ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Chipset TV Pintar 4K dari Mediatek Telah Diperkenalkan, Inilah Fitur Andalannya

MediaTek TV Chipset

Gadgetren – MediaTek secara resmi telah mengumumkan chipset televisi pintar 4K terbarunya yakni bernama MT9638.

Chipset ini menawarkan beragam fitur premium kepada para penyedia perangkat global untuk merancang TV pintar dengan harga yang kompetitif.

Adapun MediaTek MT9638 hadir melalui beberapa kecanggihan teknologi AI mutakhir seperti resolusi super AI, kualitas gambar AI, dan asisten suara AI yang ditambah dengan kecepatan Variable Refresh Rate (VRR) dan MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation) sehingga gambar tampak lebih halus.

Menurut pihak MediaTek, teknologi chipset TV premiumnya itu dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna lewat Artificial Intelligence Processing Unit yang menghadirkan performa tinggi komputasi AI ke beragam televisi pintar.

Dengan teknologi kualitas gambar AI built-in, chipset ini memungkinkan tampilan konten secara real-time dan pengenalan adegan yang secara otomatis menyesuaikan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis, dan pengurangan noise untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

Soal konektivitas, chipset ini dibekali Wi-Fi 6 dan HDMI 2.1 dengan VRR agar sesuai dengan film atau kecepatan bingkai game konsol untuk menghindari layar gambar pecah.

MediaTek MT9638 juga menyuguhkan aplikasi-aplikasi yang dilengkapi oleh pengenalan suara AI dan panggilan video berkemampuan AI sehingga memberikan cara baru bagi konsumen untuk memakai TV pintar mereka dan berinteraksi dengan keluarga serta teman.

Teknologi ini pun diklaim MediaTek dapat mengubah ruang keluarga menjadi pusat hiburan rumah sesungguhnya dengan menghadirkan pengalaman baru yang imersif untuk streaming, game, dan hiburan lainnya.

Dari segi performa, MediaTek MT9638 mengandalkan CPU Multi-Core ARM Cortex-A55, GPU Mali-G52, dan APU MediaTek khusus yang terintegrasi ke dalam satu chipset untuk memberikan performa bertenaga sekaligus hemat daya.

Gambar yang dihasilkan chipset ini mendukung resolusi hingga 4K60 dengan mesin multimedia decoding untuk HEVC, VP9, dan konten AV1 terbaru. Tak lupa, chipset ini telah memiliki tampilan HDR10+ yang memungkinkan local dimming dengan lampu latar susunan penuh dengan >2000 zona.

Suara Dolby Atmos premium dan DTS Virtual X juga telah diberikan. Mengenai jangkauan suaranya, chipset ini diklaim dapat memberikan jangkauan ke seluruh ruangan dengan konsumsi daya sangat rendah 0,5W saat kondisi standby. Chipset MT9638 bakal tersedia secara global pada kuartal kedua tahun 2021.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar