ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Berinovasi Pada Teknologi Warna dan Pencitraan, OPPO dan Universitas Zhejiang Dirikan Color Research Lab

OPPO Color Research Lab

Gadgetren – Sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di dunia, OPPO selalu berusaha menghadirkan inovasi produknya untuk membantu aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Untuk menghasilkan inovasi lebih banyak lagi, OPPO pun meresmikan Color Research Lab di OPPO – Zhejiang University Joint Innovation Center.

Nantinya laboratorium ini mempunyai peran untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengenai penelitian ilmiah serta inovasi teknologi, menetapkan standar teknis terdepan di industri smartphone, dan mendukung pengembangan di bidang ilmu warna.

Bagi yang belum mengetahuinya, Universitas Zhejiang merupakan salah satu universitas besar di dunia dalam hal inovasi teknologi dan kini menempati peringkat ke-53 dalam QS World University Ranking 2020.

Dalam kerja samanya ini, OPPO dan Universitas Zhejiang akan melaksanakan proyek penelitian yang mengeksplorasi bidang subyek ilmu warna dasar, teknologi warna, standar teknis, dan pengembangan.

Color Research Lab akan melanjutkan penelitiannya ke dalam ilmu warna dasar, membangun database color vision yang komprehensif, dan mengembangkan fungsi visual serta model warna untuk aplikasi praktis.

OPPO FInd X3 DCI P3

Tujuan lain dari hadirnya laboratorium ini untuk membangun platform teknologi warna ekslusif dalam membantu desain produk terkemuka di industri teknologi dengan kemampuan manajemen warna berkualitas tinggi serta memberi solusi dalam rekayasa warna.

Bahkan OPPO juga berencana agar Color Research Lab dapat berperan dalam pengembangan bakat dan keterampilan ilmiah. Melalui program pelatihan yang relevan, sejumlah ahli warna akan diprioritaskan bergabung di tim R&D OPPO untuk menerapkan konsep teoritis mereka ke dalam praktik.

Eagle Zhuo selaku Director of Photography OPPO mengungkapkan bahwa berkat inovasi selama bertahun-tahun, OPPO mempunyai keahlian substansial dan insight konsumen yang kaya mengenai tampilan smartphone serta teknologi manajemen warna, seperti Full-path Color Management System.

OPPO Find X3 First Full path Colour

“OPPO berharap dapat bekerja sama dengan tim dari Universitas Zhejiang untuk memperkenalkan solusi teknis yang lebih canggih ke dalam penawaran OPPO dengan tujuan memberikan lebih banyak kesempatan kepada pengguna untuk mengabadikan kehidupan dengan cara yang paling berwarna”, tambah Eagle.

OPPO Full-path Color Management System yang mendukung 100% DCI-P3 wide gamut dan kedalaman warna 10-bit merupakan hasil eksplorasi teknologi warna dan pencitraan OPPO yang diperkenalkan pada ajang OPPO INNO DAY 2020 silam. Sistem warna ini akan tersedia pertama kali pada handphone flagship OPPO Find X3 Series yang akan meluncur pada Q1 tahun 2021.

Setelah OPPO Full-path Color Management System, ke depannya Color Research Lab akan menghadirkan lebih banyak inovasi warna dan pencitraan lagi untuk produk-produk buatannya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar