Berita Perangkat Pintar

Pasokan Menurun, Beli Printer Canon di Indonesia Sekarang Jadi Inden

Canon-PIXMA-G-Series-Launch-Header

Gadgetren – Dalam acara peluncuran PIXMA G Series generasi terbaru yang telah diselenggarakan secara virtual, Canon melalui PT. Datascrip membocorkan data penjualan produk printernya sepanjang tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Merry Harun selaku Director of Canon Business Unit PT. Datascrip Indonesia yang mengatakan bahwa permintaan kebutuhan pasar terkait printer mengalami peningkatan dari awal masa pembatasan jarak lantaran pandemi COVID-19.

“Kuartal dua sampai lebaran tidak ada peningkatan yang berati dibandingkan tahun lalu. Secara keseluruhan 2019-2020 malah turun, dari market share 1,6-1,7 juta sekarang menjadi 1 juta saja,” ujarnya kepada tim Gadgetren.

Ia melanjutkan bahwa pada saat kuartal kedua 2020 diketahui semua aktivitas masyarakat berubah drastis dari offline menjadi online, sehingga semua aktivitas bekerja dan belajar dilakukan dari rumah. Sementara pada kuartal ketiga permintaan printer mengalami peningkatan, namun sayangnya pasokan dunia menurun atau tidak bisa memenuhi hal tersebut.

Akibatnya hingga kini pasokan pun menjadi terbatas karena permintaan besar, sehingga konsumen mau tidak mau harus membeli printer secara inden. Untuk mengembalikan situasi tersebut khususnya pada produk printer, Merry pun mengaku bukanlah hal yang mudah.

“Tahun 2021 nanti untuk kembali menjadi normal tidak bisa secara sekaligus karena di awal 2021 beberapa masih bekerja dari rumah, sekolah belum bisa sepenuhnya 100% tatap muka kembali, ekonomi belum bisa maksimal,” terangnya.

Canon-PIXMA-G2020.

Oleh karena itu pihaknya tidak mempunyai ekspektasi yang besar di tahun depan. Sebut saja pada produk terbarunya, yakni PIXMA G Series yang ditargetkan bakal mendapatkan market share sebesar 50% dari 650 unit printer yang telah dipasarkan.

Harapannya, dua jenis printer yang kini ditawarkan Canon bisa saling melengkapi kebutuhan pengguna dari rumah dan kantor. Beragamnya varian printer dari yang paling terjangkau pada seri  Canon iP2770 masih dipasarkan untuk pengguna dengan budget terbatas di kisaran Rp 500 – 600 ribu.

Selain itu, garansi resmi juga tersedia buat pengguna selama masih menggunakan tinta cartridge dari Canon yang asli.

Tinggalkan Komentar