Tips dan Trik

Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan? Ini Alasan dan Solusinya!

Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan Header

Gadgetren – Terdapat sejumlah permasalahan teknis yang bisa saja muncul secara tiba-tiba dan merusak keasyikan para pengguna saat menggunakan perangkat seluler, baik itu handphone maupun tablet.

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak ada layanan termasuk salah satu di antaranya. Meskipun termasuk permasalahan klasik  yang umumnya bisa diselesaikan dengan mudah, permasalahan ini sayangnya bisa terjadi akibat banyak hal.

Permasalahan ini tentu akan sangat mengganggu karena pengguna bakal kesulitan untuk menikmati layanan seluler dari operatornya seperti internet, SMS, maupun panggilan telepon.

Apalagi di sisi lain, permasalahan ini bisa terjadi kepada siapa saja tanpa pandang bulu. Kamu bahkan bisa mengalaminya meski menggunakan SIM dan perangkat lama yang biasa dipakai sehari-hari.

Agar berhasil mengatasi permasalahan klasik ini, kamu tentu saja perlu mengetahui berbagai macam penyebabnya. Adapun sebagian di antaranya termasuk beberapa hal berikut.

Kenapa Kartu SIM Bisa Tidak Ada Layanan?

Jangkauan Jaringan Operator Lemah

Lokasi yang menjadi tempat kita mengakses layanan seluler sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin jauh dari BTS, maka jangkauan jaringan operator akan semakin melemah.

Kartu SIM bahkan bisa saja kehilangan berbagai macam fungsinya ketika lokasi handphone semakin jauh dari BTS sehingga akan menampilkan pemberitahuan bahwa sedang tidak ada layanan.

Faktor ini biasanya terjadi di daerah-daerah pedesaan dan pegunungan yang umumnya mempunyai jaringan BTS cukup jarang atau lokasinya tertutup oleh gunung sehingga jangkauannya kurang maksimal.

Bug Sistem Operasi

Kesalahan yang terdapat di dalam sistem operasi pun dapat menjadi penyebab erornya dukungan jaringan seluler dan membuat kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan. Biasanya hal ini dapat terjadi setelah kita memperbaruinya.

Seperti yang kita tahu, sistem operasi umumnya berisi berbagai macam baris kode untuk menciptakan fungsi tertentu. Kesalahan pada logika dan penulisannya tentu akan sangat berpengaruh pada fungsi-fungsi terkait.

Kartu SIM yang tiba-tiba tidak ada layanan juga bisa saja terjadi akibat bug tersebut. Meskipun umumnya terjadi secara langsung saat pengguna memperbarui sistem, tetapi tak jarang perlu ada pemicu sehingga bisa muncul setelah berjalan cukup lama.

Terlalu Banyak Proses yang Berjalan

Berbagai macam proses dapat berjalan secara bersamaan ketika mengoperasikan sebuah perangkat. Yang mana secara umum, kebanyakan di antaranya bisa berjalan di belakang layar tanpa perlu terlihat oleh pengguna.

Saat menjalankan aplikasi misalnya, kamu mungkin tak menyadari bahwa beberapa layanan yang beroperasi di dalamnya masih akan terus berjalan meskipun sudah menutupnya dari layar.

Jika dibiarkan secara terus menerus, sumber daya yang ada di dalam handphone akan semakin habis sehingga menyebabkan beberapa fungsi seperti dukungan jaringan seluler berjalan secara tidak normal.

Tembaga di Kartu SIM Kotor

Seperti perangkat elektronik pada umumnya, kartu SIM juga memanfaatkan pin yang terbuat dari tembaga untuk mentransferkan data. Apabila kotor, layanan seluler tentu akan berjalan di luar kebiasaan.

Hilangnya layanan dari kartu SIM termasuk salah satu di antara permasalahan yang bisa timbul akibat pin tembaga yang kotor. Debu dan residu bisa saja menutup salah satu pin sehingga membuat data tak bisa ditransfer dengan baik meskipun kartu SIM masih terbaca.

Konflik di Dalam Pengaturan Jaringan

Agar bisa terhubung ke layanan operator, Wi-Fi, hingga Bluetooth dengan baik, handphone akan melakukan pengaturan jaringan sesuai dengan koneksi yang akan digunakan.

Permasalahan yang terjadi di dalamnya tentu dapat mempengaruhi kualitas koneksi di handphone tersebut, termasuk salah satunya dapat memicu masalah kartu SIM yang tidak ada layanan.

Slot atau Kartu SIM Rusak

Selain berbagai macam teknis di atas, rusaknya slot maupun kartu SIM itu sendiri dapat menjadi pemicu timbulnya permasalahan di dukungan konektivitas handphone seperti kartu SIM tiba-tiba tidak ada layanan.

Kerusakan memang tidak bisa dihindari saat para pengguna menggunakan berbagai macam peralatan dalam durasi yang sangat lama. Memakai kartu SIM di handphone pun juga demikian.

Saat digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama, kartu SIM dan slot handpbisa saja mengalami keausan. Apalagi bagi mereka yang gemar bongkar pasang, kerusakan pada pin dan konektor tentu tidak dapat dihindari.

IMEI Diblokir

Sejak tahun 2020 kemarin, pemerintah Indonesia sudah mulai menerapkan kebijakan pemblokiran IMEI untuk handphone-handphone ilegal alias tidak didistribusikan secara resmi.

Jika kartu SIM tidak ada layanan saat kamu memasangnya di handphone baru, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh pemblokiran IMEI tersebut karena beberapa perangkat resmi pun sempat terdampak.

Kamu dapat mengecek IMEI ke database Kementerian secara mandiri untuk memastikannya. Dalam hal ini, handphone umumnya akan tercatat resmi jika nomor muncul di halaman pengecekan.

Berbagai macam permasalahan di atas tentu membutuhkan solusi yang berbeda-beda. Kamu sendiri dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengembalikan layanan di dalam kartu SIM.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Restart Handphone

  1. Ketuk dan tahan tombol Power selama beberapa detik
  2. Pilih Shutdown, Power Off, atau Turn Off sesuai opsi yang muncul
  3. Tunggu sampai perangkat benar-benar mati
  4. Lalu kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol power hingga perangkat bergetar atau muncul logonya

Muat ulang perangkat adalah jalan pertama yang bisa kamu tempuh. Dengan melakukannya, perangkat akan segar kembali sehingga berbagai macam fungsinya dapat beroperasi secara normal.

Secara umum, kamu dapat menggunakan metode di atas untuk menghidupkan ulang perangkat Android. Sementara untuk perangkat iPhone, memilih opsi mematikan perangkat bisa dilakukan dengan menarik penggeser daya mati.

Selain itu untuk perangkat iPhone X atau lebih baru, kamu juga perlu menekan tombol Volume Down bersamaan dengan tombol samping untuk memunculkan opsi mematikan perangkat saat akan melakukan muat ulang.

Apabila muat ulang belum mengatasi permasalahan yang dihadapi, kamu pun dapat mengatur ulang pengaturan jaringan sebagai solusi selanjutnya. Bagi kamu yang belum tahu, begini cara melakukannya.

Atur Ulang Pengaturan Jaringan

  1. Masuk ke Settings di handphone-mu
  2. Buka General, General Management, atau System tergantung handphone yang kamu pakai
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 1
  3. Pilih Reset
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 2
  4. Lalu buka opsi Reset network settings
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 3
  5. Pilih Reset atau tombol yang sesuai

Perlu diketahui, melakukan reset pengaturan jaringan dengan metode di atas akan menghapus berbagai macam hal seperti akun dan kata sandi WiFi, APN pada layanan seluler, hingga VPN jika sebelumnya menggunakannya.

Selanjutnya, kamu pun bisa melakukan pencarian jaringan secara manual jika kartu SIM masih belum terhubung ke jaringan seluler. Cara ini bisa ditempuh untuk memastikan apakah lokasi terjangkau oleh sinyal BTS atau tidak.

Cari Jaringan Secara Manual

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian Connection
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 3
  3. Pilih menu Mobile networks
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 5
  4. Ketuk opsi Network operators
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 6
  5. Pilih Search network
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 7
  6. Tunggu beberapa saat dan pilih operator layanan seluler yang kamu gunakan

Opsi mencari jaringan secara manual dapat menjadi langkah yang bagus jika kamu juga ingin mencoba kartu SIM dari operator lain karena fitur pencarian akan menampilkan operator apa saja yang tersedia di lokasimu.

Memperbarui sistem operasi juga perlu kamu pertimbangkan, terutama jika permasalahan terjadi akibat bug di dalamnya karena pembaruan biasanya juga membawa perbaikan untuk hal tersebut.

Update Sistem Operasi

  1. Akses Settings
  2. Pilih Software Update, System, atau About Phone sesuai perangkat yang digunakan
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 8
  3. Cari opsi Update
  4. Lalu pilih Update now, Download update manually, atau Check for update sesuai apa yang muncul di layar
    Kenapa Kartu SIM Tidak Ada Layanan - 8
  5. Klik Install jika diperlukan

Kamu bisa menempuh cara di atas untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang muncul dari versi sebelumnya. Selain itu, kamu pun dapat menikmati fitur-fitur baru jika update membawa versi sistem operasi lebih anyar.

Tahapan selanjutnya, kamu pun bisa membersihkan kartu SIM dari debu atau residu yang menempel supaya proses transfer data dari handphone atau sebaliknya dapat berjalan normal.

Bersihkan Pin Kartu SIM

  1. Matikan handphone
  2. Buka slot kartu SIM
  3. Lepaskan kartu SIM dari Slot
  4. Gosokkan karet penghapus atau cotton bud pada pin tembaga kartu SIM
  5. Masukkan kembali kartu SIM dan nyalakan handphone

Selain membersihkannya, kamu pun juga dapat mencoba kartu SIM ke handphone lain atau sebaliknya untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada kedua hal tersebut atau tidak.

Coba di Perangkat Lain

  1. Coba copot kartu SIM dan gunakan di perangkat lain
  2. Jika masih terdeteksi, maka kartu kemungkinan masih baik
  3. Oleh karena itu, selanjutnya coba pasang kartu SIM lain ke handphone yang kamu gunakan
  4. Jika masih bisa bekerja dengan baik, artinya tidak ada kerusakan di dalamnya

Namun apabila kartu SIM di handphone lain tidal bekerja dengan baik, maka kamu bisa membawanya ke pusat layanan konsumen operator yang digunakan untuk mendapatkan pengganti.

Sementara jika slot yang tidak bisa bekerja dengan baik meski sudah menggunakan kartu SIM anyar, maka ada baiknya kamu segera membawa handphone kamu ke orang yang lebih ahli seperti teknisi atau ke layanan servis resminya.

Bagaimana jika permasalahan ini terjadi karena IMEI terblokir pemerintah padahal kamu membeli perangkat secara resmi dari toko terpercaya atau retail resmi dari handphone tersebut?

Hubungi Penjual Handphone

Menghubungi pihak penjual bisa menjadi solusi yang cukup pas saat handphone barumu terblokir. Jangan lupa untuk menunjukkan bukti-bukti pembelian resmi untuk memperkuat aduanmu.

Namun apabila handphone yang kamu beli ternyata ilegal alias tidak didistribusikan secara resmi, tak ada langkah yang lebih tepat kecuali mendaftarkannya dan membayar bea cukai jika diperlukan.

Beberapa hal di atas hanya sebagian penyebab terjadinya kartu SIM yang tidak ada layanan sekaligus solusinya. Jika menemukan hal-hal di luar itu, kamu bisa bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar