Sponsored Content

Bawa Berbagai Peningkatan, Ini Fitur Andalan ColorOS 7

ColorOS 7 Feature

Gadgetren – Pada bulan November 2019 silam, OPPO secara resmi meluncurkan sistem antarmuka versi terbarunya yang bernama ColorOS 7 di Tiongkok.

Pihak OPPO mengungkapkan bahwa saat ini ColorOS 7 yang berbasiskan sistem operasi Android 10 sedang menjalani versi trial pada beberapa model smartphone mereka di Indonesia seperti OPPO Reno, Reno2, Reno 10x Zoom, F11, dan F11 Pro.

ColorOS 7 pun kini sedang dalam fase public beta dengan kuota yang terbatas untuk masing-masing perangkat dimana 3.000 kuota untuk OPPO Reno, 2.000 kuota untuk Reno 2, dan 5.000 kuota untuk Reno 10x Zoom.

Sementara itu, update ColorOS 7 akan disesuaikan dengan IMEI perangkat sehingga tidak seluruh pengguna smartphone OPPO bisa mendapatkan update sistem antarmuka ini dikarenakan masih belum versi final.

Menariknya, smartphone flagship OPPO Find X2 akan langsung menggunakan ColorOS 7 ketika diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2020 mendatang di ajang Mobile World Congress (MWC) 2020 yang digelar di Barcelona.

Terdapat beberapa fitur andalan ColorOS 7 yang akan memanjakan penggunanya mulai dari Game Space, Dark Mode, Peer to peer Transmission Alliance, Digital Wellbeing & Parental Control, hingga Kids Space.

Game Space yang hadir pada ColorOS 7 mempunyai animasi baru dan pilihan pengaturan yang dibuat lebih mudah untuk dimengerti oleh pengguna dibandingkan generasi sebelumnya.

Game maupun aplikasi lain yang sudah masuk ke dalam Game Space akan secara otomatis mengaktifkan fitur Hyper Boost 2.0 ketika dijalankan untuk meningkatkan kinerja smartphone lebih tinggi lagi.

Satu fitur yang tak kalah menarik adalah Dark Mode yang juga akan langsung disematkan pada ColorOS 7. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuat tampilan latar menjadi hitam atau gelap, terutama pada menu Settings dan aplikasi bawaan. Beberapa aplikasi populer atau pihak ketiga pun bahkan dapat memanfaatkan fitur Dark Mode.

ColorOS 7 Dark Mode

ColorOS 7 pun hadir dengan fitur Peer to Peer Transmission Alliance yang memungkinkan pengiriman file antar smartphone OPPO, Xiaomi, dan vivo dapat berjalan dengan sangat cepat. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup menggeser jendela notifikasi untuk menemukan ikon OPPO Share. Selanjutnya, ikon ini ditekan agak lama untuk masuk ke beranda OPPO Share.

Langkah yang sama juga harus dilakukan pada smartphone Xiaomi dan vivo untuk bisa saling bertukar. Sistem pertukaran yang baru ada di ColorOS 7 ini dapat mengirim beberapa file sekaligus pada saat yang bersamaan.

Smartphone yang saat ini sudah mendapatkan trial ColorOS 7 dapat menjalankan fitur ini seperti OPPO, Reno, Reno2, Reno 10x Zoom, F11, F11 Pro, dan F11 Pro Marvel’s Avenger Limited Edition.

Fitur ini ke depannya akan tersedia pada beberapa smartphone model Reno2 F, seri R, seri Find, Seri F, seri A, dan K3. Sebagai catatan, Xiaomi dan vivo belum mengumumkan fitur ini secara resmi.

Beralih ke fitur selanjutnya, terdapat Digital Wellbeing & Parental Control yang mengizinkan pengguna ColorOS 7 dapat melihat pemakaian aplikasi pada smartphone. Pengguna dapat mengatur batasan waktu agar tidak memakai smartphone secara berlebihan. Selain itu, pengaturan Parental Control juga tersedia melalui Google Family Link.

Tak ketinggalan, fitur Kids Space yang berfungsi untuk mengatur waktu anak dalam menggunakan gadget. Selain itu, pengguna pun dapat mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses dan mematikan layanan selular.

Dengan fitur ini, pengguna juga dapat mencegah modifikasi sistem dan pengiriman SMS untuk pembelian item dalam game. Nah apabila smartphone kamu terdaftar untuk mendapatkan ColorOS 7 versi trial, maka kamu dapat melakukan pembaruan dengan cara berikut ini.

Cara Update ke ColorOS 7 Trial Jika Terpilih

  1. Pertama, kamu dapat membuka menu atau aplikasi Settings di smartphone OPPO milikmu
  2. Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Software Update
  3. Pada halaman Software Update, buka menu Options berlambang gerigi di kanan atas
  4. Di dalam halaman selanjutnya, ppilih menu Beta Version
  5. Kemudian, kamu dapat memilih ColorOS 7 Trial Upgrade
  6. Nantinya akan muncul sisa kuota yang diizinkan untuk melakukan upgrade
  7. Masukkan nomor telepon untuk mengunduh ColorOS 7 Trial
  8. Setelah selesai diunduh, maka kamu dapat langsung menginstalnya
  9. Jika proses instalasi sudah selesai, maka kamu akan masuk ke tampilan baru dari ColorOS 7 Trial dan dapat menikmati fitur-fitur menarik yang ditawarkan

ColorOS 7 tutorial update

Dibandingkan dengan ColorOS 6.1, saya merasa animasi transisi dari ColorOS 7 Trial lebih mulus dan halus. Sebagai tambahan, apabila kuota ColorOS 7 trial habis maka kamu tidak dapat melakukan upgrade sama sekali.

Perlu dicatat bahwa ColorOS 7 trial kemungkinan masih membawa bug  sehingga kamu harus bersiap dengan risiko tersebut. Namun apabila kamu tidak siap dengan hal itu, maka dapat menunggu upgrade hingga ColorOS 7 versi Final dirilis.

Tinggalkan Komentar