Review Review Handphone

Review Kamera OPPO Reno5 5G – Bawa Fitur Foto dan Video yang Asik

Review Kamera OPPO Reno5 5G Header

Gadgetren – Sebagai salah satu handphone andalan dari OPPO pada tahun 2021 di Indonesia, Reno5 5G hadir dengan kemampuan fotografi dan videografi yang menarik.

Handphone ini sendiri hadir dengan dukungan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (apertur f/1.7), ultrawide 8 MP (apertur f/2.2), makro 2 MP (apertur f/2.4), dan mono 2 MP (apertur f/2.4).

Berkat hadirnya teknologi 4-in-1 pixel binning, kamera utamanya secara bawaan menghasilkan foto dengan resolusi 16 MP. Meskipun resolusinya tidak sebesar aslinya, namun hasil fotonya mempunyai warna yang dinamis, minim noise, dan menyerap banyak cahaya sehingga mampu memiliki kualitas bagus walaupun diambil pada kondisi cahaya berlimpah maupun redup.

Secara garis besar, hasil foto beresolusi 16 MP mempunyai warna cerah ditambah saturasi yang tinggi karena sudah diolah algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dibuat oleh OPPO.

OPPO Reno5 5G Diagonal

Namun saya juga dapat menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar menggunakan kamera utamanya ketika mengaktifkan 64 MP Mode pada aplikasi kamera bawaan OPPO Reno5 5G yang sangat mudah untuk diaktifkan.

Bisa dibilang foto 64MP mempunyai detail yang lebih tajam dibandingkan dengan foto 16 MP. Untuk melihat detailnya secara lebih jelas, maka saya langsung melakukan cropping di antara kedua hasil foto tersebut supaya perbedaannya terlihat langsung.

Berdasarkan hasil cropping tersebut, memang terbukti bahwa foto 64 MP mempunyai detail yang lebih tajam dibandingkan 16 MP. Namun tetap saja kedua hasil foto ini sama-sama mempunyai kualitas yang bagus. Dengan kata lain, kita dapat memilih resolusinya sesuai dengan kebutuhan pada saat pengambilan foto tersebut.

Hasil Foto Kamera Utama

OPPO Reno5 5G Totoro Auto TargetAuto

OPPO Reno5 5G Totoro 64MP Target64 MP

OPPO Reno5 5G Totoro Auto Crop fixAuto

OPPO Reno5 5G Totoro 64 MP Crop fix64 MP

Sementara itu, kamera ultrawide 8 MP dari handphone ini dapat saya manfaatkan untuk menghasilkan foto dengan area luas yang tidak bisa didapatkan oleh kamera utamanya. Kemudian, kamera makro 2 MP dari OPPO Reno5 5G dapat digunakan untuk membidik obyek dari jarak dekat dengan detail yang masih bisa terlihat sehingga cocok untuk foto mainan atau makanan.

Hasil Ultrawide

OPPO Reno5 5G Sangkar AutoAuto

OPPO Reno5 5G Sangkar UltrawideUltrawide

OPPO Reno5 5G Jembatan AutoAuto

OPPO Reno5 5G Jembatan UltrawideUltrawide

OPPO Reno5 5G Lampu AutoAuto

OPPO Reno5 5G Lampu UltrawideUltrawide

Hasil Makro

OPPO Reno5 5G Macro Iga

OPPO Reno5 5G Macro Meow

OPPO Reno5 5G Macro Bebek

OPPO Reno5 5G Macro Toy

Tidak hanya sampai di situ saja, OPPO Reno5 5G juga hadir dengan fitur Ultra-Clear 108 MP Image pada aplikasi kamera bawaannya sehingga membuat saya dapat menghasilkan foto dengan resolusi sangat besar mencapai 108 MP. Hasil fotonya ini pun dapat dicetak pada media berukuran besar seperti billboard, spanduk, dan masih banyak lagi.

Hasil Ultra-Clear 108 MP

OPPO Reno5 5G Kayu 108MP

OPPO Reno5 5G Sepeda 108 MP

OPPO Reno5 5G Canvas 108 MP

OPPO Reno5 5G Bemo 108 MP

Untuk fotografi malam harinya, OPPO Reno5 5G sudah dibekali dengan Ultra Night Mode yang mampu membuat hasil foto terlihat terlihat dan minim noise dibandingkan Auto Mode. Bahkan terdapat fitur Ultra Dark Mode yang akan aktif secara otomatis apabila kondisi lingkungan sekitar mempunyai tingkat cahaya di bawah 5 lux (1 lux = 1 cahaya lilin).

Hasil Ultra Night & Ultra Dark

OPPO Reno5 5G Jalan AutoAuto

OPPO Reno5 5G Jalan Ultra NightUltra Night

OPPO Reno5 Pohon AutoAuto

OPPO Reno5 Pohon Ultra DarkUltra Dark

Berbekal kamera depan 32 MP, OPPO Reno5 5G mampu menghasilkan foto selfie pada kondisi cahaya cukup atau siang hari dengan hasil yang bagus. Sementara berkat hadirnya fitur Ultra Night Selfie, hasil foto selfie di malam hari menjadi terang dan tentunya menampilkan wajah yang mulus.

Hasil Foto Selfie

OPPO Reno5 5G Selfie AutoSelfie – Auto

OPPO Reno5 5G Selfie Beauty BokehSelfie – Beauty Bokeh

OPPO Reno5 5G Selfie Malam AutoSelfie – Auto

OPPO Reno5 5G Selfie Malam Ultra NightSelfie – Ultra Night Selfie

Tak lupa, OPPO Reno5 5G juga dibekali dengan fitur Night Flare Portrait yang mampu menampilkan foto potret malam yang cerah dengan efek bokeh alami. Fitur ini paling terasa menarik ketika terdapat subyek yang di belakangnya hadir banyak lampu. Hal ini membuat hasil foto memiliki efek neon yang artistik.

Hasil Night Flare Portrait

OPPO Reno5 5G Night Flare 1

OPPO Reno5 5G Night Flare 2

Soal urusan videografi, OPPO Reno5 5G juga sudah dibekali dengan fitur Dual-View Video yang memungkinkan perekaman video dengan menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Tentu saja fitur ini sangat menarik ketika saya ingin mengambil video obyek, pemandangan, tutorial, atau lainnya yang diiringi dengan penjelasan langsung dari saya sekaligus.

Dual-View Video mempunyai tiga mode yang terdiri dari Split, Round, dan Rectangle. Untuk Split akan membagi video yang direkam oleh kamera depan dan belakang dengan ukuran yang sama pada satu frame. Sementara Round dan Rectangle akan membuat video yang berada di bagian latar belakang berukuran besar ditambah video dalam bentuk lingkaran kecil yaang melayang di bagian depan.

Hal ini sangat cocok saat sedang melakukan vlogging, dimana ingin memperlihatkan video pemandangan atau permainan game dengan ukuran besar tanpa terganggu oleh video penjelasan dari kita karena ukurannya kecil.

Hasil Dual-View Video





Selanjutnya, AI Highlight Video yang hadir pada handphone ini akan mengaktifkan fitur Live HDR sehingga membuat video yang diambil pada kondisi cahaya latar belakang kuat akan menghasilkan video dengan obyek dan latar belakang yang terlihat sama jelasnya.

Sementara pada kondisi minim cahaya atau malam hari, algoritma dari AI Highlight Video akan mengaktifkan fitur Ultra Night Video yang dapat memaksimalkan kualitas video malam hari agar terlihat tajam, cerah, dan alami.

Hasil AI Highlight Video





OPPO Reno5 5G juga dibekali dengan fitur AI Portrait Beautification Video yang memungkinkan saya dapat menghasilkan video selfie dengan wajah mulus karena dukungan Smart AI Recognition yang dikembangkan oleh OPPO.

Hasil AI Portrait Beautification Video





Untuk membuat video yang lebih menarik lagi, OPPO Reno5 5G juga telah dibekali dengan fitur Slow Motion yang dapat menghasilkan video dengan gerakan lambat. Bahkan saya juga dapat menghasilkan video dengan gerakan lambat yang ditentukan titik waktunya agar seolah-olah terlihat lebih dramatis.

Pada saat selesai membuat video dengan beragam fitur perekaman canggih dari OPPO Reno5 5G, maka saya langsung menggunakan aplikasi video editor pintar bawaan yang bernama SOLOOP.

Hasil Slow Motion Video





Dengan aplikasi ini, saya dapat mengatur video secara otomatis menggunakan template atau manual sesuai dengan selera. Pada aplikasi SOLOOP terdapat beragam pilih efek transisi, musik, dan teks untuk membuat video menjadi lebih hidup.

Dibanderol dengan harga Rp 6.999.000, OPPO Reno5 5G sudah dibekali dengan beragam fitur perekaman video dan pengambilan foto yang menarik. Apalagi dukungan multi kameranya dapat digunakan sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi saat itu.

Tinggalkan Komentar