Tips dan Trik

Inilah Fitur Unggulan ColorOS 11 yang Buat Baterai Jadi Tahan Lama

OPPO Find X2 Pro Feature

Gadgetren – Selain personalisasi tampilan, OPPO juga menghadirkan fitur yang fokus untuk daya tahan baterai yang lebih lama dan aman pada ColorOS 11.

Bisa dibilang baterai merupakan salah satu komponen penting yang hadir pada semua handphone karena menjadi sumber energi kehidupan sehingga dapat digunakan secara portable dan dibawa kemanapun.

Untuk itulah OPPO sangat memperhatikan dukungan fitur pada ColorOS 11 agar baterai dari handphone buatannya dapat bekerja secara optimal ketika digunakan oleh penggunanya dalam aktivitas sehari-hari.

Ada fitur-fitur apa saja yang bakal membuat baterai di handphone OPPO yang sudah menjalankan ColorOS 11 menjadi lebih tahan lama?

Super Power Saving Mode

Super Power Saving Settings

Pada ColorOS 11, OPPO membenamkan Super Power Saving Mode yang mempunyai kemampuan penghematan daya lebih dibandingkan dengan fitur Power Saving Mode biasa. Fitur yang satu ini dapat membantu memperpanjang daya tahan baterai handphone pada level baterai yang sangat rendah.

Apabila pengguna handphone OPPO mengaktifkan fitur ini, maka layar akan didominasi warna hitam dan hanya sebanyak 6 aplikasi dapat ditampilkan di halaman homescreen. Pengguna juga dapat memilih 6 aplikasi yang dapat ditampilkan.

Nantinya tepat di bawah 6 ikon aplikasi akan terdapat estimasi daya tahan baterai dari handphone OPPO. Berdasarkan pengujian yang dilakukan di OPPO Labs, handphone dengan baterai 5% dapat digunakan untuk melakukan chat WhatsApp selama 90 menit.

Super Power Saving Quick Menu

Super Power Saving Mode menariknya dapat diaktifkan melalui dua cara berikut ini.

Melalui Settings

  1. Pertama, buka aplikasi Settings
  2. Pilih menu Battery
  3. Aktifkan fitur Super power saving mode
  4. Selanjutnya, layar akan terlihat didominasi warna hitam sebagai tanda sudah aktif

Melalui Quick Menu

  1. Swipe atau sapu layar dari bagian atas ke bawah dengan menggunakan satu jari
  2. Selanjutnya, Quick Menu akan muncul
  3. Tekan dan aktifkan Super power saving mode
  4. Kemudian, layar akan menjadi hitam dengan 6 ikon aplikasi pilihan

Battery Guard

Battery Guard ColorOS 11

Terkadang hampir sebagian pengguna handphone khawatir mengenai pengisian daya baterai dalam waktu lama dan berkepanjangan akan merusak kesehatan baterai, mengingat voltase catu daya yang terkadang tidak stabil.

Pada ColorOS 11, terdapat Battery Guard yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut karena mampu mempelajari kebiasaan pengisian daya baterai pengguna. Dengan fitur ini, pengisian daya baterai akan terhenti di 80% pada malam hari dan mengisi ulang kembal hingga 100% pada saat pengguna bangun.

Tentunya algoritma buatan OPPO yang hadir pada ColorOS 11 akan mempelajari kebiasaan pengisian daya baterai dari pengguna handphone OPPO. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu khawatir tentang bahaya pengisian daya baterai yang berkepanjang.

Untuk bisa mengaktifkan fitur Battery Guard, kamu dapat langsung mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Selanjutnya, pilih menu Battery
  3. Pilih menu More battery settings
  4. Kemudian, aktifkan Optimized night charging

Low Battery Message

OPPO Find X2 Pro Display Half

Pada saat baterai handphone tersisa 15%, maka ColorOS 11 akan menyediakan pilihan untuk mengirim pesan yang menampilkan lokasi pengguna saat ini ke kontak yang dipilih sehingga memungkinkan pengguna handphone untuk berbagi statusnya dengan keluarga dan teman ketika handphone mereka akan kehabisan baterai.

Namun satu hal yang perlu dicatat, saat ini fitur Low Battery Message baru tersedia untuk negara India saja.

Tinggalkan Komentar