Tips dan Trik

Bisa Leluasa! Begini Cara Chat Sebagai Anonymous di Telegram

Cara Chat Anonymous Telegram Header

Gadgetren – Diperkenalkan sejak tahun 2015, chatbot atau lebih akrab dikenal dengan sebutan bot telah menjadi salah satu fitur unggulan Telegram jika dibandingkan beberapa layanan pesan singkat lain.

Bot Telegram secara sederhana merupakan aplikasi yang diimplementasikan ke dalam bentuk percakapan singkat di mana interaksi dengannya bisa dilakukan melalui sebuah pesan, perintah, atau permintaan sebaris.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna dengan bot Telegram. Namun ini tergantung fungsi khusus di dalamnya seperti memantau sebuah hal melalui notifikasi, menggunakan layanan yang terintegrasi, menerima pembayaran secara otomatis, atau mengontrol sistem dari jarak jauh.

Uniknya, para pengembang bot tak hanya terpaku pada fungsi-fungsi serius. Beberapa di antaranya pun membuatnya bisa digunakan untuk hal-hal menyenangkan sebagai sarana hiburan bagi para penggunanya.

Bot percakapan anonim alias anonymous chat menjadi salah satu di antaranya. Dengan jenis bot ini, kamu secara sederhana bisa mengobrol bersama orang-orang yang tidak dikenal tanpa perlu memperlihatkan identitas pribadi.

Mengenal Bot Anonymous Chat di Telegram

Buat kamu yang masih bingung, Bot Anonymous Chat adalah layanan yang akan menghubungkan pengguna dengan orang lain secara acak dan anonim (tanpa identitas) ke dalam sebuah ruang obrolan.

Di dalam ruang obrolan tersebut, kamu bisa curhat atau membahas berbagai macam hal lain dengan lebih leluasa tanpa perlu takut lawan bicara tahu siapa kamu sebenarnya sehingga ceritamu tak akan bocor.

Jenis bot ini tersedia sangat banyak untuk sekarang ini. Masing-masing pun menawarkan dukungan yang berbeda-beda mulai dari fitur dasar untuk memulai percakapan hingga yang lebih maju seperti preferensi gender, bahasa, maupun lokasi.

Kamu pun bisa memilihnya sesuai kebutuhan maupun preferensimu. Namun jika bingung mau menggunakan yang mana, berikut tiga jenis bot Anonymous Chat dengan dukungan cukup baik.

Rekomendasi Bot Anonymous Chat Telegram

1. Anonymous Chat (@chatbot)

Anonymous Chat merupakan bot pertama yang saya rekomendasikan. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di dalamnya, kamu tentu bisa lebih mudah menemukan lawan bicara.

Bot percakapan anonim dengan ID Telegram @chatbot ini pun menawarkan berbagai macam fitur berguna, seperti Share Link yang bisa dipakai untuk membagikan tautan ID pengguna jika ingin berkomunikasi secara lebih lanjut.

2. Anak RP Bot (@AnakRpBot)

Jika kamu mencari bot Telegram yang mudah untuk digunakan, Anak RP Bot mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Berbeda dari yang lain, bot yang bisa dicari dengan nama pengguna @AnakRpBot ini menggunakan perintah berbahasa Indonesia.

3. Random Chatss bot (@RandomChatssBot)

Random Chatss bot juga bisa menjadi alternatif lain yang pas jika ingin mengobrol secara anonim. Selain akan mendapatkan antarmuka yang lebih intuitif, kamu juga bisa mengelola akunmu dengan preferensi cukup lengkap seperti gender, bahasa, lokasi, maupun umur.

4. Anonymous Talk Bot (@TalkBot)

Sementara bagi kamu yang ingin mengobrol secara publik dengan banyak orang di ruang obrolan terbuka, Anonymous Talk Bot bisa menjadi pilihan selanjutnya. Kamu dapat bergabung ke sejumlah ruang ataupun membuatnya sendiri dalam hal ini.

Namun di sisi lain, kamu bisa membuat ruang obrolan pribadi jika ingin berkomunikasi secara lebih tertutup. Yang membuatnya semakin menarik, bot yang bisa diakses dengan mengirim pesan ke @TalkBot ini juga menyediakan fitur berganti avatar.

Meskipun mempunyai fitur dan dukungan yang sedikit berbeda satu dengan lainnya, cara menggunakan beberapa bot di atas untuk membuat percakapan secara anonim mempunyai langkah-langkah yang kurang lebih sama.

Cara Menggunakan Bot Anonymous Chat di Telegram

  1. Jalankan aplikasi Telegram di handphone
  2. Ketuk tombol kaca pembesar di bagian atas seperti saat akan mencari pengguna lain menggunakan ID Telegram
  3. Ketik username Telegram dari salah satu bot pesan anonim yang ingin dipakai
    Cara Chat Anonymous Telegram 1
  4. Ketuk akun bot yang sesuai (kamu juga bisa menggunakan link yang tersedia di masing-masing bot di atas untuk masuk secara langsung)
  5. Jika sudah masuk ke dalam halaman obrolan dengan salah satu bot, klik Start
    Cara Chat Anonymous Telegram 2
  6. Ketikan garis miring (/) ke kolom pembuat pesan tanpa mengirimnya untuk melihat perintah yang bisa digunakan
    Cara Chat Anonymous Telegram 3
  7. Gunakan perintah yang tersedia untuk mencari lawan bicara, masuk ke ruang obrolan, atau berhenti (tulis perintah lalu kirim)
  8. Misalnya, gunakan /search untuk mencari lawan atau /stop untuk mengakhiri obrolan di @chatbot

Perlu diketahui, kinerja dari masing-masing bot kadang akan berbeda setiap waktu. Hal ini tergantung pada jumlah pengguna yang sedang mengaksesnya karena server khusus bot milik Telegram memang terbatas.

Selain itu, mengatur preferensi dalam pengaturan (biasanya bisa diakses dengan perintah /settings) agar sesuai denganmu juga penting untuk dilakukan saat pertama kali akan melakukan percakapan.

Setelah selesai menggunakannya, kamu selanjutnya pun perlu menonaktifkannya jika diperlukan. Yang mana dalam hal ini, kamu bisa melakukannya melalui profil bot itu sendiri secara langsung.

Cara Menonaktifkan Bot Anonymous Chat di Telegram

  1. Buka percakapan dengan bot percakapan anonim yang kamu gunakan
  2. Masuk ke profil bot dengan mengetuk namanya di bagian atas layar obrolan
    Cara Chat Anonymous Telegram 4
  3. Setelah masuk, klik Menu Lainnya (ikon titik tiga) di bagian atas
  4. Pilih opsi Stop bot
    Cara Chat Anonymous Telegram 5

Dengan begitu, percakapan dengan bot terkait akan berhenti. Kamu yang ingin kembali menggunakannya hanya perlu mengetuk tombol Restart pada halaman obrolan di kemudian hari.

Memutus obrolan dengan menonaktifkan bot sebenarnya sudah cukup mengakhirinya. Akan tetapi jika ingin menjaga halaman Telegram tetap bersih, kamu bisa menghapus percakapan menggunakan cara seperti biasa.

Cara Menghapus Pesan dari Bot Anonymous Chat di Telegram

  1. Buka halaman obrolan dengan bot terkait
  2. Klik Menu Lainnya di pojok kanan atas layar
  3. Selanjutnya pilih opsi Delete chat
    Cara Chat Anonymous Telegram 6
  4. Konfirmasi dengan tombol Delete Chat sekali lagi

Menggunakan opsi Delete chat Telegram memang akan menghilang daftar pesan dari halaman utama. Oleh karena itu, kamu perlu menempuh tahapan-tahapan menggunakannya dari awal saat ingin mengaksesnya kembali.

Anonymous Chat merupakan salah contoh bot yang mudah untuk digunakan. Namun jika mengalami sedikit kesulitan saat mengoperasikannya, kamu boleh kok bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar