.4.1 - 3
  6. Saat malam, pastikan perangkat terhubung ke jaringan internet
  7. Tinggalkan perangkat dengan kondisi terhubung ke pengisian daya

Jika ada pembaruan, perangkat nanti akan mengunduh dan memasangnya secara otomatis. Meski demikian, perlu diketahui bahwa ada juga beberapa jenis berkas yang akan membutuhkan pemasangan secara manual.

Tinggalkan Komentar