ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Perangkat Pintar

Jalin Kerja Sama dengan Xbox dan AMD, Samsung Neo QLED 8K Resmi Diluncurkan

Samsung-Neo-QLED-Lifestyle

Gadgetren – Dalam perhelatan virtual Unbox & Discover, Samsung Electronics telah memamerkan jajaran produk TV pintarnya. Salah satunya adalah Samsung Neo QLED 8K dengan nomor model QN800A dan QN900A.

Adapun Neo QLED 8K bakal tersedia secara global dalam waktu dekat dengan pilihan varian ukuran meliputi 65″, 75″, dan 85″, sedangkan resolus 4K dengan nomor model QN90A dan QN85A akan menyajikan pilihan yang lebih beragam dimulai dari 50″.

Sebelumnya Neo QLED diperkenalkan lebih dulu melalui ajang CES bulan Januari 2021. Kini Neo QLED 8K dipersembahkan lebih jauh oleh Grace Dolan selaku Vice President Integrated Marketing Samsung Electronics Co., Ltd.

Grace menjelaskan bahwa pihaknya telah mengembangkan teknologi Matrix Quantum dalam Neo Quantum Processor yang dikombinasikan dengan Quantum Mini LED sehingga menghasilkan 1/40 kali ukuran LED konvensional.

Berkat warna hitam yang kelam, cahaya yang lebih terang, dan teknologi upscaling yang lebih cerdas dari sebelumnya, Neo QLED mampu menghadirkan gambar ultra realistis, baik ketika pengguna menonton pertandingan sepakbola atau memainkan konsol game.

Bicara soal game, Samsung dikabarkan telah menjadi Official TV Partner dari Xbox Series X di Amerika Serikat dan Kanada. Pembaruan perjanjian kerja sama keduanya itu pada tahun 2021 membuat kedua belah pihak akan bersinergi menghadirkan pengalaman gaming yang semakin memuaskan.

Guna memberikan performa gaming yang lebih optimal lagi ke dalam lini Neo QLED dan QLED 2021, Samsung juga berkolaborasi dengan AMD untuk mengembangkan TV pertama dengan dukungan Freesync Premium Pro baik untuk PC dan game konsol demi menyajikan pengalaman gaming HDR yang benar-benar spesial.

Samsung-Neo-QLED

Menurut pihak Samsung, fitur Game Bar terbaru kabarnya dapat membantu gamer memonitor aspek-aspek permainan penting dengan cepat. Dari sana pengguna juga dapat mengakses Super Ultrawide Gameview yang menghadirkan aspek rasio ultra-wide dimana biasanya hanya tersedia di gaming monitor ke televisi.

Kemudian bagi pengguna yang menggemari fitness, Neo QLED menghadirkan latihan kebugaran dan gaya hidup sehat ke rumah. Lewat Samsung Health yang diluncurkan pada musim semi 2020 saat pandemi COVID-19 memungkinkan pengguna tetap bugar berkat adanya aplikasi-aplikasi partner yang memenuhi berbagai tingkat kebutuhan fitness maupun kesehatan.

Pada tahun 2021, Samsung Health akan menambahkan fitur Smart Trainer yang berfungsi sebagai kamera opsional yang dijual terpisah. Smart Trainer memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk menganalisis postur pengguna dan memberikan timbal balik secara real-time untuk membetulkan postur pengguna ketika menggunakan video instruksional.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar