ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Inilah Daftar Kecepatan Internet 5 Operator Seluler di Indonesia, Telkomsel Juaranya!

Orang Telepon[Ilustrasi dari : Pixabay]

Gadgetren – Kini persaingan operator di Indonesia mengenai jaringan internet semakin memanas di Indonesia. Bahkan operator-operator ini bersaing dalam hal harga dan promo untuk memikat penggunanya.

Menariknya, baru-baru ini Open Signal merilis laporan risetnya mengenai Pengalaman Jaringan Seluler pada bulan Juli 2019. Untuk periode pengumpulan datanya sendiri dilakukan dari tanggal 1 Februari hingga 1 Mei 2019.

Sementara datanya sendiri didapatkan dari total 3.317.536 perangkat yang telah terinstal Open Signal. Dalam laporan tersebut, terdapat metrik mengenai Pengalaman Kecepatan Pengunduhan dari jaringan internet.

Pada metrik tersebut dijabarkan kecepatan unduh dari kelima operator seluler yang bersaing di Indonesia, mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, hingga Hutchinson Tri (3).

Operator Kecepatan Download

Terlihat jaringan internet Telkomsel menjadi raja dalam kecepatan unduh atau download dengan rata-rata mencapai 9,8 Mbps. Angka ini mengungguli kecepatan XL yang berada di peringkat kedua hingga 2,4 Mbps.

Menariknya, justru 3 berhasil menduduki peringkat ketiga dengan kecepatan download rata-rata yang mencapai 5,2 Mbps. Sementara Indosat Ooredoo yang merupakan pemain lama justru harus menempati posisi keempat dengan perolehan kecepatan download rata-rata yang mencapai 4,8 Mbps.

Terakhir, Smartfren harus puas menduduki posisi kelima sekaligus terlambat di antara kelimanya dengan perolehan kecepatan download rata-rata yang mencapai 4,5 Mbps. Menurut Open Signal, XL mempunyai peluang besar untuk mengejar Telkomsel dalam metrik ini.

Skor Pengalaman Kecepatan Pengunduh dari XL naik sebesar 18% dalam 6 bulan, sedangkan skor Telkomsel tetap sama. Perlahan tapi pasti, XL terus memperkecil jarak dengan Telkomsel untuk menggantikannya pada posisi pertama.

Operator Kecepatan Upload

Sementara Smartfren justru mengalami penurunan kecepatan rata-rata sebanyak 1,8 Mbps selama 6 bulan terakhir menjadi 4,5 Mbps. Selain kecepatan unduh atau download, Open Signal pun menghadirkan metrik mengenai Pengalaman Kecepatan Penguggahan.

Posisi dari kelima operator seluler di Indonesia pada metrik ini hampir sama dengan Pengalaman Kecepatan Pengunduhan dari Jaringan Internet. Terlihat Telkomsel masih jadi yang tercepat dengan kecepatan unggah atau upload rata-rata yang mencapai 3,7 Mbps.

Sementara bersaing ketat dengan XL yang mempunyai kecepatan rata-rata 3,4 Mbps. Perbedaan kecepatan antara Telkomsel dan XL ini hanya terpaut 0,3 Mbps saja. Tak mau kalah, Hutchinson Tri (3) mengekor di posisi ketiga dengan kecepatan rata-rata 3,1 Mbps.

Selanjutnya, posisi keempat dan kelima secara berurutan diisi oleh Indosat Ooredoo dengan kecepatan rata-rata 2,5 Mbps dan Smartfren dengan 1,2 Mbps. Open Signal melihat bahwa XL dan 3 semakin mengejar Telkomsel pada metrik Pengalaman Pengunggahan sehingga apabila tren ini masih berlanjutnya maka mahkota Telkomsel mungkin saja akan lepas dalam laporan selanjutnya.

Open Signal mengatakan bahwa melakukan riset ini di 16 kota di Indonesia yang terdiri dari DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok, Yogyakarta, Bandung, Medan, Makassar, Bandar Lampung, Pekanbaru, Palembang, Semarang, Denpasar, Surabaya, dan Batam.

Menurut Gadgeter, apakah akan terjadi perubahan peringkat pada laporan Open Signal selanjutnya? Apabila berubah, kira-kira operator seluler mana yang mengungkinkan untuk mengalahkan Telkomsel?

[Sumber : Open Signal]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar