Tips dan Trik

Harga Paket Unlimited Tri Beserta Cara Daftar Maupun Berhenti Langganan

Paket Unlimited Tri dan Cara Berhenti - Header

Gadgetren – Sejalan dengan kebutuhan para pelanggan di era yang semua hal beralih ke bentuk daring, Tri Indonesia menawarkan paket langganan unlimited sebagai opsi internet yang lebih murah.

Dengan memakai layanan unlimited milik Tri tersebut, kamu bakal lebih leluasa untuk mengakses berbagai macam layanan sehingga tak perlu khawatir kuota internet akan habis dan membuat saldo pulsa terpotong begitu saja.

Namun untuk menggunakan paket-paket tersebut, kamu perlu mempelajarinya karena Tri tak hanya mempunyai sebuah layanan unlimited saja melainkan beberapa jenis yang memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

Yang mana secara umum, terdapat dua jenis paket unlimited yang ditawarkan oleh Tri saat tulisan ini diterbitkan. Adapun di antaranya meliputi paket Unlimited AON (AlwaysOn) dan Internet Unlimited.

Tentu saja, masing-masing paket ini mempunyai varian khusus di dalamnya. Kamu dapat memilih varian-varian tersebut berdasarkan besarnya kuota, jenis layanan, hingga waktu pemakaian sebagaimana penjelasan berikut.

Mengenal Paket Unlimited Tri

Seperti operator lain, paket unlimited Tri merujuk pada layanan internet tanpa batas.  Pelanggan dapat mengakses layanan internet tertentu (sesuai paket yang dipilih) tanpa terbatasi oleh kuota yang dimiliki.

Oleh karena itu, para pelanggan bisa menikmati layanan-layanan tersebut secara bebas selama berada dalam pembagian waktu yang berlaku atau masa aktif paket masih berlangsung.

Namun untuk memastikan layanan beroperasi secara adil bagi seluruh pelanggan, Tri pun menerapkan skema batas pemakaian wajar atau Fairly Usage Policy (FUP) ke dalam paket ini seperti kebanyakan paket unlimited dari operator lain.

Bagi kamu yang belum tahu, penerapan batas pemakaian wajar sangat berbeda dengan sistem kuota. Untuk menciptakan sistem yang adil, pelanggan unlimited Tri hanya akan memperoleh penyesuaian kecepatan akses saat melewatinya sehingga pengguna tidak bisa download file ukuran besar seenaknya.

Selain itu, besarnya batas pemakaian wajar serta penyesuaian kecepatan berlaku secara berbeda-beda tergantung jenis paket unlimited Tri yang dipilih. Secara lebih rinci, berikut sejumlah paket yang tersedia sekarang ini.

Daftar Paket Unlimited Tri

Unlimited Internetan

Jenis & Varian PaketBenefitHarga
Unlimited Chatting: WhatsApp + LINEKuota unlimited untuk chatting tanpa pembagian waktuRp 1.000
Unlimited Social Media: Instagram, Facebook, TikTok, TwitterKuota unlimited untuk media sosial tanpa pembagian waktuRp 2.500
Unlimited Games: Mobile Legends: Bang Bang, PUBG, FreeFire, Arena of Valor, Call of DutyKuota unlimited untuk bermain game tanpa pembagian waktuRp 2.500
Unlimited Streaming: Youtube, Netflix, Viu, KlikfilmKuota unlimited untuk streaming tanpa pembagian waktuRp 4.800

Unlimited Internetan adalah paket baru dari Tri yang menawarkan akses tanpa batas ke sejumlah layanan pesan singkat, media sosial, game, hingga streaming video populer bagi para pelanggan.

Kamu bisa memilih satu atau beberapa varian dalam paket ini untuk menikmati layanan yang sering digunakan sepanjang hari tanpa perlu khawatir akan memangkas kuota utama seperti kuota AON maupun Happy.

Paket Unlimited Tri dan Cara Berhenti - Unlimited Internetan

Paket ini sayangnya berlaku dengan masa aktif yang sangat singkat. Semua varian yang tersedia di dalamnya hanya memiliki masa aktif selama 24 jam (dihitung sejak transaksi pembelian paket berhasil dilakukan).

Sebagai alternatif bagi mereka yang membutuhkan masa aktif lebih lama, Tri untungnya juga mempunyai paket bernama Unlimited AON yang menawarkan harga lebih terjangkau jika dihitung secara keseluruhan.

Unlimited AON

Jenis PaketBenefitHarga
Unlimited + 6 GB– Kuota AON 6 GB (24 jam)
– Kuota unlimited pada pukul 01.00 hingga 17.00 sesuai zona waktu
Rp 65.000
Unlimited + 10 GB– Kuota AON 10 GB (24 jam)
– Kuota unlimited pada pukul 01.00 hingga 17.00 sesuai zona waktu
Rp 85.000
Unlimited + 16 GB– Kuota AON 16 GB (24 jam)
– Kuota unlimited pada pukul 01.00 hingga 17.00 sesuai zona waktu
Rp 110.000

Berbeda dengan Unlimited Internetan, semua varian dalam paket Unlimited AON menawarkan masa aktif selama 30 hari dan berlaku untuk semua jenis layanan mulai dari sosial media hingga streaming video.

Unlimited AON Tri

Meskipun begitu ada hal yang perlu diperhatikan. Kuota unlimited di dalam paket-paket ini hanya bisa dipakai pada pukul 01.00 sampai 17.00. Di luar jam tersebut, akses internet akan menggunakan kuota AON atau yang lain jika memilikinya.

Sebagai bentuk apresiasi bagi para pelanggan baru yang menggunakan kartu prabayar belum lebih dari 90 hari (dihitung sejak registrasi), Tri pun menawarkan promo berupa paket Unlimited YouTube.

Unlimited YouTube

Jenis PaketBenefitHarga
AON 6– Kuota utama 6 GB mengikuti masa aktif kartu
– Kuota streaming 6 GB selama 7 hari
– Kuota unlimited YouTube selama 14 hari
Rp 39.000
AON 8– Kuota utama 8 GB mengikuti masa aktif kartu
– Kuota streaming 8 GB selama 7 hari
– Kuota unlimited YouTube selama 14 hari
Rp 48.000
AON 16– Kuota utama 6 GB mengikuti masa aktif kartu
– Kuota streaming 16 GB selama 14 hari
– Kuota unlimited YouTube selama 30 hari
Rp 90.000
Happy 12– Kuota utama 12 GB selama 30 hari
– Unlimited YouTube selama 14 hari
Rp 50.000
Happy 18– Kuota utama 18 GB selama 30 hari
– Unlimited YouTube selama 30 hari
Rp 70.000
Happy 25– Kuota utama 25 GB selama 30 hari
– Unlimited YouTube selama 30 hari
Rp 95.000

Unlimited YouTube sayangnya tersedia secara terbatas. Kamu hanya bisa membelinya selama periode promosi yang rencananya berlangsung antara 18 Januari hingga 30 April 2021.

Khusus untuk pelanggan yang membeli paket AON pun perlu mengikuti ketentuan di dalam paket tersebut, seperti pemakaian kuota streaming yang baru akan berlaku setelah semua jenis kuota utama sudah habis.

Sebanding dengan durasi masa aktifnya, paket ini untungnya juga mempunyai batas pemakaian wajar yang lebih besar. Secara lebih rinci, berikut ketentuan yang berlaku untuk masing-masing paket.

Batas Pemakaian Wajar Paket Unlimited Tri

Jenis PaketFUP Pertama (Penyesuaian Kecepatan)FUP Kedua (Penyesuaian Kecepatan)
Unlimited Chatting100 MB per hari (menjadi 128Kbps)
Unlimited Social Media500 MB per hari (menjadi 128Kbps)
Unlimited Games500 MB per hari (menjadi 128Kbps)
Unlimited Streaming1 GB per hari (menjadi 128Kbps)
Unlimited AON15 GB per bulan (menjadi 1024kbps)20 GB per bulan (menjadi 256 Kbps)
Unlimited YouTube1 GB per hari (tidak diumumkan)

Kecepatan akses internet tentu tidak bisa dipatok rata semua begitu saja, melainkan akan berlangsung secara dinamis mengikuti jangkauan BTS serta kepadatan jaringan yang ada di sekitar pelanggan.

Di sisi lain, Tri juga menegaskan ketentuan dan benefit dari berbagai macam paket di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu apabila dibutuhkan untuk menjaga kualitas layanan bagi seluruh pelanggan.

Memulai maupun berhenti berlangganan paket unlimited Tri untungnya sangat mudah dilakukan sehingga pelanggan dapat berganti-ganti paket sesuka hati saat terjadi penyesuaian kebijakan.

Cara Berlangganan Paket Unlimited Tri

Melalui Aplikasi Bima+

  1. Download aplikasi Bima+ melalui Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Login dengan menggunakan nomor telepon yang kamu miliki
  3. Ikuti petunjuknya jika diperlukan
  4. Klik menu Isi Data
  5. Cari banner paket yang diinginkan
  6. Buka detail paket tersebut dan klik Beli
  7. Lanjutkan transaksi dengan memilih metode pembayaran yang ingin digunakan lalu ikuti petunjuk yang muncul

Aplikasi Bima+ menjadi salah satu opsi yang cukup mudah untuk digunakan dalam menikmati berbagai macam layanan di jaringan Tri. Selain dapat membeli paket, kamu pun bisa melakukan berbagai macam hal lain seperti mengecek kuota atau menukarkan poin BonsTri.

Namun jika tidak ingin mengunduh aplikasi ini karena memakan kuota atau ruang penyimpanan penuh, kamu pun dapat menggunakan kode USSD untuk membeli salah satu paket unlimited Tri yang dijabarkan di atas.

Melalui USSD

  1. Buka dialpad atau menu panggilan di handphone-mu
  2. Ketik *123#
  3. Pilih menu pembelian paket internet
  4. Cari dan pilih paket yang diinginkan
  5. Konfirmasi pembelian dengan opsi yang sesuai

Untuk melakukan pembelian kuota melalui USSD, kamu harus mengetikkan angka yang sesuai dan menekan tombol Enter setiap akan memilih opsi maupun menu tertentu di dalamnya.

Walaupun menawarkan benefit yang sangat menguntungkan, kebanyakan paket unlimited Tri sayangnya menerapkan sistem perpanjangan langganan otomatis di setiap akhir masa aktif.

Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti prosedur berhenti berlangganan sesuai dengan ketentuan masing-masing paket saat ingin mengakhirinya atau akan beralih ke paket lain yang lebih menjanjikan.

Cara Berhenti Berlangganan Paket Unlimited Tri

  1. Buka aplikasi pesan di handphone
  2. Ketikan nomor 234 pada bagian penerima
  3. Ketik format SMS berhenti berlangganan sesuai paket yang digunakan ke dalam bagian isi pesan
  4. Klik tombol Kirim

Sebagai contohnya, kamu dapat mengetikkan 234 pada kolom penerima dan STOP PUBG pada isi pesan jika ingin berhenti berlangganan Unlimited Games PUBG. Adapun Format pesan secara lebih lengkap dapat dilihat pada daftar berikut.

Format SMS Berhenti Langganan Paket Unlimited Tri

Jenis PaketFormat SMS Berhenti Langganan
Unlimited Chatting WhatsApp + LINESTOP CHAT
Unlimited Social Media IGSTOP IG
Unlimited Social Media TikTokSTOP TIKTOK
Unlimited Social Media FacebookSTOP FB
Unlimited Social Media TwitterSTOP TWITTER
Unlimited Games Mobile Legends: Bang BangSTOP MLBB
Unlimited Games PUBGSTOP PUBG
Unlimited Games FreeFireSTOP FF
Unlimited Games Arena of ValorSTOP AOV
Unlimited Games Call of DutySTOP COD
Unlimited Streaming YouTubeSTOP YT
Unlimited Streaming NetflixSTOP NETFLIX
Unlimited Streaming VIUSTOP VIU
Unlimited Streaming KlikfilmSTOP KF
Unlimited + 6GBSTOP UNLIM6R
Unlimited + 10GBSTOP UNLIM10R
Unlimited + 16GBSTOP UNLIM16R

Dengan menggunakan format pesan yang sesuai, kamu dapat berhenti dari langganan paket unlimited Tri secara mudah. Namun jika salah, perpanjangan otomatis masih akan berlaku seperti biasa.

Jika mengalami kesulitan saat mencoba mendaftar maupun berhenti berlangganan paket unlimited Tri, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar supaya kami atau pembaca lain bisa membantumu.

Tinggalkan Komentar