Berita

ColorOS 11 Telah Diperkenalkan, Inilah Fitur Andalan Terbarunya!

OPPO Find X2 Pro Layar

Gadgetren – Sebagai sistem operasi modifikasi dari OPPO, ColorOS telah mewarnai smartphone OPPO dengan menghadirkan beragam fitur menarik yang memudahkan aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

OPPO pun akhirnya memperkenalkan ColorOS 11 yang berbasiskan Android 11 secara global. Sistem terbaru ini hadir dengan banyak fitur mulai dari opsi penyesuaian tampilan antarmuka yang lebih baik seperti Wallpaper hingga Dark Mode.

Sistem ini juga menawarkan pengguna handphone OPPO kemampuan penuh untuk personalisasi sistem antarmuka atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) sesuai keinginan.

Sementara bagi kamu yang penasaran mengenai fitur-fitur andalan terbaru yang hadir pada ColorOS 11, maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Fitur Baru di ColorOS 11

Banyak pilihan Dark Mode

ColorOS 11 Dark Mode

Pada ColorOS 7, OPPO telah meluncurkan All-Day Dark Mode yang sudah terkustomisasi sehingga mampu menghadirkan tema gelap bagi sistem, aplikasi bawaan, hingga aplikasi pihak ketiga.

Selanjutnya, OPPO pun mengembangkan lebih jauh kemampuan Dark Mode pada ColorOS 11. Mode ini menawarkan tiga skema warna dengan tingkat kontras berbeda mulai dari Enhanced, Medium, dan Gentle yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan pengguna.

Bahkan kamu pun dapat mengatur wallpaper dan ikon agar disesuaikan dengan kondisi ketika Dark Mode sedang aktif. Selain itu, penggunanya juga dapat mengurangi kontras pada tampilan Dark Mode di ColorOS 11 ketika sedang dalam kondisi minim cahaya.

Sementara itu, kamu juga dapat mengatur waktu kapan Dark Mode aktif dan mati secara otomatis. Bahkan fitur ini dapat menyesuaikan tampilannya dengan kondisi pagi dan malam hari.

Always-On Display yang dapat dikustomasi

ColorOS 11 AOD

Pada ColorOS 11, kamu dapat menyesuaikan pola Always-On Display (AOD) sesuai selera. Pada pengaturannya, terdapat panel hitam sederhana yang disediakan sebagai kanvas. Dengan mengetuk dan menyeret jarimu pada panel tersebut, maka kamu dapat menghasilkan pola AOD yang sesuai dengan gaya sendiri.

Bisa dibilang pola AOD akan memanjakan mata kamu atau orang lain ketika layar handphone sedang dalam keadaan istirahat. Untuk melakukan pengaturannya, kamu cukup masuk ke menu Always-On Display yang berada di menu atau aplikasi Settings ColorOS 11.

Wallpaper yang dapat dikustomisasi

ColorOS 11 Wallpaper Kustomisasi

Kali ini, OPPO menawarkan fitur untuk mengkustomisasi wallpaper di ColorOS 11. Kamu dapat mengambil atau mengunggah foto yang selanjutnya algoritma khusus di sistem operasi ini akan mengatur ulang serta menganalisis warna sehingga menghasilkan wallpaper punya gaya berbeda berdasarkan referensi foto yang digunakan.

Skema Warna yang dapat dikustomisasi

ColorOS 11 Warna Kustomisasi

Untuk membuat tampilan lebih menarik, OPPO menghadirkan 10 warna dalam 5 skema di ColorOS 11. Warna tema yang kamu pilih dapat diterapkan ke kontrol dan ikon untuk memastikan pengalaman visual yang konsisten.

Nada Dering bisa dibuat sendiri

ColorOS 11 Ringtone

Pada ColorOS 11, kamu bisa membuat nada dering sendiri melalui panel geser yang mudah digunakan. Kamu cukup memilih nada dan irama musik untuk menyesuaikan musik secara real-time. Pembuatan nada dering ini dapat dilakukan di Ringtone Maker pada menu Settings.

OPPO Relax 2.0

ColorOS 11 3 Relax Sound

OPPO mengajak pengguna ColorOS 11 untuk menikmati suara-suara menyenangkan dari berbagai kota di dunia melalui OPPO Relax 2.0. Bekerja sama dengan Music City, tim ColorOS merekam suara keramaian kota-kota besar seperti Tokyo, Bangkok, dan Reykjavik.

Selanjutnya suara yang direkam ini diubah menjadi soundscape yang menyenangkan dalam proyek Sound of Cities. OPPO mengklaim bahwa kamu dapat melakukan perjalanan sonik dan mulai menjelajahi dunia dengan handphone milikmu.

3-Finger Translate

ColorOS 11 3 Finger Translate

Biasanya kita dapat dengan mudah melakukan screenshot dengan tiga jari untuk menangkap layar. Kali ini pada ColorOS 11 yang terintegrasi dengan Google Lens, kamu dapat dengan mudah menggunakan Google Translate hanya dengan melakukan screenshot tiga jari untuk mengambil sebagian layar atau melakukannya di dalam Smart Sidebar.

Fitur ini mengizinkan kamu untuk menerjemahkan teks di aplikasi, halaman web, dan gambar dalam bahasa yang dipilih secara cepat. Bisa dibilang fitur yang satu ini cukup menarik karena memudahkan kamu untuk menerjemahkan sesuatu dengan cepat.

Device Control

ColorOS 11 Device Control

Disesuaikan dengan Android 11, ColorOS versi terbaru ini menghadirkan fitur Quick Menu yang mengizinkan pengguna dapat beralih antar aplikasi dan mengendalikan perangkat smarthome yang berbeda (Smart TV, Smart Lamp, Smart Car, dan lainnya) dengan beberapa ketukan tombol tanpa perlu mengunduh aplikasi baru.

Tinggalkan Komentar