ASUS TUF Gaming FX507
Review Peralatan Elektronik Review Smart Home

Review realme smart TV 4K 50″ Setelah 1 Tahun Pemakaian, Masih Oke?

realme Smart TV 4K - 16

Gadgetren – realme smart TV 4K telah resmi hadir di Tanah Air sejak bulan Agustus 2022 dengan membawa berbagai fitur pintar lewat sistem operasi Android TV.

Tim Gadgetren pun sempat mencobanya dan merasakan secara langsung seperti apa kemampuan yang ditawarkan oleh televisi pintar besutan realme tersebut.

Nah setelah hampir satu tahun sejak awal kemunculannya, apakah realme smart TV 4K masih bekerja dengan baik atau ada perubahan? Apakah ada penurunan performa atau fitur yang tidak lagi sesuai?

Jika kamu penasaran terhadap hal tersebut, ini pengalaman saya selama menggunakan realme smart TV 4K sejauh ini dikeseharian setelah hampir satu tahun.

Gambar Masih Tajam Untuk Nonton Film

Membawa resolusi 4K pada sebuah layar berukuran 50 inci membuat televisi pintar yang satu ini terasa lebih bisa diandalkan. Memang saat ini rata-rata konten sering kali hanya mentok di Full HD 1080p, namun adanya dukungan 4K memungkinkan saya untuk menonton kualitas lebih baik jika opsi tersebut tersedia.

Gambar yang masih tajam dan warna cerah tentunya memberikan pengalaman visual yang lebih asik saat digunakan menonton film. Apalagi secara bawaan di samping adanya YouTube juga sudah tersedia aplikasi Netflix, Prime Vide, dan Disney+ sehingga saya seperti merasa punya bioskop kecil di rumah.

realme Smart TV 4K - 11

Hanya saja perlu sedikit hati-hati terhadap konsumsi kuota internet jika menggunakan mode kualitas Auto karena video dengan resolusi 4K akan membutuhkan data yang cukup sedikit. Oleh karena itu saya sering kali menyetel kualitas video secara manual sebagai jaga-jaga. Apalagi 1080p biasanya sudah cukup memberikan gambar yang tajam.

Speaker bawaan dari realme smart TV 4K juga terbilang memadai yang bakal cukup untuk sebagian besar orang. Saya jarang sekali menggunakan volume di atas 60% saat menonton film karena biasanya sudah sangat lantang dan lebih sering di kisaran 20% saja ketika hanya sekadar menyaksikan saluran televisi nasional atau YouTube.

Pastinya, ukuran layar yang mencapai 50 inci dengan resolusi 4K bakal sudah lebih dari cukup untuk menikmati konten-konten yang ada saat ini. Ukuran panel yang besar juga memudahkan saya untuk menonton film dari segala sisi dengan nyaman karena gambar tetap terlihat optimal. Sejauh ini pun reproduksi warna masih sama seperti ketika saya pertama kali mendapatkan televisi pintar ini.

Sudah Dukung TV Digital

Pemerintah saat ini tengah proses untuk mengubah saluran televisi analog ke digital secara perlahan dan nantinya sinyal analog akan dimatikan. Oleh karena itu bersiap-siap untuk menyongsong saluran digital menjadi hal penting jika ingin tetap menikmati saluran televisi nasional.

Pemerintah pun menyarankan pengguna dengan televisi lawas untuk membeli set-top box agar bisa menikmati saluran televisi digital. Nah untungnya realme smart TV 4K tidak lagi memerlukan perangkat terpisah karena dukungannya sudah tersedia secara bawaan.

realme smart TV 4K Saluran Digital

Cukup dengan memilih menu DVB-T/T2 lalu memindai ada saluran apa saja yang bisa didapatkan. Hanya saja, memang masih perlu menghubungkan antena UHF untuk bisa mendapatkan sinyal digital. Saya sendiri menggunakan antena UHF lama yang sebelumnya digunakan untuk menangkap sinyal analog sehingga tidak ada perubahan di sisi tersebut.

Kualitas gambar yang saya dari saluran digital sejauh ini mencapai Full HD pada saluran Berita Satu HD, Net.HD, dan lainnya. Hasilnya terbilang jauh lebih jernih yang padahal saya menerima gambar yang banyak sekali semutnya jika beralih ke input analog.

Android TV Selalu Bisa Diandalkan

realme smart TV 4K menjalankan sistem operasi Android TV yang didukung oleh ekosistem Google mulai dari Play Store untuk install aplikasi, Chromecast tertanam langsung di dalam, Google Assistant, dan lainnya.

Saat tulisan ini diturunkan, realme smart TV 4K yang saya miliki menjalankan Android TV versi 10 dengan build QTG3.200617.002 yang dikirimkan pada bulan Januari 2022 lalu sehingga bisa dikatakan masih mendapatkan pembaruan hingga sekarang.

Ketimbang sistem operasi Android modifikasi yang sering ditemukan pada televisi “Android” murah yang banyak tersedia di pasaran, hadirnya secara khusus sistem operasi Android TV memberikan dukungan yang jauh lebih baik karena memang sudah disesuaikan untuk perangkat televisi.

realme Smart TV 4K - 14

Khususnya soal aplikasi yang dapat dipasangkan, segala yang tersedia di Google Play Store saat diakses dari realme smart TV 4K pastinya sudah didukung sehingga tidak perlu khawatir soal kompabilitas baik itu aplikasi hiburan atau game.

Tampilan antar mukanya juga mudah untuk dinavigasikan karena menyajikan thumbnail maupun ikon berukuran besar. Tidak hanya itu saja, melakukan cast dari handphone Android ke realme smart TV 4K juga semakin mudah berkat adanya dukungan Chromecast secara langsung.

Google Assistant pun sedikit membantu saat saya tengah malas untuk mengambil remote karena bisa langsung mengubah volume, berganti salura, atau membuka aplikasi melalui perintah suara. Menurut saya, hadirnya sistem operasi Android TV menjadi salah satu faktor penting kenapa saya cukup nyaman menggunakan realme smart TV 4K.

Muncul Sedikit Gangguan

Layaknya perangkat pintar kebanyakan, realme smart TV 4K sayangnya tidak lepas dari isu performa setelah digunakan selama beberapa waktu. Salah satunya soal kinerja yang saya rasa tidak seresponsif ketika awal-awal digunakan.

Entah diakibatkan oleh update sistem operasi atau hal lainnya, terkadang ada jeda ketika membuka suatu aplikasi sebelum saya bisa menggerakkan kursor atau membuka konten. Pada Netflix contohnya, beberapa kali pin malah jadi terpencet beberapa kali karena saya memasukkan angka terlalu cepat.

realme Smart TV 4K - 3

Selain itu saya juga pernah mengalami masalah input yang mana realme smart TV 4K tidak mau menampilkan gambar sama sekali baik itu YouTube, Netflix, HDMI, atau bahkan televisi biasa. Alhasil saya perlu restart total dengan mencabut steker listrik agar bisa bekerja normal kembali karena menekan tombol OFF tidak ada efeknya.

Dua hal tersebut menjadi kendala yang pernah saya temukan ketika menggunakan realme smart TV 4K. Sedikit mengganggu memang, namun tidak terlalu sering terjadi sehingga cukup bisa saya abaikan. Untungnya tidak ada masalah lain yang saya hadapi dalam keseharian.

Secara keseluruhan, pengalaman saya selama menggunakan realme smart TV 4K terbilang sangat positif. Dukungan Android TV dan layar 4K berukuran 50 inci menjadi kekuatan utama yang membuat saya betah menggunakannya. Sedikit masalah yang saya temui rasanya masih menjadi hal wajar untuk sebuah perangkat pintar.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar